OUR NETWORK

Jerawat Hebat Saat Kehamilan? Simak Tips Dari Ahli Dermatologi Ini

Jerawat Hebat Saat Kehamilan? Simak Tips Dari Ahli Dermatologi Ini

Jerawat benar-benar bisa sangat menjengkelkan bagi seseorang ya, Ladies. Meskipun sudah melakukan berbagai treatment untuk menghilangkannya, tetap saja kembali jika tak dilakukan secara rutin. Terlebih lagi pada masa kehamilan yang diperintahkan untuk menghentikan segala perawatan, jerawat seringkali jadi momok yang sangat menakutkan. Jika dibiarkan malah akan membuat penampilan makin berantakan, tapi apakah boleh saat hamil melakukan pengobatan untuk jerawat?

Apa Penyebab Munculnya Jerawat Saat Masa Kehamilan?

Jerawat Hebat Saat Kehamilan? Simak Tips Dari Ahli Dermatologi Ini
Foto: ayushology.com

Sebelum membahas treatment, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa sih penyebab wanita hamil sangat rentan dengan jerawat. Dr. Rupert Critchley, GP dan pendiri dari Viva Skin Clinics menyebutkan jika penyebab utama jerawat itu sendiri adalah fluktuasi hormon, karena akan ada peningkatan androgen, terutama pada trimester pertama dan kedua selama kehamilan.

Sementara itu, Dr. Adan Friedmann dari The Harley Street Dermatology Clinic menyebutkan jika kenaikan hormon androgen itu bisa merangsang kulit untuk menghasilkan lebih banyak sebum, menyumbat folikel dan juga bisa menyebabkan jerawat. Dr. Friedmann juga menyebutkan jika para wanita yang berhenti mengonsumsi pil KB sebelum hamil juga menjadi pemicu munculnya jerawat berlebih.

Apakah Jerawat Bisa Dicegah?

Dr. Critchley menyebutkan jika jerawat saat kehamilan ini sayangnya tidak bisa dicegah, tapi untungnya akan berangsur-angsur hilang setelah hormon jadi stabil. Tapi ada beberapa hal yang bisa untuk meminimalisir munculnya jerawat saat hamil. Menurut Dr. Critchley, produk-produk berbahan benzoil peroksida seperti halnya Dermalogica Special Clearing Booster bisa digunakan untuk melawan jerawat.

Dr. Friedmann menambahkan jika penggunaan anti-bakteri dan peroksida ini cukup ampuh untuk jerawat yang parah. Tapi sekali lagi karena kondisi setiap orang berbeda-beda dan belum cukup penelitian apakah sangat aman digunakan, ia menyarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan.

Sementara itu untuk perawatan harian kulit saat hamil, usahakan untuk melakukan pembersihan wajah dua kali sehari dengan menggunakan krim noncomedogenik. Beberapa orang juga disarankan untuk menghindari produk-produk berbasis minyak, termasuk juga dengan makeup. Supaya makin aman, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari.

Sumber: Pop Sugar, Foto cover: momjunction.com

Comments

Loading...