OUR NETWORK

Jangan Beli Produk Anti-aging Tanpa Kandungan 4 Bahan Ini

Jangan Beli Produk Anti-aging Tanpa Kandungan 4 Bahan Ini

Di industri kecantikan, rangkaian perawatan anti-aging adalah rangkaian yang paling diminati. Sudah bukan rahasia lagi bahwa para wanita rela mencoba berbagai lotion, cream, serum, toner, dan masker demi mendapatkan kulit yang tampak kencang, berseri, dan glowing. Brand kecantikan pun memfasilitasi kebutuhan konsumennya dengan menyediakan beragam rangkaian antipenuaan dengan berbagai jenis bahan. Namun, apa sih sesungguhnya yang Ladies butuhkan dari produk antipenuaan? Ingin tahu? Yuk simak penjelasan Dr. Anisha Patel, asisten profesor dermatologi di University of Texas, setidaknya ada 5 bahan yang wajib hukumnya terkandung dalam rangkaian antipenuaan yang Ladies gunakan.

1. SPF tinggi

Menurut Doktor Anisha, satu elemen penting dalam produk antipenuaan adalah perlindungan dari sinar matahari. Apabila UVA dan UVB sudah menimbulkan kerusakan pada kulit, maka akan sulit untuk menyembuhkan dan menghilangkannya. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari adalah dengan mengoleskan SPF tinggi pada kulit, sekurang-kurangnya adalah SPF 30. Meskipun produk ber-SPF tinggi cenderung mahal, namun Doktor Anisha menegaskan bahwa perawatan kerusakan kulit akibat sinar matahari jauh lebih tinggi.

2. Non-comedogenic dan hypoallergenic

Tidak semua produk antipenuaan akan cocok di kulit setiap perempuan. Namun yang jelas, menurut Doktor Anisha, produk yang dilabeli non-comedogenic dan hypoallergenic cenderung memiliki kemungkinan kecil untuk menimbulkan breakout dan jerawat. Dua kandungan yang kerap menimbulkan reaksi alergi adalah parfum dan bahan-bahan botani, yang cukup mengejutkan karena produk berbahan dasar tanaman seringkali diyakini jauh lebih baik dan sehat. Doktor Anisha memperingatkan bahwa “Hanya karena sebuah produk dilabeli ‘all natural’, bukan berarti produk tersebut lebih baik dari produk lainnya.”

3. Retinol

Retinol adalah bahan luar biasa yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Tidak heran sih sebab kandungan turunan vitamin A ini dapat mengatur siklus perputaran kulit sehingga complexion kulit akan terlihat jauh lebih merata, pori-pori tampak kecil, garis halus tersamarkan, serta kulit jadi jauh lebih lembap. Akan tetapi retinol ini harus digunakan dengan hati-hati ya Ladies sebab biasanya akan menimbulkan iritasi pada awal pemakaian, juga menyebabkan kulit lebih sensitif pada matahari.

4. Antioksidan

Antioksidan terpercaya dapat membantu Ladies mendapatkan tampilan yang lebih muda dengan meningkatkan pergantian sel. Menurut Doktor Anisha, “Setiap kali kulit menderita kerusakan akibat sinar UV, DNA akan segera melancarkan mekanisme perbaikan kulit. Seiring bertambahnya usia, mekanisme perbaikan tersebut kehilangan efektivitasnya. Meskipun memiliki cara yang berbeda, tetapi antioksidan dapat menggantikan fungsi mekanisme DNA tersebut.”

Jadi, teliti dulu kandungan dari produk anti-aging yang akan kamu beli ya, Ladies.

Sumber: In Style, Foto cover: medichere.com

Comments