OUR NETWORK

Kurangi Tampilan Kantung Mata dengan 5 Makanan dan Suplemen Terbaik Berikut Ini

Kurangi Tampilan Kantung Mata dengan 5 Makanan dan Suplemen Terbaik Berikut Ini
Foto ilustrasi: takecarefit.com

Bayang-bayang berwarna hitam yang terlihat di bawah mata tentunya akan sangat mengganggu kesempurnaan penampilanmu. Tidak hanya dari segi fisik, tapi juga dapat mengganggu kesan yang kamu ciptakan di depan orang tertentu. Pasalnya, mata ialah salah satu fitur utama wajah yang memiliki peran besar dalam berkomunikasi dan ia sulit untuk diabaikan. Sehingga, ketika kamu memiliki kantung mata, kamu akan terlihat sangat lelah dan sakit ketika sebenarnya kamu benar-benar berenergi dan sehat.

Secara biologis, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya genetik, skin tone, dan usia. Adapula penyebab dari gaya hidup yang kamu jalani, misal kamu kurang tidur, anemia, memiliki kebiasaan merokok, fungsi tiroid rendah, alergi, terkena paparan sinar matahari berlebihan, atau eczema.

Ketika melihat beberapa faktor penyebab itu, tentu saja solusi mudahnya ialah dengan berhenti merokok, mengenakan sunscreen, dan menjalani perawatan medis untuk menyelesaikan masalah fungsi tiroid yang rendah dan eczema. Selain itu, penting untuk mengonsumsi air dalam kadar yang cukup setiap harinya.

Kurangi Tampilan Kantung Mata dengan 5 Makanan dan Suplemen Terbaik Berikut Ini
Foto ilustrasi: mdmonthly.com

Sayangnya, hanya dengan mengubah gaya hidup, lingkaran di bawah matamu tidak begitu saja hilang. Ada beberapa hal lain yang perlu kamu lakukan untuk benar-benar menghilangkan masalah kantung matamu tersebut, diantaranya menggunakan perawatan khusus untuk under eye circles untuk solusi jangka pendek dan mengonsumsi makanan serta suplemen yang tepat agar lingkaran di bawah matamu benar-benar menghilangkan untuk kurun waktu yang lama.

Dari berbagai pelayanan kecantikan, salah satu perawatan yang dinilai tepat untuk mengatasi lingkaran di bawah mata ialah fillers. Dokter kulit di Sharma Skin and Hair Surgery, Anil Sharma, menyatakan, filler yang diletakkan di bawah kulit dapat membantu menghilangkan tampilan mata lelah yang diakibatkan oleh lingkaran hitam di bawah mata. Perawatan ini berlangsung antara enam hingga 14 bulan. Cara kerjanya, ia akan mengisi kembali hyaluronic acid di bawah matamu dengan hyaluronic gel yang memiliki kepadatan molekul tinggi.

Baca juga: Rekomendasi Krim Mata

Dengan kepadatan ini, gel dinilai akan lebih efektif dalam menciptakan dan mempertahankan kadar kelembaban di papillary dermis. Adapun, proses penanamannya membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Perawatan yang satu ini dapat membantu mengembalikan penampilanmu menjadi tampak segar, tidak lelah seperti sebelumnya.

Akan tetapi, sebagaimana dikatakan sebelumnya, perawatan ini hanya memberikan solusi dalam jangka pendek. Apabila kamu benar-benar ingin menghilangkan lingkaran di bawah matamu, kamu perlu bantuan dari asupan makanan dan suplemen yang tepat setiap harinya. Karena tubuh biasanya mencerminkan asupan yang kamu konsumsi. Nah, beberapa makanan dan suplemen ini dinilai para ahli dapat mendukung perjuanganmu melawan lingkaran hitam menyebalkan di bawah matamu itu, Ladies.

1. Tomat

Kurangi Tampilan Kantung Mata dengan 5 Makanan dan Suplemen Terbaik Berikut Ini
Foto ilustrasi: hometownseeds.com

Di samping kandungan multi antioksidan, tomat terkenal dengan lycopene-nya. dalam hal ini, lycopene berfungsi dalam melindungi pembuluh darah dan memperlancar sirkulasi darah. Dipadu dengan quercetin yang terkandung di dalamnya, pembuluh di bawah mata dapat terlindungi dan sirkulasi darahnya pun meningkat.

2. Mentimun

Siapa yang tak tahu manfaat baik mentimun untuk mata? Yup, dengan cara populernya di mana potongan mentimun diletakkan di atas mata, bahan makanan yang satu ini dapat mengurangi bengkak para area mata. Tapi ternyata, Ladies, manfaatnya tidak hanya bisa dirasakan dalam pemakaian luar, loh, tapi juga saat menjadi asupan kita sehari-hari.

Kandungan airnya yang tinggi dinilai dapat membantu melembabkan area bawah mata untuk melawan lingkaran hitam. Hal yang lebih penting lagi adalah kandungan silika yang dimilikinya. Kandungan yang satu ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang tentunya bekerja melawan lingkaran hitam sekaligus penuaan kulit pada area wajah mana pun.

3. Biji Wijen

Antioksidan yang terkandung di dalam biji wijen dapat meredakan gejala mata lelah yang ditimbulkan oleh lingkaran hitam di bawah matamu. Kabar baiknya lagi, bahan makanan ini juga mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, termasuk penglihatanmu.

4. Berries

Kurangi Tampilan Kantung Mata dengan 5 Makanan dan Suplemen Terbaik Berikut Ini
Foto: pexels.com/lisa fotios

Kandungan anthocyanin menjadi kunci dari kekuatan dark berries, seperti blueberry, blackcurrants, dan blackberries dalam melawan lingkaran hitam di bawah mata. Kandungan ini merupakan antioksidan yang dapat memperlancar aliran darah ke mata dan juga memasok oksigen ke jaringan di sekitarnya.

5. Zat besi

Apabila lingkaran hitam di bawah matamu muncul karena kamu menderita anemia, maka, asupan yang paling penting untuk tubuhmu adalah zat besi. Selain menghilangkan lingkaran hitam tersebut, zat besi juga akan membuat kesehatan tubuhmu meningkat.

Baca juga: 6 Tanda Tubuhmu Kekurangan Zat Besi

6. Vitamin K

Vitamin K yang diketahui dapat meningkatkan koagulasi dan sirkulasi darah, ketika dipadukan dengan kafein dalam emu oil, menunjukkan adanya pengurangan tampilan lingkaran hitam di bawah mata. Tidak hanya itu, vitamin K juga memberikan manfaat yang baik pada kesehatan tulang dan sistem kardiovaskularmu, loh!

7. Vitamin C

Vitamin C dalam hal ini berfungsi meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen. Ia juga mengurangi photo-damage, yang sangat penting ketika kamu memiliki lingkaran hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Tentunya, kamu perlu mengonsumsi asupan beberapa makanan dan suplemen yang kamu pilih dari ulasan di atas ini secara teratur, ya Ladies. Agar hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Semoga berhasil!

 

 

Sumber: Byrdie

Comments

Loading...