OUR NETWORK

Efek Buruk dari Mengonsumsi Es Teh Secara Berlebihan

Kerap Mengonsumsi Es Teh Secara Berlebihan, Empat Hal Buruk Ini Akan Mengintaimu-a

Saat cuaca sedang panas-panasnya, segelas es teh memang sangat membantu ya, Ladies. Melepaskan dahaga dengan cara yang sangat enak dan bikin ketagihan. Segelas, dua gelas es teh tidak masalah ya, Ladies. Namun beda halnya jika kamu mengonsumsi es teh secara membabi buta dalam jumlah yang banyak sekaligus. Hal tersebut akan mengancam kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa efek buruk dari mengonsumsi es teh secara berlebihan.

Menambah Dehidrasi

Kerap Mengonsumsi Es Teh Secara Berlebihan, Empat Hal Buruk Ini Akan Mengintaimu-a
Foto: womansday.com

Dalam sementara waktu, teh akan membuat rasa haus hilang. Namun beberapa waktu selanjutnya, kafein yang terdapat di dalam teh akan membuatmu merasakan mudah dehidrasi. Itu adalah dampak mengonsumsi kafein secara bertahap, dan sering merasa haus merupakan efek sampingnya. Jadi jika kamu merasa gampang sekali haus, coba periksa kembali apakah kamu terlalu banyak mengonsumsi es teh ataupun juga kopi. Setelah itu tentunya kamu harus mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih secukupnya.

Obesitas

Perlu diketahui, teh memang sehat Ladies. Namun, penambahan gula ataupun pemanis buatan di dalamnya bisa memengaruhi kondisi tubuh. Es teh manis ekstra gula bisa menyumbang bertambahnya berat badan dan membuat tubuh jadi makin gemuk. Untuk alternatif yang lebih sehat, kamu bisa memilih teh hijau dan campur dengan sedikit gula.

Baca juga: 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Teh Hijau

Diabetes

Kerap Mengonsumsi Es Teh Secara Berlebihan, Empat Hal Buruk Ini Akan Mengintaimu-a
Foto: medicalnewstoday.com

Hal utama yang mengintai ketika kamu kerap mengonsumsi es teh adalah penyakit diabetes. Jika gemar mengonsumsi es teh, ada baiknya untuk mengurangi gula di dalamnya ataupun tanpa gula sekalian. Boleh mengonsumsi es teh, asal dalam batas yang wajar saja. Jangan terlalu banyak mencampurkan banyak gula ataupun susu ke dalamnya. Kamu juga bisa memilih alternatif pemanis selain gula.

Sebenarnya untuk mencegah dan menjaga diri dari ancaman diabetes, bukan hanya gula yang perlu kamu hindari. Mengutip dari penjelasan dr. Budiman Darmodijojo, Sp.PD kepada Kompas.com, yang harus dibatasi adalah total kalori. “Karena sebagian besar yang kita makan untuk dijadikan energi dan akan diubah menjadi glukosa.” Apalagi jika sudah benar-benar menderita diabetes, bakalan lebih menderita lagi karena benar-benar harus memangkas asupan makanan manis, Ladies.

Baca juga: Lagi Mengurangi Konsumsi Gula? Cek Alternatif Pengganti Gula Ini!

Penyakit Kardiovaskular

Mengonsumsi teh secara berlebihan, hal tersebut juga berarti akan memasukkan kafein dalam jumlah besar ke dalam tubuh. Ini bisa memberikan efek negatif pada sistem kardiovaskular. Dr. Suzanne Steinbaum menyebutkan, semua teh mengandung kafein yang tidak bagus jika kamu memiliki tekanan darah tinggi atau denyut jantung yang cepat. Dan teh akan memperburuk keadaan, Dr. John Dya menyebutkan stimulant berupa teh tersebut akan memicu aritmia jantung. Dan itu berbahaya untuk kesehatan.

Maka dari itulah Ladies, sangat perlu diingat untuk mengonsumsi es teh secara cukup dan jangan berlebihan. Apalagi minum es teh manis sambil makan yang manis ditemani sama yang manis. Wah… bahaya…

Sumber: halosehat, tribunnews, Foto cover: medicalnewstoday.com

Comments

Loading...