OUR NETWORK

6 Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin

Hujan yang terus turun selama beberapa minggu ini menjadikan suhu udara jadi terasa dingin, dan membuat kita jadi mager atau malas gerak untuk melakukan aktivitas. Hujan yang turun tidak berhenti dari pagi hingga pagi lagi memang enaknya digunakan untuk selimutan sambil menikmati minuman hangat, atau semangkuk mie rebus dengan telur dan cabai rawit. Salah satu hal yang paling berat dilakukan pada hari dengan cuaca seperti saat ini adalah mandi pagi dengan air dingin. Membayangkannya saja sudah membuat merinding. Tapi, Ladies tahu nggak ternyata manfaat mandi pagi pakai air dingin itu banyak loh.

Eits, buang jauh-jauh rasa malas dan engganmu karena ternyata mandi pagi dengan air dingin memberikan manfaat yang besar loh ladies. Nggak percaya? Baca dulu nih 6 manfaat mandi pagi dengan air dingin di bawah ini.

1. Memperkuat daya tahan tubuh

strong-body

Berbeda dengan apa yang diyakini kebanyakan orang bahwa mandi air dingin dapat menyebabkan flu, ternyata mandi air dingin di pagi hari justru membuat tubuh kita menjadi lebih kuat loh, ladies.

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga ladies dapat terhindar dari hipertensi, pengerasan pembuluh arteri, dan varises. Selain itu ladies berisiko lebih kecil untuk terkena penyakit seperti kanker, serangan jantung, dan diabetes

2. Lebih semangat dan berenergi

semangat-dan-berenergi

Ladies pasti merasakan sensasi terkejut dan menggigil saat mandi air dingin, bukan? Nah berarti air dingin telah bekerja membangunkan tubuh ladies dari istirahat, dan mengaktifkan hormon endorfin. Selain membuat lebih semangat, hormon endorfin juga dapat mengurangi rasa nyeri kronis. Selain itu, menurut studi dalam Behavioral and Brain Functions, mandi air dingin bisa membantu mengurangi kelelahan jangka panjang, dan membuat tubuh jadi lebih berenergi,

3. Mengatasi depresi

depresi

Mandi air dingin di pagi hari dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, selain karena aktifnya hormon endorfin, efek tersebut didapat dari impuls listrik dari ujung saraf perifer yang bergerak ke otak. Mandi air dingin di pagi hari juga membuat rasa cemas berkurang, perasaan lebih tenang, dan badan lebih segar. Saat tubuh dalam kondisi yang rileks dan segar, stress akan lebih mudah untuk dilawan.

4. Membakar lemak cokelat dalam tubuh

lemak

Lemak terdiri dari dua jenis, yaitu lemak putih dan lemak cokelat. Lemak putih adalah lemak jahat, sedangkan lemak cokelat adalah lemak baik yang menyebarkan panas ke sekujur tubuh. Lemak cokelat hanya akan aktif jika terkena suhu yang sangat dingin. Dengan mandi air dingin, lemak cokelat pun akan membakar kalori yang berfungsi membuat tubuh tetap hangat.

6. Merawat kecantikan rambut dan kulit

rambut-kulit-sehat

Air dingin dapat mengecilkan kutikula dan pori-pori sehingga dapat mencegah pori-pori tersumbat yang mengakibatkan jerawat. Apabila kutikula tertutup, maka rambut pun akan lebih sulit untuk rontok, juga beruban.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, ladies harus rutin mandi air dingin setiap pagi. Bagaimana, siap melawan rasa malas dan takutmu untuk mandi air dingin di pagi hari?

Referensi: Vemale, Liputan 6, Detik Health

Comments

Loading...