OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Collagen Powder

Kolagen merupakan salah satu protein yang memegang peran penting dalam kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Karena itu banyak produk kolagen bermunculan di pasaran. Salah satunya collagen powder alias bubuk kolagen nih, Ladies. Ingin tahu selengkapnya tentang collagen powder? Simak di bawah ini, yuk!

Apakah collagen powder benar-benar berfungsi?

Menurut Peter Young, M.D., dermatologist dan direktur dari perusahaan skincare Facet mengatakan bahwa manfaatnya masih diperdebatkan. Beberapa peneliti melakukan studi mengenai efek bubuk kolagen dan hasil yang mereka dapatkan bervariasi. Kolagen memang dibutuhkan tubuh untuk menghambat gejala penuaan dini seperti garis-garis halus, meningkatkan kelembapan kulit dan elastisitas. 

Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Collagen Powder
Foto: pexels

Walaupun belum terbukti secara ilmiah, namun banyak yang mengakui manfaatnya nih, Ladies. Ashanti Lation, founder dan CEO dari VIP Luxury Hair Care, menyarankan collagen oil pada kliennya yang baru saja melahirkan. Alasannya karena ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan rambut menipis atau rontok. Alasannya karena kolagen adalah protein yang dapat menjaga kekuatan rambut dan menurunkan tingkat hormon estrogen.

Hal yang harus diperhatikan dari collagen powder

Bubuk kolagen diproduksi dari hewan seperti sapi, babi, atau ikan dan tidak bisa diperoleh dari tanaman. Karena itu bagi kamu yang memiliki pola makan vegan tidak bisa mengkonsumsi produk ini. Dr. Young mengatakan bahwa hasil hidrolisis kolagen berupa asam amino bagus untuk tubuh karena itu pilih collagen powder yang mengandung banyak varian asam amino nih, Ladies. Collagen powder dengan asam amino beragam ini biasanya berasal dari sapi (bovine) dan babi (porcine). Marine collagen diproduksi dari hewan laut seperti hiu dan ubur-ubur. Sayangnya tipe kolagen ini tidak mudah diserap oleh tubuh. 

Baca juga: Fakta Tentang Suplemen Kolagen dan Krim Kolagen yang Harus Kamu Ketahui

Cara menggunakan collagen powder

Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Collagen Powder
Foto: pexels

Collagen powder termasuk suplemen yang mudah dikonsumsi. Kamu bisa mencampurnya dengan air, teh, atau kopi. Kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari, Ladies. Kamu juga bisa mengkonsumsi collagen powder dengan makanan seperti yoghurt, sup, dan smoothie.

Efek samping

Sebelum mengkonsumsi, kamu disarankan untuk konsultasi dengan ahlinya dulu nih. Walaupun secara umum aman, namun beberapa juga mengalami heartburn atau rasa panas di tenggorokan dan perut kembung. Produk ini juga tidak disarankan untuk mereka yang memiliki riwayat batu ginjal. Karena itu lebih baik konsultasi dulu ya, Ladies!

 

Sumber: Marie Clarie

Must Read

Related Articles