OUR NETWORK

Meski Bikin Jijik, Ini Sebenarnya 5 Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Meski Bikin Jijik, Ini Sebenarnya 5 Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan
Foto: Natfot dari Pixabay

Bila berbicara tentang cacing tanah, yang terbayang memang betapa kotor dan menjijikannya hewan satu ini. Padahal di sisi lain sebenarnya terdapat banyak manfaat cacing tanah. Bukan hanya untuk kesuburan tanah saja, melainkan juga untuk kesehatan.

Di bawah ini merupakan 5 manfaat cacing tanah untuk kesehatan manusia yang mungkin tak pernah dibayangkan sebelumnya.

1. Atasi peradangan

Manfaat pertama dari cacing tanah adalah untuk mengatasi peradangan. Sederet penelitian menyebut hewan satu ini melakukan proses oksidasi, hematologi, dan indikator serum biokimia yang membantu untuk mengatasi peradangan.

Selain itu adanya senyawa lumbrokinase juga membantu atasi peradangan karena hiperkoagulasi. Saat ini senyawa lumbrokinase dari cacing tanah bahkan sudah digunakan sebagai suplemen makanan.

2. Sembuhkan luka

Asam arakidonat yang ada pada cacing tanah disebutkan mampu merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru. Sehingga mempercepat proses dalam penyembuhan luka. Selain itu cacing tanah juga memiliki sifat anti bakteri yang mencegah terjadinya infeksi.

L. mauritii, yang merupakan salah satu spesies dari cacing tanah bahkan memiliki manfaat khusus untuk penyembuhan luka ini. L. mauritii memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, serta aktivitas hepatoprotektif yang nantinya mempercepat proses sembuhnya luka.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh

Ada beberapa sifat dan kandungan dari cacing tanah yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya sifat pengenalan memori pada cacing tanah yang berperan besar pada imunologi.

Selan itu ada beberapa jenis leukosit yang dihasilkan oleh cacing tanah yang nantinya berguna untuk kekebalan tubuh. Belum lagi kemampuan untuk menyekresi dan menyinstesis berbagai molekul imunoprotektif oleh cacing tanah.

Baca juga: 6 Tanda Tubuhmu Kekurangan Zat Besi

4. Obati tifus

Diantara manfaat cacing tanah yang lain, untuk tifus sepertinya menjadi salah satu yang dikenal luas. Manfaat satu ini memang sudah dikenal dan dipraktekan dalam pengobatan ala Cina kuno.

Di dalam cacing tanah terdapat kandungan anti bakteri yang mampu mengalahkan bakteri salmonella, yang menyebabkan tifus. Ekstrak pada cacing tanah pun dipercaya bisa membantu proses penyembuhan dari penyakit satu ini.

5. Antioksidan dan antipiretik

Kedua manfaat cacing tanah berikutnya ini pun seharusnya sudah mulai dikenal dan mulai digunakan. Cacing tanah spesies Lumbricus dan Perichaeta terbukti memiliki kandungan antipiretik. Spesies cacing tanah ini memiliki mineral lampito mauritii yang bekerja layaknya sebuah obat aspirin.

Selain itu manfaat lain dari cacing tanah juga sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan satu hal penting untuk membantu tubuh memerangi penyakit kronis yang diakibatkan oksidasi sel.

Baca juga: Menurut Ahli, Ini Pilihan Antioksidan Terbaik

Pada cacing tanah terdapat antioksidan non-enzimatik seperti glutathione, vitamin C dan E, Tocopherol dan Ceruloplasmin yang mampu melindungi sel dari pengaruh radiasi serta keruskaan secara oksidatif.

Banyaknya manfaat cacing tanah sudah pasti membuat hewan satu ini tak nampak terlalu menjijikan lagi, bukan?

 

Sumber: Liputan6.com

Comments

Loading...