5 Tanda Pola Dietmu Harus Diubah

Diet tidak hanya perihal menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pola diet yang dijalani. Ada banyak rekomendasi pola diet yang bisa kamu lakukan, tapi tidak semua pola tersebut dapat bekerja pada tubuhmu, loh! Selain itu, satu pola diet yang awalnya bekerja pada tubuhmu, bisa jadi lama kelamaan menjadi tidak efektif, bahkan memberikan efek yang merugikan bagi tubuh hingga kekurangan nutrisi. Bila ini terjadi, satu-satunya yang perlu kamu lakukan ialah mengganti pola dietmu, Ladies. Well, untuk mengetahui lebih pasti, berikut ini ada beberapa tanda dilansir dari Allwomenstalk yang bisa menjadi pengingat untuk mengganti pola dietmu, Ladies.

Kadar gula darah pada tubuh tidak seimbang

Salah satu tanda kamu perlu mengganti pola dietmu ialah bila kadar gula darah pada tubuh menjadi tidak stabil. Hal ini terlihat saat kamu merasa kelaparan tepat satu atau dua jam setelah kamu menyantap sarapan. Jika ini terjadi, kamu perlu mengganti sarapan yang kamu konsumsi, Ladies. Kamu juga perlu mengutamakan kandungan protein pada menu makan siang, serta cemilan yang akan kamu santap. Tak lupa, pilih yang rendah glisemik juga, ya.

Bebas lemak

Diet bebas lemak pada awalnya dapat membantu menurunkan berat badan beberapa kilogram, namun, hal ini tidak berlaku dalam jangka waktu panjang. Makanan yang bebas lemak justru dapat membuat gula darah dalam tubuh menjadi rendah. Kekurangan lemak juga dapat menurunkan metabolisme, sehingga tubuh cenderung menyimpan lebih banyak lemak dibandingkan karbohidrat. Saat kamu mengonsumsi makanan berlemak dengan porsi yang cukup, lemak yang masuk ke dalam tubuh tidak akan tersimpan untuk dibakar, melainkan menjadikan lemak tersebut bahan bakarnya. Tapi, pastikan kamu mengonsumsi lemak yang sehat, ya Ladies, bukan lemak jenuh.

Foto: wellwomennetwork.com

Tubuh mudah lelah

Bila kamu merasa lelah sepanjang hari tidak peduli sebanyak apapun kamu tidur, maka, sumber masalahnya bisa jadi adalah pola dietmu. Wajar bila tubuh terasa sedikit lemas dan lelah ketika memulai diet. Hal ini dikarenakan tubuhmu tengah mendetoksifikasi dari lemak dan gula, serta makanan olahan dan cepat saji tidak sehat yang biasa kamu makan. Tapi beda halnya jika rasa lelah ini kamu rasakan hingga sebulan, bahkan lebih. Bila ini telah terjadi, maka, kamu perlu mengganti pola dietmu. Pastikan makanan yang kamu santap cukup nutrisi mulai dari protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan rendah glisemik, lemak sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, serta karbohidrat sehat dari umbi-umbian dan biji-bijian bebas gluten. Tidak hanya memberi nutrisi, berbagai makanan ini juga dapat membuat tubuhmu berenergi dalam waktu yang lama.

Baca juga: Penyebab Bau Mulut, Mulai dari Dehidrasi Sampai Efek Samping Diet!

Bergantung pada konsumsi makanan diet olahan

Diet bukan ditujukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Apalagi dengan cara mengonsumsi sembarang produk berlabel diet. Ladies, perlu diketahui produk seperti diet bars dan shakes bukanlah cara diet yang baik untuk tubuhmu, loh! Makanan tersebut justru dipenuhi dengan pemanis buatan, karbohidrat dan lemak tidak sehat, serta vitamin sintetik. Alih-alih menurunkan berat badan, bahan-bahan tersebut justru membuat berat badan bertambah, mendorong tubuh mengidam makanan, dan memberikan nutrisi yang buruk pada tubuh secara keseluruhan. So, daripada memperoleh dampak buruk dari makanan yang diproses, lebih baik mengonsumsi makanan segar pada pola dietmu.

Menyebabkan moody

Diet ditujukan untuk membuatmu senang, tapi ketika diet justru membuatmu murung atau moody, bahkan membuatmu merasa bukan menjadi diri sendiri, untuk apa dijalani? Banyak diet yang kemudian membuat gula darah dalam tubuh menjadi rendah, adapula yang justru membuatmu jatuh sakit, emosional, hingga murung. Bila ini terjadi, beri waktu pada tubuh dan mentalmu untuk rehat sambil mengamati polanya. Apakah disebabkan kamu kurang makan, atau justru terlalu banyak, atau kandungan karbohidrat pada asupanmu terlalu banyak sehingga membuat insulin tubuh melonjak, atau lainnya. Selagi kamu mencari faktor penyebabnya, cara terbaik untuk mencegah kondisimu memburuk ialah dengan memastikan menu dietmu kaya akan protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Jaga pula kadar gula darah tetap seimbang untuk mencegah moody pada diri muncul.

Nah, bila satu atau beberapa tanda di atas terjadi pada dirimu, segera ganti pola diet yang sedang kamu jalani, Ladies. It’s ok, untuk berganti dan mencoba pola diet lain, selama itu tetap membuat tubuhmu sehat. Jangan malah membuatmu sakit. So, semangat menjalaninya, ya Ladies, demi hasil yang kamu dambakan.

 

Sumber: All Women’s Talk

Must Read

Related Articles