OUR NETWORK

Pentingnya Senam Otak Untuk Perkembangan Diri

Pentingnya Senam Otak Untuk Perkembangan Diri
Foto: freepik.com

Melatih otot-otot tubuh memang salah satu perawatan to keep body in shape, Ladies. Tapi melatih otak untuk tetap tajam dan terus berkembang juga diperlukan loh, Ladies. Pernah nggak kamu ketemu seorang pria yang kalau diajak ngobrol apa aja nyambung? Nah… menurut saya wawasan luas itu adalah keseksian yang sesungguhnya. Ganteng aja gak cukup kalo diajak ngobrol cuma iya iya aja. Kan boring yah, Ladies… Apalagi kalau kitanya juga berwawasan luas. Pasti pengen dapet pasangan yang juga berwawasan luas dong. Jadi kalau pacaran bisa diskusiin banyak hal sambil mesra-mesraan, uh relationship goal banget nggak sih?

Baca juga: Bekerja dari Rumah? Jaga Kesehatan Tubuh dan Mental dengan Tips Ini

Nah, di sini saya mau bahas sedikit gimana caranya Senam Otak yang bisa diterapkan di rumah dan manfaat yang didapatkan. Menurut keterangan dari Dr. Richard Carmona, dokter bedah umum ke-17 Amerika Serikat dan kepala inovasi kesehatan kesejahteraan gaya hidup Canyon Ranch.

Apa Itu Senam Otak?

Pertama-tama saya jabarkan dahulu apa itu senam otak. Senam otak menurut Dr. Richard Carmona adalah kumpulan latihan fisik dan mental yang dilakukan secara teratur. Dan itu adalah jenis apapun yang kamu inginkan. Secara umum senam otak adalah kegiatan melatih otak entah itu dengan bermain catur, memecahkan word puzzle, belajar bahasa baru, atau sekedar membaca. Dr. Richard mengatakan walau banyak perusahaan yang mencoba menjual produk untuk meningkatkan kesehatan otak, masih lebih baik kalau kamu menambah koleksi bacaanmu. “Apa yang kita ketahui adalah bahwa otak perlu distimulasi secara konstan dengan beragam informasi untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan kognitif melalui rentang hidup,” kata Dr. Richard. “Membaca merupakan salah satu rangsangan penting untuk kesehatan kognitif. Membaca novel, biografi, atau beragam topik yang menarik dan merangsang secara pribadi berpotensi untuk bertindak sebagai ‘senam otak’ dalam memberikan latihan pada otak.”

Kenapa Penting Untuk Menyisihkan Waktu Melatih Otak?

Seiring bertambahnya umur, kita rentan terhadap kehilangan atau penurunan kemampuan kognitif. Jika kita melatih otak kita setiap hari, maka kita memiliki peluang yang lebih baik untuk mencegah penurunan ini. Bahkan berpotensi meningkatkan kesadaran seiring bertambahnya usia. Menurut Dr. Richard kita perlu untuk memikirkan otak kita setiap hari, sama halnya dengan melatih otot-otot yang lainnya. “Kalau kita tidak melatih otak kita sehari-hari, otak pada akhirnya akan berhenti berkembang seperti yang terjadi pada otot yang tidak digunakan. Kalau tidak digunakan, maka kamu kehilangan kekuatannya.”

Siapa Yang Dapat Manfaat Dari Senam Otak?

Semuanya! Kamu mendapat wawasan baru setiap hari, orang-orang di sekitarmu juga akan merasakan manfaat dari wawasan-wawasanmu. Dari yang muda yang otaknya masih sangat mudah menyerap informasi baru hingga yang tua yang sudah berpotensi memiliki penurunan kognitif akibat penuaan atau penyakit saraf seperti Alzheimer. Semakin cepat dimulai maka semakin baik, Ladies.

Baca juga: 5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kesehatan Otakmu

Bagaimana Cara Mengatur Senam Otak Di Rumah?

Salah satu keuntungan senam otak adalah kamu bisa lakukan dimanapun kapanpun kamu mau Ladies. Untuk memulai, kamu bisa membeli buku apapun yang menarik buatmu atau belajar bahasa baru. Tak ada uang? Kamu bisa membeli di perpustakaan.

“Repot bolak-balik ke perpustakaan dan takut lupa mengembalikkan bukunya?” Kamu bisa cari e-booknya Ladies atau belajar dari beragam video di YouTube. Life is that easy right now to gain new information through internet. Dr. Richard menambahkan, selain membaca dan belajar bahasa baru, menjaga kebugaran kognitif adalah bagian dari pendekatan proaktif keseluruhan terhadap kesehatan. “Kita hanya harus membuat keputusan yang baik, sehat dan berkelanjutan setiap hari, yang bagi kebanyakan dari kita, mungkin menjadi tantangan terbesar kita”.

So, do you wanna challenge yourself, Ladies? Tantang diri kamu untuk membaca satu buah buku setiap bulannya. I know you can do it. Ganbatte, Ladies!

 

Sumber: Pure Wow

Comments