OUR NETWORK

Chicory Root Jadi Substitusi Kopi? Ini 5 Manfaatnya yang Perlu Kamu Ketahui

Chicory Root Jadi Substitusi Kopi? Ini 5 Manfaatnya yang Perlu Kamu Ketahui
Foto: Bamco.com

Sekilas tanaman dengan bunga berwarna biru terang ini tampak indah seperti tanaman-tanaman hias, tapi jangan salah Ladies, tanaman yang satu ini memiliki manfaat yang tidak dimiliki tanaman hias, loh! Bagian dari dandelion family ini sejak dulu telah digunakan untuk memasak dan obat-obatan tradisional. Kini, chicory root atau akar sawi putih juga telah mulai digunakan sebagai alternatif dari kopi karena rasa dan warnanya yang mirip. Selain itu, chicory root dinilai tepat sebagai pengganti kopi karena serat dari akarnya yang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan dan sering diekstraksi sebagai aditif makanan atau suplemen. Dilansir dari Healthline, masih banyak manfaat lainnya yang diberikan oleh chicory root. Penasaran, kan? Simak, yuk!

Chicory Root Jadi Substitusi Kopi? Ini 5 Manfaatnya yang Perlu Kamu Ketahui
Foto: drhardick.com

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Dilansir dari Dry Weight, diketahui bahwa chicory root terdiri dari 68% inulin. Inulin merupakan jenis serat yang dikenal sebagai fructan atau fructooligosaccharide, karbohidrat yang terbuat dari rangkaian pendek molekul fruktosa yang tidak dicerna oleh tubuh. Ia bertindak sebagai prebiotik yang berarti memberi makan bakteri baik dalam ususmu. Bakteri ini berperan dalam mengurangi peradangan, melawan bakteri berbahaya, dan meningkatkan penyerapan mineral. Dengan kata lain, bahan alternatif ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan ususmu, Ladies.

2. Membantu Memperlancar Pencernaan

Kesehatan usus yang meningkat karena kehadiran inulin pada chicory root, secara langsung juga meningatkan kesehatan pencernaan. Berdasarkan studi selama 4 minggu terhadap 44 orang dewasa dengan konstipasi, diketahui bahwa dengan mengonsumsi 12 gram chicory root per hari, feses pada tubuhnya melunak yang kemudian membuat pergerakan usus meningkat untuk mengeluarkannya. Singkatnya, penelitian ini menunjukkan bahwa inulin dapat meringankan sembelit.

Chicory Root Jadi Substitusi Kopi? Ini 5 Manfaatnya yang Perlu Kamu Ketahui
Foto: tridge.com

3. Meningkatkan Kendali Gula Darah

Bagi kamu yang memiliki diabetes, chicory root akan menjadi holy grail terbarumu, Ladies. Pasalnya, kandungan inulin pada seratnya tidak hanya meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam metabolisme karbohidrat, tapi juga meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, yakni hormon yang membantu menyerap gula dari darah. Selain itu, chicory root juga mengandung senyawa, seperti asam chicoric dan klorogenik, yang terbukti dapat meningkatkan sensitivitas otot terhadap insulin. Hal ini diperoleh dari hasil studi selama 2 bulan terhadap 49 wanita penderita diabetes tipe 2, di mana, terjadi penurunan kadar gula darah secara signifikan dan hemoglobin A1c setelah mengonsumsi 10 gram inulin per hari. Ini berarti bisa dikatakan bahwa chicory root dapat mengendalikan gula darah dalam tubuh.

Baca juga: 4 Minuman Pengganti Kopi di Pagi Hari

4. Menurunkan Berat Badan

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa chicory root dapat mengatur nafsu makan dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan di dalam tubuh. Hal ini secara langsung menyebabkan berat badan tubuh menurun. Salah satunya dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu terhadap 48 orang dewasa dengan berat badan berlebih yang mengonsumsi 21 gram oligofruktosa – turunan chicory – per hari. Selama penelitian, tampak bahwa ada penurunan berat badan secara signifikan pada orang-orang tersebut. Hal ini diketahui karena oligofruktose berfungsi menurunkan kadar ghrelin, yakni hormon yang merangsang rasa lapar.

Chicory Root Jadi Substitusi Kopi? Ini 5 Manfaatnya yang Perlu Kamu Ketahui
Foto: pennherb.com

5. Mudah dimasukkan dalam diet sehari-hari

Chicory root sangat mudah dilibatkan dalam dietmu. Pasalnya, kandungan seratnya yang berfungsi sebagai pengganti gula atau lemak memiliki bentuk gel dan rasa yang agak manis, tentunya ini akan mudah diterima lidahmu, kan? Selain itu, di beberapa toko khusus dan kelontong, chicory root juga dapat diolah sebagai sayuran yang dapat direbut dan dimakan seperti biasa. Sedangkan, untuk kamu yang ingin mengurangi asupan kafein, chicory root yang dipanggang dan ditumbuk, bisa menjadi pengganti kopi. Ditambah dengan fungsi chicory root yang bisa dijadikan suplemen, ia dipercaya dapat menjadi alternatif kopi yang lebih sehat, Ladies.

Baca juga: Pil Diet dan Pencahar Berpotensi Tingkatkan Ganguan Makan pada Remaja

Meski sehat, perlu diingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan, ya! Konsumsi yang berlebihan membuat seratnya justru berdampak menjadi gas dan membuat perut kembung. Selain kadar penggunaannya yang perlu diperhatikan, kondisi tubuhmu saat mengonsumsinya pun tidak boleh dilupakan. Jika kamu sedang hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasikan dulu dengan doktermu terkait keamanan mengonsumsi chicory root. Sedangkan, bagi kamu yang alergi terhadap ragweed atau birch pollen, sebaiknya kamu hindari chicory root karena akan memicu reaksi yang serupa.

 

Sumber: Healthline

Comments

Loading...