OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Sakit Kepala Karena Berhenti Minum Kopi? Atasi dengan Hal Ini!

Bagi mereka yang sudah rutin minum kopi setiap pagi, melewatkan aktivitas rutin tersebut dapat menyebabkan efek samping tersendiri, salah satunya yakni sakit kepala.  Caffeine headache atau sakit kepala karena kafein ternyata cukup umum terjadi pada mereka yang rutin minum kopi atau minuman berkafein lainnya. Simak penjelasan di bawah ini ya mengenai sakit kepala karena berhenti minum kopi dan minuman berkafein lainnya, serta cara mengatasinya!

Penyebab sakit kepala

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sakit kepala akibat kafein nih, Ladies. Di antaranya:

1. Pembuluh darah

Sakit kepala adalah fenomena yang berhubungan dengan aliran darah di kepala. Kafein menyebabkan pembuluh darah mengencang dan memompa lebih cepat, menyebabkan aliran darah juga  lebih cepat Ini juga yang membuat seseorang menjadi tetap terjaga dan terpacu semalam suntuk.

Saat stimulan dari kafein tersebut berhenti, tubuh kembali rileks, begitu juga dengan pembuluh darah. Keadaan rileks menyebabkan pembuluh darah melebar dan terbuka lebih luas sehingga darah yang mengalir menjadi lebih banyak. Nah, perubahan ini tidak dipersiapkan oleh otak yang sudah terbiasa dengan aliran darah cepat oleh kafein, akibatnya kamu sakit kepala deh.

2. Efek candu dari kafein

Sakit Kepala Karena Berhenti Minum Kopi? Atasi dengan Hal Ini!
Foto: pexels.com

Bisa dibilang saat dikonsumsi secara berlebih dan sering, kafein dapat bersifat adiktif dan untuk menghentikannya perlu usaha lebih nih, Ladies. Sama seperti saat pecandu saat obatnya dikurangi, akan ada efek sampingnya saat berhenti minum kafein yakni sakit kepala tadi.

3. Dehidrasi

Ada beberapa mekanisme lain yang menyebabkan kafein menyebabkan sakit kepala, selain karena efeknya di pembuluh darah. Kafein juga menyebabkan buang air kecil yang lebih sering, akibatnya tubuh dehidrasi yang dapat juga menyebabkan sakit kepala.

4. Faktor genetik

Selain itu, sakit kepala juga dapat terjadi karena sensitivitas seseorang pada kafein. Semakin sensitif, semakin gampang kamu sakit kepala saat mengkonsumsi kafein. Sensitivitas ini faktor genetik lho jadi jika minum sedikit saja kamu sudah sakit kepala, bisa jadi kamu masuk dalam kategori ini.

Cara mengatasi sakit kepala karena kafein

Sakit Kepala Karena Berhenti Minum Kopi? Atasi dengan Hal Ini!
Foto: pexels.com

Untuk mencegah sakit kepala muncul, pastikan untuk minum air yang banyak sebelum dan sesudah mengkonsumsi kafein. Selain itu, batasi konsumsi kafein harian kamu, Ladies. Misal, hanya 1 sampai 2 cangkir per hari.

Baca juga: Chicory Root Jadi Substitusi Kopi? Ini 5 Manfaatnya yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak ada solusi praktis ya jika kamu mengalami sakit kepala karena kafein. Pengobatan sakit kepala ini sama halnya dengan sakit kepala pada umumnya. Prinsipnya ada 3 nih jika kamu terkena sakit kepala ini yakni:

  1. Hidrasi, minum air putih yang cukup
  2. Istirahat
  3. Berikan waktu sampai sakit kepala sembuh sendiri.

Jangan mengkonsumsi obat sakit kepala ya. Jika kamu terus menerus mengkonsumsi obat sakit kepala saat berusaha menghentikan konsumsi kafein, bisa jadi kamu malah adiktif dengan obat sakit kepala tersebut. Jadi masalah baru lagi deh. Tapi jika kamu memang membutuhkan obat pereda sakit, disarankan untuk mengkonsumsi zat anti inflamasi seperti tumerik dan magnesium.

Perhatikan dan jaga konsumsi kafein kamu ya Ladies agar terhindar dari caffeine headache. Semoga tipsnya membantu yaaa…

 

 

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles