OUR NETWORK

Beauty and Brain: Cania Citta Irlanie

Beauty and Brain: Cania Citta Irlanie
Foto via ask.fm

Kalau masih rajin buka timeline Twitter, pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan beragam tweet dari Cania Citta Irlanie. Selain di Twitter, Cania juga wara-wari mengisi beragam acara offline, diundang sebagai narasumber di televisi, dan rutin mengisi vlog di YouTube channel GEOLIVE ID.

Beauty and Brain: Cania Citta Irlanie

Kamu mungkin nggak sepenuhnya setuju dengan semua opininya. Dan itu nggak masalah. Tapi di balik keterbukaannya beropini di sosial media, Cania adalah sosok yang inspiratif, Ladies. Yuk, kenalan lebih jauh!

Kebetulan saya belum lama ini membaca wawancaranya di buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Siapa sangka Cania yang fasih banget ngomongin politik ternyata dulunya anak sains? Bahkan dia pernah ikutan Olimpiade Sains Nasional IPA 2006 dan di tahun 2008 menjajal Biologi di Olimpiade Biologi Nasional. Nggak sampai situ aja, Ladies. Di tahun 2011, Cania juga ikutan National English Debating Championship. Waduh, dari kecil udah berprestasi ya…

Bisa dibilang ini juga yang jadi awal ketertarikannya dengan isu sosial. Karena isu yang didebatkan kebanyakan isu sosial, Canie pun tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut. Selain itu, Cania tertarik untuk lanjut mempelajari politik karena berbeda dengan sains, nggak ada yang ‘pasti’ di bidang ini. Semuanya harus diamati dan terus dipelajari. Ini juga yang membuatnya tertarik untuk mempelajari ilmu sosial dan politik lebih lanjut. Saat ini, di tengah kesibukannya, Cania masih terdaftar sebagai mahasiswi akhir Ilmu Politik di Universitas Indonesia.

Walaupun banyak orang yang setuju dengan pendapatnya, Cania justru merasa bahwa itu adalah jalan untuk membuka dialog.

Contohnya yang satu ini deh, waktu wawancara dengan Awkarin. Seperti yang mungkin sudah Ladies ketahui, Awkarin alias Karin Novilda pernah dipanggil KPAI karena konten Instagramnya dinilai mengandung unsur pornografi. Tapi melalui wawancara yang dilakukan Cania, kita jadi melihat ‘sisi lain’ dari seorang Karin Novilda.

Pinter, kritis, dan vokal soal isu-isu yang lagi hangat, nggak heran kalau wanita kelahiran Jakarta, 14 Januari 1995 ini sering banget diundang ke berbagai forum diskusi. Tentunya ngebahas topik seputar politik bahkan hingga gender. Cania juga rutin membuat kuis berhadiah buku melalui situs pribadi dan akun Instagram-nya. Wah, ini baru namanya bagi-bagi ilmu. Hehe.

Penampilan menarik iya, ‘berisi’ juga iya. Di usia yang masih sangat muda, Cania udah bisa jadi inspirasi untuk banyak wanita lainnya. Terutama untuk Ladies yang tertarik banget untuk belajar lebih jauh tentang politik dan segala macam isunya. Dia juga nggak segan menjawab berbagai pertanyaan netizen, malah sampai dibuatkan videonya juga, Ladies. Pernah nonton?

Kamu punya sosok inspiratif dari bidang lainnya, Ladies? Tambahkan di komen ya!

Comments