Kehabisan Hand Sanitizer, Yuk Bikin DIY-nya Berdasarkan Resep Para Ahli!

Kepanikan luar biasa dari penyebaran virus corona ke seluruh belahan dunia menyebabkan masyarakat membeli beragam kebutuhan pokok secara berlebihan. Ada yang memang sebagai persiapan untuk karantina diri, tapi ada juga yang sengaja menimbun. Jangan dicontoh ya, Ladies. Beberapa item yang laris manis mulai dari air, kertas toilet, dan makanan yang tidak mudah busuk.

Barang lain yang menjadi incaran dan dengan cepat habis ialah hand sanitizer. Tidak hanya di toko offline, toko online pun mengalami kesulitan mengisi stock ketika barang telah terjual habis. Mengingat, peran hand sanitizer yang penting dalam pencegahan penularan virus corona karena praktis untuk membersihkan tangan. Jika kamu tidak berhasil memperolehnya, ada baiknya untuk membuatnya sendiri, bukan?

Sebelum kamu membuatnya, ada satu hal yang perlu kamu ingat ialah hand sanitizer tidak dibuat hanya dengan bahan dasar alkohol, Ladies. Tapi lebih rumit dari itu.

Nah, dilansir dari Popular Mechanics, para ahli berbagi tips yang bisa kamu terapkan nih. Dengan bahan-bahan yang mungkin telah kamu miliki di rumah. Tentunya disesuaikan juga dengan perlindungan diri yang dibutuhkan, Ladies.

Kehabisan Hand Sanitizer, Yuk Bikin DIY-nya Berdasarkan Resep Para Ahli!
Foto: cleaninginstitute.org

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dan menerapkannya sepanjang proses pembuatan ialah menjaga keadaan tanganmu tetap bersih. Dalam hal ini, kamu perlu mencucinya dengan sabun dan air. Minimal selama 20 detik sesuai pedoman mencuci tangan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) ya, Ladies.

Setelah itu, Spesialis Penyakit Menular dan Profesor Kedokteran Klinis di Universitas Cincinnati, Carl Fichtenbaum mengatakan, kamu perlu memperhatikan ukuran bahan-bahan yang kamu gunakan. Takar dengan tepat agar produk bisa berfungsi, jika tidak, produk buatanmu justru malah memberikan dampak buruk pada tubuh.

“Jika kamu membuat sanitizer dengan kandungan isopropyl alcohol atau ethanol–60 persen atau lebih–maka itu kemungkinan akan bekerja dengan baik,” saran Fichtenbaum.

Senada dengan Fichtenbaum, cosmetic chemist, Perry Romanowski, menyatakan, komponen kunci pembersih tangan ialah etanol dan isopropanol. Ia menambahkan, biasanya alkohol ini menebal ketika dicampurkan dengan beberapa jenis polimer akrilik, seperti Carbomer (sekelompok polimer yang terbuat dari asam akrilik). Untuk itu, ia menyarankan untuk menggantinya dengan gel lidah buaya.

Kehabisan Hand Sanitizer, Yuk Bikin DIY-nya Berdasarkan Resep Para Ahli!
Foto: halodoc.com

Jadi, bahan-bahan yang perlu kamu siapkan ialah:

  • 2/3 cangkir 99% rubbing alcohol
  • 1/3 cangkir aloe vera gel

Sementara alatnya ialah:

  • 1 mixing bowl
  • 1 alat pencampur
  • Corong bersih
  • Botol dengan pump yang telah dicuci dan dikeringkan

Nah, bila sudah terkumpul semua bahan dan alatnya, cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan-bahan tadi ke dalam botol bersih yang telah kamu siapkan. Pastikan botol tertutup dengan lekat. Tak lupa, pastikan kandungan alkohol di dalamnya setidaknya sebesar 60 persen, agar dapat bekerja secara efektif.

Bagaimana? Mudah, bukan cara membuatnya? Tapi, ada satu hal lagi yang perlu kamu ingat menurut Romanowski, Ladies. Hand sanitizer hanyalah pengganti ketika mencuci tangan ketika kamu tengah berada di lokasi yang tidak memiliki sarana mencuci tangan dengan sabun. Tetap tindakan yang paling baik ialah mencuci tangan dengan sabun dan air untuk membersihkan tangan secara sempurna.

“Pembersih tangan tidak membunuh semua virus. Sabun dan air menghilangkannya dari tanganmu. Jadi, jangan gunakan pembersih tangan untuk menggantikan cuci tangan. Jika memungkinkan, selalu pilih untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik,” jelasnya.

Ladies, sudah mencoba DIY hand sanitizer serupa?

 

 

Sumber: Popular Mechanics

Must Read

Related Articles