OUR NETWORK

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Ada banyak sekali cara yang dapat kamu gunakan untuk merawat rambutmu. Mulai penggunaan perawatan rambut kemasan, perawatan rutin ke salon atau menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui seperti minyak kelapa dan minyak kemiri. Tapi kali ini kami hanya ingin berbagi sederet manfaat manfaat minyak kemiri untuk rambut yang bisa kamu coba.

1. Mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe

Di dalam minyak kemiri ternyata terdapat kandungan asam linoleat loh. Jika kamu belum tahu, asam linoleat adakah sejenis asam lemak tak jenuh Omega-6 yang memiliki fungsi sebagai anti-radang. Nah, jika kamu memiliki kulit kepala yang meradang akibat ketombe kamu bisa menggunakan minyak kemiri ini untuk mengatasinya. Tentu jika ketombe pada kulit kepala sudah teratasi rambut tidak akan berketombe lagi. Selain itu dengan kandungan tersebut, minyak kemiri juga ampuh untuk membut rambut terlihat lebih mengembang dan tidak membuat helai-helai rambut tampak tipis.

Baca juga: Trik Mudah Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Trik Mudah Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

2. Mengurangi kerontokan

Selain kandungan omeganya, minyak kemiri juga memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala dan menutrisi akar rambut. Dengan begitu rambutmu menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok lagi. Kamu bisa menggunakan minyak kemiri dengan cara mengoleskannya pada kulit kepala dan memijatnya perlahan. Jadi kamu gak perlu khawatir deh pas pakai baju putih, karena rambut rontok sudah teratasi. Kamu juga nggak akan takut akan ancaman kebotakan lagi kan karena kamu sudah menemukan solusi yang pas untuk perawatan rambutmu.

3. Merangsang pertumbuhan rambut

Nah, minyak kemiri juga berfungsi sebagai alat perangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengoleskan minta kemiri pada rambut secara rutin, maka rambut perlahan-lahan akan tumbuh subur karena kandungan asam linoleat atau sejenis asam lemak Omega-3 yang mampu meresap jauh ke dalam kulit dan merangsang pertumbuhan rambut.

4. Menjadikan rambut dan kulit kepala sehat

Kandungan asam amino di dalam minyak kemiri ternyata juga mampu menutrisi kulit kepala dan menembus jauh ke dalam akar rambut yang menjadikan rambut lebih sehat ternutrisi. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan khasiat lainnya seperti rambut yang lebih sehat ataupun rambut yang lebuh berkilau.

Baca juga: Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

5. Menghitamkan rambut

Tahukah kamu bahwa di dalam minyak kemiri terdapat kandungan asam miristat yang sangat bermanfaat sekali untuk menjadikan rambutmu hitam. Kamu yang memimpikan rambut hitam legam yang berkilau nan indah bisa mencoba mengusapkan minyak kemiri secara rutin. Dijamin deh rambutmu bakalan hitam legam kayak artis-artis di iklan shampoo.

6. Membuat rambut tampak lebih indah

Protein dan mineral adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh, begitu juga dengan rambut. Protein dan mineral dapat kamu jadikan sebagai nutrisi tambahan untuk merawat rambutmu agar tampak lebih indah dan sehat. Tak perlu bingung mencari di mana kamu bisa mendapatkan kedua zat tersebut untuk rambut. Kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk melakukan treatment tersebut.

Wah kemiri yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ternyata minyaknya memiliki berbagai macam manfaat untuk memperindah rambut yang bagus ya? Dengan mengetahui manfaat minyak kemiri tersebut, rambut indah bercahaya akan segera di dapatkan. Eits, tapi tunggu dulu, kamu gak akan bisa mendapatkan rambut indah bercahaya jika kamu hanya melakukan treatment satu kali. Kamu harus menjalani treatment dengan minyak kemiri ini secara rutin jika kamu menginginkan rambut yang benar-benar bagus dan mengilap.

 

Foto: pexels.com

Comments

Loading...