OUR NETWORK

Kurangi Kram dan Kembung Saat Menstruasi dengan Konsumsi 7 Makanan Terbaik Ini

Kurangi Kram dan Kembung Saat Menstruasi dengan Konsumsi 7 Makanan Terbaik Ini
Foto: hellosehat.com

Setiap bulannya, perempuan akan melalui masa di mana, ia akan kedatangan tamu tak diundang yang membawa hadiah menyakitkan yang membuat bawah perutnya kram, kembung hingga seluruh tubuhnya kelelahan. Mengurung diri di kamar sambil berbaring dibalut selimut sering kali menjadi pilihan para perempuan untuk menghadapi rasa sakit ini tanpa tahu cara menguranginya. Meski telah terjadi setiap bulan, rasa sakit yang dirasakan setiap bulan itu tidak akan berubah menjadi hal yang nyaman, bukan?

Untuk mengurangi rasa sakitnya, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Namun, Ladies, dibandingkan mengonsumsi bahan kimia, ada cara lain yang lebih aman bagi tubuh, loh! Yup, dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Untuk itu, dilansir dari All Women’s Talk terdapat tujuh rekomendasi makanan terbaik yang dapat memperlancar dan mengurangi rasa sakit yang muncul saat menstruasi hingga membuat tubuhmu lebih baik, loh! Penasaran, kan? Cek, yuk!

Baca juga: Alami Heavy Periods Saat Menstruasi, Normal atau Tidak?

1. Air mineral

Kurangi Kram dan Kembung Saat Menstruasi dengan Konsumsi 7 Makanan Terbaik Ini
Foto: brunswickmineralsprings.com

Kebanyakan perempuan lupa bahwa saat menstruasi, tubuh mereka kehilangan lebih banyak cairan dari biasanya. Sementara bagi mereka yang sadar, mengingat tubuhnya yang semakin lemas, mereka cenderung memilih minuman-minuman yang menyegarkan tubuh mereka, seperti soda atau kafein. Padahal, hal ini justru harus dihindari, Ladies. Minuman soda atau kopi yang mengandung kafein justru dapat meningkatkan kram otot, yang tentunya berdampak pada meningkatnya rasa sakit yang dialami tubuh. Untuk itu, sebaiknya ketika menstruasi hindari berbagai minum racikan, dan beralih pada air mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau sangat baik untuk dikonsumsi saat menstruasi karena ia kaya akan nutrisi zat besi yang dibutuhkan tubuh ketika tengah menstruasi. Untuk itu sayuran hijau sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat datang bulan. Akan tetapi, meski memberi manfaat baik jangan berlebihan mengonsumsinya, ya. Karena, jika memakan terlalu banyak sayuran hijau, manfaat baik akan beralih menjadi buruk dan malah membuat perut menjadi kembung.

3. Polong-polongan

Kacang, seperti sayuran hijau, merupakan sumber terbaik zat besi dan cara mudah untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Seperti sayuran hijau, mereka harus dikonsumsi dalam kadar yang tepat. Pasalnya, konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

4. Ikan

Kurangi Kram dan Kembung Saat Menstruasi dengan Konsumsi 7 Makanan Terbaik Ini
Foto: bbcgoodfood.com

Dari berbagai ikan yang ada, salmon dan tuna merupakan dua ikan yang sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan, kedua ikan ini kaya akan Omega 3 dan asam lemak lain yang bagus untuk merelaksasi otot pada tubuhmu, yang dapat mengurangi kram luar biasa menyakitkan yang tengah kamu alami. Dua ikan ini dapat kamu nikmati lewat sajian sushi atau masakan rumah lainnya.

5. Pisang

Salah satu sumber utama kalium ialah pisang. Buah berwarna kuning atau hijau ini juga kaya akan vitamin B6 dan vitamin lainnya yang mempengaruhi glukosa darah dan membantu meningkatkan suasana hati. Selain itu, pisang juga dapat membantu mengatur usus, sehingga para perempuan terhindari dari diare yang sering kali dialami saat menstruasi.

Baca juga: 5 DIY Hair Mask dari Pisang untuk Rambut Kusam dan Kering

6. Daging Merah

Zat besi yang dibutuhkan tubuh ketika menstruasi juga dapat kamu temukan pada sepotong daging merah tanpa lemak. Dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak bersama salad dan kacang-kacangan, kebutuhan kadar besi pada tubuhmu akan segera terpenuhi dan membuat tubuh membaik dalam waktu singkat.

7. Chocolate

Kurangi Kram dan Kembung Saat Menstruasi dengan Konsumsi 7 Makanan Terbaik Ini
Foto: eatthis.com

Meski masi dalam perdebatan karena kandungan kafein dan gula di dalamnya, tak dapat dipungkiri coklat juga kaya akan magnesium yang dibutuhkan tubuh saat menstruasi. Untuk menghindari kandungan gulanya, maka, pilihlah dark choco yang paling gelap. Menurut penelitian, dark choco dapat melepaskan serotonin, yang akan membuat tubuh dapat bergerak dengan baik. Akan tetapi, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan perut kembung.

Makanan-makanan di atas cukup mudah dicari, bukan? So, dengan memasukkan bahan makanan ini pada rutinitas dietmu, kamu tidak perlu khawatir lagi harus menghadapi penderitaan tak tertahankan setiap bulannya. Selamat mencoba, Ladies.

Sumber: Allwomenstalk

Comments

Loading...