OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Safflower Oil, Face Oil Penuntas Jerawat Tahun 2021

Ngomongin tentang jerawat, pasti nggak jauh dari bahan aktif seperti salicylic acid, retinol, dan benzoyl peroxide di produk skincare. Komponen tadi memang terbukti efektif nih Ladies pada sebagian besar orang. Tapi bagi kamu yang ingin mencoba bahan yang lebih natural untuk kulit cantik bebas jerawat, bisa coba pakai face oil satu ini yakni safflower oil.

Tapi kan face oil bagusnya untuk melembapkan aja. Nggak juga lho, Ladies. Menurut Dr. Alicia Zalka, MD, dermatologist sekaligus founder Surface Deep, safflower oil efektif untuk mengatasi jerawat. Mungkin beberapa ada yang belum familiar dengan face oil yang satu ini. Simak di bawah ini ya!

Apa itu Safflower Oil?

Safflower Oil, Face Oil Penuntas Jerawat Tahun 2021
Foto: pixabay.com

Memiliki nama ilmiah Carthamus tinctorius, tanaman bunga ini sudah dikenal juga sebagai herbal selama 4.000 tahun lebih. Safflower memiliki banyak kegunaan lho sepanjang sejarah manusia. Beberapa di antaranya yakni sebagai bumbu masakan, pewarna kain, dan juga untuk perawatan kulit. Secara spesifik, safflower oil dibuat dengan metode cold press pada bunganya.

Baca juga: Apakah Tea Tree Oil Masih Jadi Pilihan Terbaik Untuk Atasi Jerawat?

Manfaat Safflower Oil bagi Kulit

Ada banyak face oil yang terdapat di pasaran. Namun safflower oil punya keunikan tersendiri yakni pada kandungannya. Safflower oil memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba yang lebih tinggi daripada face oil lain. Beberapa manfaatnya antara lain:

Kandungan antioksidan yang tinggi

Kandungan antioksidannya didapat dari kandungan vitamin E dan flavonoid. Berdasarkan jurnal Microbiology and Biotechnology 2020, safflower seed oil dapat menghentikan kerusakan akibat sinar UVB. Karena mekanisme proteksi dari UVB ini dilakukan dengan mencegah enzim yang memecah kolagen, jadi memberi manfaat juga sebagai anti aging.

Antifungal dan antimikroba alami

Safflower Oil, Face Oil Penuntas Jerawat Tahun 2021
Foto: pixabay.com

Penelitian menemukan bahwa gabungan dari sifat antimikroba dan kemampuan menyembuhkan membuat safflower oil bagus untuk merawat kulit yang terluka. Tentunya ini akan memberi manfaat besar bagi kulit berjerawat.

Melembapkan kulit

Safflower oil mengandung kombinasi dari asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9. Setiap asam lemak tersebut memiliki manfaat dan gabungan ketiganya memberi manfaat melembapkan, menenangkan, dan juga anti inflamasi yang sering menyebabkan jerawat.

Memiliki banyak manfaat untuk kulit berjerawat

Safflower Oil, Face Oil Penuntas Jerawat Tahun 2021
Foto: istockphoto.com

Info ini penting sebagai parameter bahwa safflower oil tidak akan menyumbat pori-pori karena termasuk bahan non comedogenic Manfaat antimikroba dan anti inflamasi akan membantu meredakan kemerahan. Face oil ini juga bisa digunakan untuk blackhead dan whitehead juga lho, Ladies. Hal ini karena kandungan asam linoleatnya yang tinggi yakni sekitar 70%. Asam linoleat ini yang menjadi komponen pencegah jerawat, blackhead, serta whitehead.

Tertarik nggak nih untuk mencobanya? Jangan lupa untuk uji alergi dulu di bagian dalam lengan selama 24 sampai 48 jam pertama yaa…

 

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles