OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Mengenal Metode Grey Rock, Cara Komunikasi untuk Menghadapi Seorang Narsisis

Berurusan dengan orang yang narsis kemungkinan besar akan menjadikanmu sasaran kesalahan yang tidak adil, gaslighting, atau penolakan terhadap kondisi emosimu. Tentu saja, ini hanya beberapa dari tanda-tanda umum narsisme, yang juga dapat berwujud menjadi beberapa bentuk yang berbeda. 

Jelas, berinteraksi dengan seorang narsisis bisa jadi sangat sulit untuk dilakukan. Seringkali orang akan kehilangan ketenangan dan bereaksi negatif saat merespon. Itulah mengapa jika Ladies menemukan dirimu dalam situasi di mana Ladies harus berkomunikasi dengan orang narsis, metode grey rock mungkin dapat menjadi senjata andalanmu. 

Metode grey rock pada dasarnya merupakan respons terhadap perilaku narsis, manipulatif, atau beracun dengan hampir tidak terlibat sama sekali, alias menyerupai batu sungguhan.

Mengenal Metode Grey Rock, Cara Komunikasi untuk Menghadapi Seorang Narsisis
Foto: pexels.com

Grey rocking adalah metode yang dapat Anda gunakan ketika orang-orang beracun mencoba mendominasi atau memanipulasi Anda,” kata Dr. Marina Harris, PhD, psikolog berlisensi dan pakar hubungan untuk aplikasi kencan Iris. “Premisnya adalah untuk bertindak seperti batu abu-abu: stabil, kosong, dan tidak responsif.”

Inti dari metode batu abu-abu pada dasarnya adalah untuk membuat orang narsis menjadi bosan. “Orang-orang beracun dan narsisis menyukai drama,” kata Lena Derhally, LPC, terapis hubungan berlisensi dan penulis The Facebook Narcissist: How to Identify and Protect Yourself and Your Loved Ones From Social Media Narcissism. “Mereka suka menghasut, dan mereka ingin untuk mendapatkan reaksi emosional dari siapa pun yang mereka targetkan saat ini. [Dengan metode grey rock], harapannya adalah mereka akan bosan atau menyadari bahwa mereka tidak bisa mendapatkan respons emosional apa pun dari Anda, dan sedikit banyak akan berhenti menyedot Anda ke dalam drama mereka.”

Selain menjadi strategi yang efektif untuk perlindungan terhadap perilaku narsistik, metode grey rock juga bermanfaat secara langsung bagi orang yang menggunakannya. Kok bisa? Sebab metode ini dapat membantumu menyadari bahwa kamu tidak bertanggung jawab untuk memastikan bahwa orang narsis bahagia sepanjang waktu. 

“Dalam hubungan di mana satu orang condong narsis, orang lain sering merasa seolah-olah mereka ‘siap dipanggil’ dan harus ‘memperbaiki’ masalah si narsisis untuk mencegah kemarahan si narsisis,” kata psikoterapis Kimberly Perlin, LCSW. “Metode grey rock membebaskanmu dari siklus panggilan-dan-perbaiki-itu.”

Selain itu, perasaan seolah-olah Ladies harus berurusan dengan drama orang narsis dapat menguras tenaga dan membuatmu merasa kesal atau marah. Menggunakan metode grey rock dapat berfungsi sebagai pengingat bahwa kebutuhan mereka akan perhatian tidak harus menjadi masalah ‘milikmu’. Faktanya, memahami bahwa masalah mereka sebenarnya tidak ada sangkut pautnya denganmu dapat memperbesar efektivitas metode ini, Ladies. 

Cara berlatih metode grey rock

Mengenal Metode Grey Rock, Cara Komunikasi untuk Menghadapi Seorang Narsisis
Foto: pexels.com

Salah satu cara terbaik untuk mempraktikkan metode ini adalah dengan benar-benar tidak bereaksi sama sekali. Jika ini yang ingin Ladies lakukan, Dr. Harris menyarankan untuk menghindari kontak mata, tidak mengatakan apa-apa, dan berpaling. Atau, cara yang tidak terlalu ekstrem adalah dengan membatasi reaksimu—setidaknya reaksimu di depan orang tersebut. 

“Berikan tanggapan singkat dan langsung,” tambah Derhally. “Melalui pesan teks, itu bisa berupa emoji sederhana atau respons beberapa kata, jangan bersikap defensif atau mencoba membela diri—selalu tanggapi dengan datar, tenang, tanpa emosi.”

Meskipun menerapkan metode grey rock itu sulit, para profesional mengingatkan bahwa itu bisa sepadan. “Anda harus menjunjung tinggi batasan Anda dan menjaga harga diri Anda dengan tidak terlibat dalam toxicity,” kata Dr. Harris. Selain itu Derhally menambahkan bahwa itu dapat membantu memfasilitasi perasaan pemberdayaan: “Itu membuat Anda mengendalikan dinamika hubungan,” katanya. “Ketika kita merasa lebih memegang kendali dalam ketidakseimbangan kekuatan dalam semua jenis hubungan dengan seorang narsisis, kita merasa diberdayakan alih-alih tidak berdaya.”

Juga perlu diingat bahwa metode ini tidak (dan kemungkinan tidak seharusnya) menjadi satu-satunya alat yang kamu gunakan. Meskipun metode grey rock ini dapat dilakukan untuk situasi cepat dan darurat, konsutlasi dengan terapis atau penyedia layanan kesehatan mental lainnya lebih disarankan  untuk strategi jangka panjang dan lebih berkelanjutan. Dan jika Ladies merasa orang narsisis yang Ladies hadapi sudah memicu bahaya, segera lepaskan diri dari situasi dan orang tersebut adalah metode terbaik yang dapat kamu pilih. 

 

Sumber: wellandgood

Must Read

Related Articles