OUR NETWORK

Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin? Ini Dia Kelebihannya Masing-Masing

Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin? Ini Dia Kelebihannya Masing-Masing

Mandi adalah salah satu hal yang penting dalam pola hidup sehat. Seseorang yang jarang mandi mudah terserang penyakit dan bau tak sedap. Ladies perlu mandi setiap harinya untuk membersihkan badan dari kotoran serta kuman penyakit. Tergantung dari temperatur yang dipakai, waktu yang kamu perlukan untuk mandi pun beragam dan memberikan efek yang berbeda bagi tubuh. Bagi kamu yang suka mandi air panas maupun air dingin, kamu perlu tahu nih keuntungan dari masing-masing jenis mandi tersebut. Setelah membaca ini, kalian mungkin akan berpikir lagi sebelum memutuskan mandi air panas atau air dingin. Yuk, disimak, Ladies.

Mandi Air panas

Mandi air panas nyatanya bisa menurunkan ketegangan otot dan membantu relaksasi. Jika kamu memiliki shower, mandilah dengan air panas dari shower dan biarkan air shower mengalir seperti pijatan kecil pada daerah bahu, leher, dan punggung.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mandi dengan air panas dapat meningkatkan hormon oksitosin dan menurunkan kecemasan. Cocok banget nih buat Ladies yang lagi stress dan suntuk dari rutinitas sehari-hari.

Mandi air panas juga dapat berfungsi sebagai dekongestan alami dan meringankan gejala flu. Uap air panas dapat melegakan hidung yang tersumbat.

Mandi Air Dingin

Bagi kalian yang suka mandi air dingin, walaupun tidak semenyenangkan mandi air panas, tapi baik untuk kesehatan lho. Mandi dengan air dingin selama 5 menit mampu membuatmu langsung terjaga karena efek kejut dari perubahan suhu yang tiba-tiba. Perubahan suhu yang instan ini juga menghilangkan rasa lelah dari tubuh dan meningkatkan ketajamanan mental.

Baca juga: 6 Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin

Mandi dengan suhu sekitar 20o Celcius selama 2 sampai 3 menit untuk sekali atau dua kali mandi sehari direkomendasikan sebagai salah satu perawatan depresi, Ladies. Tapi, tentunya kamu harus tetap cek ke dokter dulu ya.

Selain itu, mandi air dingin nyatanya baik untuk rambut dan kulit ladies. Mandi air panas dapat membuat kulit dan rambut kering. Sedangkan mandi air panas mampu mampu melembapkan kulit dan hidrasi pada ujung-ujung rambut. Cocok bagi kamu yang punya kulit kering dan rambut bercabang.

Baca juga: Bingung Memilih Antara Body Lotion atau Body Butter? Kenali Dulu Manfaatnya, Yuk!

Kalau cemas rambutmu jadi kering setelah mandi air hangat, kamu bisa menggunakan air yang hanya sedikit hangat di bilasan terakhir. Setelahnya, kamu bisa menggunakan beberapa minyak yang dapat membantu rambutmu tetap lembap, misalnya minyak kelapa atau minyak zaitun. Untuk tubuhmu juga, Ladies. Setelah mandi, gunakan lotion untuk mengembalikan kelembapan kulitmu.

Sumber: Pop Sugar, Foto cover: Pixabays

Comments

Loading...