OUR NETWORK

Jenis Teh yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan

Jenis Teh yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan
Foto: goalcast.com

Segelas teh memang sangat enak diminum saat pagi ataupun sore hari. Membuat badan jadi hangat dan nyaman. Sudah rahasia umum jika teh sangat ampuh untuk membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar. Bahkan beberapa jenis tanaman yang dijadikan teh bisa mengurangi konstipasi, gangguan pencernaan, dan lain-lain. Nah, buat kamu yang ingin melancarkan pencernaan berikut ini ada 5 jenis tehnya.

Baca juga: Efek Buruk dari Mengonsumsi Es Teh Secara Berlebihan

Teh dari Jahe

Jenis Teh yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan
Foto: verywellfit.com

Jahe selama ini dikenal menjadi salah satu tanaman yang ampuh untuk mengatasi mabuk perjalanan. Selain itu juga bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan di dalamnya yang bernama gingerols dan shogaols dapat menstimulasi perut. Kandungan tersebut juga ampuh untuk mengobati yang namanya lelah, cramping akibat PMS, perut kembung, dan gangguan pencernaan.

Teh dari Daun Peppermint

Jenis Teh yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan
Foto: tasteofhome.com

Selanjutnya adalah teh yang terbuat dari daun mint mudah ditemukan. Ada kandungan bernama menthol yang digadang-gadang meningkatkan sistem pencernaan. Teh ini memiliki fungsi yang cukup sama dengan peppermint oil. Untuk membuat satu gelas, ambil 7 sampai 10 daun segar atau 1 peppermint bag dalam satu cangkir. Minum secara teratur dan dapatkan manfaatnya.

Teh dari Bunga Dandelion

Jenis Teh yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan
Foto: organicfact.com

Tidak hanya cantik, bunga dandelion juga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh lho. Dandelion sendiri datang dari keluarga Taraxacum. Sebuah penelitian menyebutkan jika ekstrak dandelion memiliki kandungan yang akan melancarkan pencernaan dengan cara merangsang kontraksi otot dan meningkatkan aliran makanan dari perut ke usus kecil. Kamu bisa membuat teh dari ekstrak dandelion ataupun bunganya secara langsung ya.

Teh Hijau

Jenis Teh yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan
Foto: hellosehat.com

Teh hijau memang enak. Selain memiliki rasa yang enak di lidah, green tea juga bagus untuk pencernaan. Ada sebuah kandungan di dalamnya yang bernama EGCG yang mampu meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi kram perut saat PMS. Tidak berhenti di situ saja, green tea alias teh hijau juga ampuh menjadi salah satu asupan untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Teh Hijau

Teh Chamomile

Jenis Teh yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan
Foto: healthline.com 

Rekomendasi selanjutnya adalah chamomile tea yang selama ini disarankan sebagai minuman sebelum tidur. Kandungan baik di dalamnya mampu meningkatkan kualitas tidur dan memberikan efek relaksasi pada peminumnya. Kandungan di dalamnya juga menghambat produksi pepsin sebuah enzim pencernaan yang dikaitkan dengan acid reflux. Masalah muncul saat terlalu banyak pepsin yang diproduksi. Chamomile tea ini mampu “menjinakkan” enzim pencernaan ini untuk mengurangi gejalanya.

Buat kamu yang selama ini kurang suka dengan obat-obatan dengan bahan kimia yang banyak, ada ragam teh untuk melancarkan pencernaan ya. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: cupandleaf.com, healthline

Comments

Loading...