OUR NETWORK

Kenali Lebih Dalam Rosemary, Si Holy Grail Penenang Jerawat, Yuk!

Kenali Lebih Dalam Rosemary, Si Holy Grail Penenang Jerawat, Yuk!
Foto: treehugger.com

Ladies, jika kamu perhatikan baik-baik komposisi produk skincare-mu kini, kamu akan menemukan bahwa ternyata sebagian besar di antaranya memiliki bahan yang sama, yakni rosemary. Bahan yang akrab sebagai penyempurna masakan ini ternyata memiliki kandungan yang sangat baik dan mendukung perawatan kulit juga, loh!

Menurut nutritional therapist di Pulse Clinic, Lisa Borg, ekstrak daun rosemary memiliki berbagai fungsi baik yang tak kalah dari bahan lain. Salah satunya sifat antioksidan yang cukup tinggi, yang dalam ORAC rating terhitung sebesar 11.070 dan berada di tingkat yang sama dengan Goji berries. Tak hanya itu, Medical Director dan pendiri Berkshire Aesthetics, Selena Langdon, mengatakan, rosemary juga memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, dan antijamur.

Ketika digunakan pada permasalahan kulit tertentu, rosemary juga dinilai dapat menjadi sebagai salah satu holy grail yang sangat bisa diandalkan.

Termasuk oleh pendiri Illuminate Clinic, Sophie Shotter. Pasalnya, kandungan asam rosmarinic dalam ekstrak daun rosemary ditemukan memiliki efek menenangkan yang sangat kuat pada kulit. Dengan kata lain, ia sangat berguna untuk merawat kulit dalam berbagai kondisi, termasuk eksim yang parah (serta psoriasis dan dermatitis), serta alergi kulit.

Senada dengan Shotter, berangkat dari 3 sifat yang terkandung dalam rosemary dinilainya sangat cocok untuk melawan permasalahan jerawat pada kulit. “Ekstrak seluruh tumbuhan (rosemary) telah terbukti tidak hanya mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat, tetapi juga secara langsung melawan bakteri penyebab jerawat,” ungkapnya.

Pada sifat anti-inflamasinya, rosemary dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kulit serta membantu menyembuhkan luka bakar dan menenangkan kulit. Sementara pada sifat antioksidannya, ia dapat memperkuat kapiler darah, membantu mengurangi tanda-tanda penuaan melalui pengencangan kulit agar tampak awet muda, serta merangsang aktivitas biologis dan pertumbuhan sel untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Dengan berbagai kelebihannya ini, tentunya menarik untuk memasukkan rosemary sebagai holy grail lainnya untuk melengkapi rutinitas perawatan kulitmu. Namun, hal yang perlu kamu perhatikan lainnya sebelum memutuskan memasukkan produk dengan rosemary sebagai bahan utama ialah jenis rosemary yang akan kamu kenakan.

Kenali Lebih Dalam Rosemary, Si Holy Grail Penenang Jerawat, Yuk!
Foto: oilextech.com

Pasalnya, tidak semua orang ternyata cocok dengan rosemary dalam jenis tertentu. Menurut Shotter, ekstrak daun rosemary tidak sama dengan minyak rosemary, yang mengandung komponen wewangian dengan konsentrasi tinggi. Komponen yang dikenal dapat menyebabkan iritasi signifikan pada kulit. So, rosemary dengan jenis minyak tidak disarankan untuk digunakan oleh para pemilik kulit sensitif.

Sebaliknya, jenis ekstrak rosemary dinilai lebih cocok untuk sebagian besar jenis kulit.

Meski ia tetap memiliki komponen aromatic, namun, konsentrasinya tidak sebesar yang ada di rosemary oil. Inilah yang membuatnya tetap aman digunakan ketika berada dalam beberapa skincare. Tapi, untuk berhati-hati, kamu yang memiliki sensitivitas kulit yang tinggi, disarankan untuk melakukan patch test dulu, ya. Caranya dengan mengaplikasikan sedikit produk pada area tertentu di kulitmu, lalu pantau selama 24 jam, sebelum menggunakan produk pada seluruh area yang kamu inginkan.

Di samping itu, ketika mengaplikasikannya pada kulitmu, kamu tidak perlu khawatir akan terjadi efek samping yang berlebihan. Pasalnya, sifat anti-inflamasi dari ekstrak daun rosemary tidak super aktif seperti retinol atau vitamin C, Ladies. So, tenang saja ketika mencobanya. Namun, akan lebih baik bila mencoba produk skincare yang sudah terjamin formulasinya oleh para ahli, ya, seperti beberapa produk terbaik pilihan yang dilansir dari Byrdie berikut ini yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Klur Gentle Matter Gentle Moisture Cleanser

Kenali Lebih Dalam Rosemary, Si Holy Grail Penenang Jerawat, Yuk!
Foto: cherie.com

Pembersih yang satu ini dikemas dengan bahan anti-inflamasi dan memiliki formula yang lembut serta tidak mengeluarkan busa. Meski begitu, kandungan di dalam produk senilai $22 atau setara dengan Rp323 ribu ini, mampu membersihkan kotoran, mengeksfoliasi kulit secara lembut, dan menenangkan sekaligus menyegarkan kulit setelah menggunakannya.

2. Fresh Rich Bitch Moisturizer

Pelembap yang satu ini memiliki paduan bahan yang cukup luar biasa untuk kulit. Bagaimana tidak, ekstrak daun rosemary pada pelembap ini dipadukan dengan rumput laut yang menenangkan, prickly pear seed oil, dan jojoba oil yang kaya omega. Formula yang sungguh bergizi untuk kulit sekaligus terasa ringan. Cukup mengaplikasikannya sedikit saja, kamu akan memperoleh manfaat yang besar. Tentunya, ini akan membantumu menghemat pengeluaran juga, hihi. Buat kamu yang tertarik untuk membelinya, kamu perlu merogoh kocekmu hingga $32 atau setara dengan Rp471 ribu.

3. Susanne Kaufmann Mineral Body Lotion

Dilengkapi dengan tujuh garam mineral, body lotion yang satu ini diformulasikan khusus untuk meningkatkan aliran limfatik dan metabolisme sel kulit. Kecepatan meresapnya yang luar biasa dan aroma khas spa yang menenangkan, membuatnya sangat nyaman ketika diaplikasikan. Dibandrol dengan harga senilai $138 atau setara dengan Rp2 juta, produk ini mampu membuat kulitmu menjadi lembut dan bercahaya.

4. iS Clinical Hydra-Intensive Cooling Masque

Kenali Lebih Dalam Rosemary, Si Holy Grail Penenang Jerawat, Yuk!
Foto: isclinical.com

Masker yang satu ini direkomendasikan oleh Dr. Langdon. Menurutnya, cooling mask yang memadukan daun rosemary bersama hyaluronic acid, aloe leaf oil, dan brightening resveratrol, sangat ideal untuk digunakan siapapun yang membutuhkan hidrasi atau yang telah melakukan perawatan laser. Produk ini dibandrol dengan harga senilai $85 atau setara dengan Rp1,2 juta.

5. Shea Radiance African Black Soap Body Wash

Berbeda dengan produk lainnya, pada sabun bernutrisi ini terkandung rosemary oil dalam jumlah yang sedikit. Sehingga tidak memberikan efek iritasi pada kulit. Kehadirannya pun hanya digunakan untuk menambah aroma karena pada dasarnya sabun hitam yang satu ini lebih fokus menawarkan manfaat dari pelembab shea butter dan coconut oil. Buat kamu yang ingin mencobanya, produk ini dibandrol dengan harga senilai $17 atau setara dengan Rp250 ribu.

Baca juga: Face Oil Terbaik untuk Acne-Prone Skin

6. Tower 28 Bronzino

Tidak hanya skincare, produk makeup juga melibatkan ekstrak rosemary pada formulanya seperti dilakukan pada bronzer yang satu ini. Dengan paduan ekstrak daun rosemary, mango butter, dan ekstrak teh hijau yang menenangkan, membuat bronzer ini sangat lembut dan mudah di-blend. Tak berhenti sampai di situ, ketiga bahan utama dalam bronzer ini juga membuat produk ini sekaligus memberikan manfaat baik pada kulit ketika mengaplikasikannya. Wow, kemampuan multifungsi yang menyenangkan, ya! Nah, buat kamu yang tertarik untuk mencobanya nih, kamu hanya perlu merogoh kocek senilai $20 atau setara dengan Rp294 ribu, loh.

7. Zein Obagi Daily Sheer Broad-Spectrum Sunscreen SPF 50

Rekomendasi lainnya dari Dr. Langdon ialah sunscreen yang mampu melindungi kulit dari sinar UV sekaligus blue light berikut ini. Hal ini dikarenakan, formula di dalamnya melibatkan paduan berbagai bahan antioksidan dan anti-inflamasi, termasuk diantaranya ekstrak daun rosemary. Produk ini dibandrol senilai $47 atau setara dengan Rp692 ribu.

Nah, setelah mengenal lebih dalam mengenai ekstrak daun rosemary, rosemary oil, dan produk-produk yang melibatkan bahan ini, apakah kamu sudah mulai mempertimbangkan memasukkan rosemary dalam rutinitas skincare dan makeup-mu, Ladies? Jika ya, yuk bagi pengalamanmu nanti di kolom komentar. Selamat mencoba, Ladies.

 

Sumber: Byrdie

Comments

Loading...