OUR NETWORK

Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Berbau Tidak Sedap

Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Berbau Tidak Sedap
Foto: breakingnews.co.id

Sebagaimana yang kita ketahui, tubuh kita mengeluarkan bau badan ketika dilapisi oleh keringat. Terkadang baunya tidak terlalu kentara, namun, terkadang lagi berbau tidak enak. Namun, ternyata hal ini tidak hanya terjadi pada bagian kaki dan ketiak kita, loh, tetapi juga dapat terjadi pada kulit kepala kita. Ketika kulit kepala berminyak, tidak jarang kita merasakan kepala kita berbau tidak sedap. Tentunya, hal ini bisa sangat merusak kepercayaan diri atas penampilanmu seharian, bukan? Untuk menghindarinya, beberapa ulasan di bawah ini bisa membantumu untuk memahami apa sih penyebabnya. Sekaligus cari tahu juga pencegahan yang bisa dilakukan, yuk!

Baca juga: Keringat Berlebihan? Jangan Panik, Simak Penjelasannya Di Sini!

Penyebab Keluarnya Bau dari Kulit Kepala

Kulit Kepala Berminyak

Jika kamu memiliki kulit kepala berminyak, menurut American Osteopathic College of Dermatology, kamu kemungkinan besar akan mengalami beberapa masalah rambut. Seperti ketombe, gatal, dan kulit kepala yang mengeluarkan bau tidak sedap. Akan tetapi, meski berminyak atau tampak klimis, tidak berarti menandakan kulit kepalamu bau, Ladies. Beda halnya dengan keberadaan minyak yang berlebihan pada kulit kepala, ini baru bisa berpotensi mengeluarkan bau asam yang khas.

Bakteri Blues

Menurut Dermatologis New York, Jules Abadi, bakteri tertentu yang dipadukan dengan kulit kepala yang berminyak dapat menjadi penyebab lain kulit kepalamu jadi mengeluarkan bau tidak sedap, Ladies. Meski dinilai sebagai bakteri yang tidak berbahaya, bakteri ini dapat terus berkembang biak dan tumbuh banyak pada kulit kepala yang berminyak, yang kemudian menyebabkan bau yang tidak sedap.

Stress dan Perubahan Hormon

Penasihat dan Pakar Kesehatan Perempuan, Donnica L. Moore, menyatakan, terdapat beberapa pemicu kulit kepala lebih banyak menghasilkan minyak dari biasanya. Diantaranya ialah perubahan kadar hormone, stress, dan kondisi kulit buruk seperti seborrheic dermatitis, yang dapat menyebabkan kulit kepala berminyak berpotensi besar mengeluarkan bau tidak sedap.

Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Berbau Tidak Sedap
Foto: parenting.orami.co.id

Cara Mencegah dan Menyelesaikan Permasalahan Kulit Kepala yang Bau

Perawatan Dry Shampoo

Dilansir dari majalah Fitness, Hairstylist, Cheryl Marks, mengatakan bahwa dry shampoo powder dapat menyerap minyak berlebih yang tentu saja akan mengurangi bau yang kulit kepalamu keluarkan, Ladies. Selain itu, dry shampoo juga akan membuat kulit kepala serta rambutmu menjadi lebih lembut.

Baca juga: Kesalahan dalam Menggunakan Dry Shampoo yang Sering Dilakukan

Ganti Produk Shampoo

Cara lain untuk mencegah kulit kepala berminyak ialah mengganti shampoo dengan produk yang memiliki kandungan belerang, seng, atau tar yang dapat menyerap minyak dan bau yang muncul.

Nah, Ladies, jika kamu sudah melakukan berbagai hal sebagaimana pada ulasan di atas dan kulit kepalamu masih mengeluarkan bau tidak sedap, sebaiknya, kamu segera berkonsultasi dengan dokter kulit, Ladies. Selain menelisik pemicu dari munculnya bau pada kulit kepalamu, dokter juga akan membantumu mengetahui perawatan dan pengobatan yang tepat untukmu. So, selamat mencoba.

 

Sumber: Livestrong

Comments

Loading...