OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Pandangan Neuroscience Tentang Pola Tidur yang Benar dan Cara Simpel Melakukannya!

Apakah kamu suka begadang, Ladies? Kayaknya kamu mesti mulai mengubah kebiasaan kamu deh. Menurut studi dari Departemen Psikologi dari University of Ottawa, mereka yang bangun pagi atau “morning person” mendapat banyak keuntungan dibanding yang tidak.. Kalau kamu masih butuh alasan lagi untuk bangun lebih pagi, kamu bisa cek di bawah ini nih, Ladies. Kita kasih juga lho cara mengubah pola tidur sehingga kamu bisa bangun pagi yang simpel dan terbukti secara sains! Yuk, scroll ke bawah ya!

  • Berdasarkan studi Northwestern University, mereka yang bangun tidur lebih awal memiliki BMI (body mass index) lebih rendah dibanding mereka yang tidak. 
  • Hasil studi 2 tahun dari Toronto University menunjukkan bahwa mereka yang bangun lebih pagi memiliki hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat dibanding yang bangun lebih siang. 
  • Studi dari Birmingham University menunjukkan bahwa mereka yang tidur telat memiliki koneksi otak yang lebih rendah sehingga reaksi yang mereka berikan lebih lambat dan rasa ngantuk berkepanjangan.

Baca juga: Faktanya, Kepribadian Seseorang Memengaruhi Pola Tidurnya

Rafael Pelayo, prefesor klinis bidang psychiatry dan behavioral science dari Stanford University mengatakan cara melakukan tidur yang benar sebagai berikut:

Pandangan Neuroscience Tentang Pola Tidur yang Benar dan Cara Simpel Melakukannya!
Foto: pexels

  1. Mulai dengan waktu kamu bangun pagi. Lebih mudah untuk mengatur waktu untuk bangun ketimbang waktu untuk tidur. 
  2. Setelah itu, tentukan waktu untuk tidur, sekitar 7 sampai 9 jam dari waktu bangun yang kamu tentukan. Setelah itu pastikan kamu tidak ke kasur sampai waktunya untuk tidur.
  3. Segera bangun saat sudah waktunya untuk bangun. Menurut Pelayo, ini adalah bagian yang tergolong susah. Karena itu Pelayo memberikan 2 ide untuk poin ini. Pertama, jauhkan alarm atau handphone yang dijadikan alarm jauh dari tempat tidur sehingga kamu harus berjalan ke tempat handphone tersebut. Selanjutnya buat rutinitas yang menyenangkan di pagi hari sehingga kamu termotivasi untuk bangun, Ladies!
  4. Terakhir, komitmen dan lakukan jadwal tidur baru tersebut selama minimal 6 minggu.

Kenapa harus 6 minggu? Karena beberapa orang mencoba 3 sampai 4 hari dan mengatakan bahwa cara ini tidak berhasil pada mereka. Padahal mengubah pola tidur tidak semudah itu, Ladies. Jadi kamu harus tekun melakukannya selama beberapa minggu. Semangat, Ladies!

 

Sumber: Inc

Must Read

Related Articles