OUR NETWORK

Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Kulit Wanita

Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Kulit Wanita
Foto: shine365.marshfieldclinic.org

Selama kurun dekade terakhir, penggunaan probiotik untuk  kesehatan memang semakin pesat, Ladies. Probiotik ini merupakan sejenis mikroorganisme atau bakteri baik yang berkembang dan dapat membantu menyehatkan usus dan sistem pencernaan kita. Menurut Frank Lipman, M.D., pakar kesehatan fungsional ini mengatakan bahwa probiotik ini membantu melawan bakteri jahat dalam usus, membantu penyerapan nutrisi, mengurangi infeksi dan peradangan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengoptimalkan suasana hati (mood).

Baca juga: Kenali Probiotik dan Manfaatnya Lebih Dalam, Yuk!

Nggak cuma buat kesehatan usus dan juga diet, ternyata probiotik ini juga berguna buat kesehatan kulitmu loh, Ladies. Sama seperti manfaatnya untuk sistem pencernaan kita, probiotik berguna untuk kesehatan kulit dengan menjaga keseimbangannya. Probiotik menjaga agar kulit tidak terlalu kering juga tidak terlalu berminyak. Selain itu, kulit juga dapat terjaga dari paparan lingkungan yang bisa menyebabkan iritasi maupun peradangan.

Kenali apa saja manfaat probiotik untuk kesehatan kulitmu yuk, Ladies!

Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Kulit Wanita
Foto: journal.sociolla.com

1. Menjaga Keseimbangan Skin Flora

Probiotik ini membantu menyeimbangkan skin flora kamu, Ladies. Skin flora adalah mikroorganisme yang menghuni kulit manusia. Kebanyakan adalah bakteria dan biasanya ditemukan di lapisan epidermis dangkal dan bagian atas folikel rambut.

Cara kerjanya adalah dengan menjaga agar kulitmu tidak terlalu kering juga tidak terlalu berminyak.  Menurut Dr. Whitney Bowe dalam vogue.com, ada tiga cara probiotik bermanfaat bagi kulit. Pertama, mereka bertindak sebagai perisai pelindung dengan mencegah mikroorganisme jahat dan meningkatkan sistem  kekebalan. Hal ini dilakukan dengan menciptakan keadaan yang seimbang bagi kulit. Kedua, mereka menghasilkan antibiotik alami yang disebut peptida anti mikroba yang memerangi bakteri jahat. Selanjutnya yang terakhir, mereka meningkatkan fungsi kulit dalam menangani faktor-faktor perusak eksternal termasuk radikal bebas, matahari, dan polusi sehingga dapat mengurangi peradangan. Ini juga bisa membantumu mencegah penuaan dini lho, Ladies.

2. Meningkatkan Kekebalan dan Melindungi Kulit

Pelembap dan perawatan probiotik sebenarnya bisa kamu aplikasikan untuk jenis kulit apa saja, Ladies. Tetapi, perawatan ini sangat disarankan untuk kulit yang meradang atau berjerawat, dan kulit yang menderita rosacea serta eksim. Probiotik meningkatkan imunitas tubuh dengan menguatkan mikroorganisme dalam kulit yang secara alamiah akan melawan berbagai potensi ancaman. Inilah yang membuat peradangan, kemerahan, dan benjolan akan berkurang.  

3. Melembapkan Kulit

Kalau kamu terlalu sering mencuci wajah dengan sabun, minyak alami wajahmu akan berkurang dan membuat wajahmu menjadi lebih kering Ladies. Nah, perawatan dengan probiotik juga dapat memberikan kelembapan pada kulitmu, Ladies. Probiotik ini bekerja dengan cara melindungi mikroflora yang bermanfaat bagi kelembapan kulit.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Anti Polusi, Buat Kamu yang Sering Terpapar Polutan

Nah Ladies, ternyata nggak cuma melancarkan sistem pencernaan ya, probiotik juga bisa kamu terapkan untuk perawatan kulitmu. Cobain, yuk!

 

Sumber: vogue

Comments