OUR NETWORK

Berbagai Pilihan Metode untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Foto: express.co.uk

Gangguan akibat jerawat bukan hanya saat jerawat tersebut muncul, tetapi juga saat jerawat tersebut sudah kempes. Duh, malesin banget kan. Apalagi, bekas jerawat biasanya lama mendekam di wajah dan sulit dihilangkan. Namun, jangan khawatir, sudah tersedia loh beberapa metode untuk menghilangkan bekas jerawat atau memudarkannya. Ladies dapat memilihnya sesuai dengan selera dan tentu saja budgeting Ladies. ?

1. Gunakan krim wajah sesuai dengan jenis jerawat.

Foto: express.co.uk
Foto: express.co.uk

Apabila bekas jerawat menjadi bengkak dan berwarna merah, Ladies dapat mengatasinya dengan krim kortison atau steroid. Krim ini akan memiliki efek antibengkak apabila telah diserap oleh kulit. Namun apabila bekas jerawat Ladies cenderung berwarna gelap atau kehitaman, oleskan krim berbahan asam kojic, arbutin, atau vitamin C.

2. Perawatan dengan laser dan filler injection.

Foto: express.co.uk
Foto: drnumb.com

Dermatolog biasanya menggunakan teknologi laser fractional untuk merangsang pembentukan kolagen kulit. Ada dua jenis perawatan laser, yaitu ablatif dan nonablatif. Perawatan laser ablatif adalah teknik penembakan laser pada bekas jerawat untuk membuat perukaan kulit lebih halus. Sementara laser nonablatif hanya membantu aktivasi produksi kolagen tanpa menggangu permukaan kulit. Teknik lain adalah filler injection yang berfungsi mengisi kawah bekas jerawat yang dalam. Namun teknik filler injection biasanya membutuhkan beberapa kali pengulangan.

3. Pengangkatan lapisan kulit dengan dermabrasion.

Foto: express.co.uk
Foto: healthyskinjournals.com

Dermabasion adalah prosedur pengangkatan lapisan paling atas dari kulit dengan menggunakaan sikat kawat khusus ataupun laser. Prosedur ini akan membuat wajah menjadi merah dan bengkak selama beberapa waktu. Akan tetapi tenang saja Ladies, efek merah dan bengkak ini tidak bertahan lama kok.

4. Punch Techniques.

Teknik punch techniques disebut-sebut sebagai teknik yang paling tepat untuk mengatasi jerawat jenis ice pick dan boxcar.

Ice pick

Foto: express.co.uk
Foto: myawesomebeauty.com

Box car

Foto: express.co.uk
Foto: myawesomebeauty.com
  1. Untuk bekas jerawat ice pick ringan, teknik punch excision dapat digunakan untuk mengangkat bekas jerawat dan menutup lukanya sehingga akan tumbuh kulit baru yang lebih halus dan rata.
  2. Untuk bekas jerawat ice pick yang dalam, dapat digunakan teknik punch grafting. Teknik ini berfungsi mengangkat bekas jerawat, kemudian mengisi kawah bekas jerawat dengan potongan kulit yang diambil dari bagian tubuh lain, seperti bagian belakang telinga.
  3. Untuk mengatasi jerawat boxcar, dapat digunakan teknik punch elevation. Teknik ini dilakukan dengan membedah dasar bekas jerawat kemudian menyisakan sisi-sisinya, setelah itu bagian dasar disatukan dengan bagian sisi, tetapi diangkat sedikit sehingga sejajar dnegan kulit wajah secara keseluruhan.,

5. Mengangkat lapisan kulit atas dan jaringan bawah dengan teknik subcision.

Foto: express.co.uk
Foto: myawesomebeauty.com

Teknik subsicion merupakan teknik yang paling tepat untuk menghilangkan bekas jerawat jenis rolling. Teknik ini akan mengangkat lapisan kulit teratas dari jaringan bawah bekas jerawat sehingga menimbulkan luka dan membuat darah memenuhi area tersebut. Gumpalan darah tersebut kemudian akan membentuk jaringan ikat dan membantu mendorong bekas luka. Kondisi tersebut membuat permukaan wajah menjadi lebih rata. Subcision biasanya diikuti dengan perawatan lain seperti dermabrasi dan perawatan laser.

Comments

Loading...