OUR NETWORK

Mencegah Jerawat dengan Olahraga, Begini Caranya

Mencegah Jerawat dengan Olahraga, Begini Caranya

Selama ini, olahraga dikenal sebagai salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Di mana, selain stamina tubuh semakin kuat, olahraga juga membuat tingkat stres dalam tubuh kita semakin berkurang.

Tapi, tak hanya itu, lho Ladies. Olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah munculnya jerawat pada kulit kita. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah olahraga, Ladies. Apa saja ya itu? Lihat, yuk!

Dikutip dari HelloGiggles, ahli kecantikan dan penemu Stacked Skincare, Kerry Benjamin, menyatakan bahwa jantung yang memompa saat berolahraga, memberikan kulit kamu dosis baik melalui oksigen dalam darah. Selain itu, kulit juga akan memproduksi lebih banyak minyak alami yang akan membantu kulit tampak lebih sehat dan lembab secara alami. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kulit kita setelah berolahraga tampak ekstra berkilau.

Baca juga: Berjerawat di Usia Dewasa? Atasi dengan Hal Berikut

Berjerawat di Usia Dewasa? Atasi dengan Hal Berikut

Keringat sangat bagus untuk membersihkan kulit, lho. Benjamin mengatakan, keringat ini berfungsi untuk membersihkan racun di dalam tubuh kita yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan noda. Jadi, dengan terus mengeluarkan keringat saat berolahraga, kamu telah membantu tubuhmu untuk mengeluarkan racun itu.

Foto: pexels.com

Olahraga Lari

Mengingat keringat dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Olahraga jenis ini sangat direkomendasikan untuk menjaga kulit tetap sehat, Ladies. Jangan hanya berjalan kaki, tapi berlari, agar keringat dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Jangan Gunakan Pakaian Ketat

Meski tampak keren dan juga praktis ketika olahraga dengan menggunakan legging dan atasan yang ketat ternyata hal itu tidak disarankan, lho. Benjamin menyatakan, justru bahan-bahan yang kedap air dan lembap membuat kulit tidak dapat bernapas dan dapat memerangkap minyak dan kulit mati di atas kulit kamu selama berjam-jam. Hal ini berpotensi menjadi bakteri dan racun untuk kulitmu. Jadi, walaupun ketat, pastikan pilih bahan yang memungkinkan kulitmu bernapas. Dan setelah berolahraga, sebaiknya ganti pakaianmu sesegera mungkin, ya Ladies.

Foto: pixabay.com

Jangan Gunakan Make Up Tebal

Ladies, saat kamu akan melakukan olahraga sebaiknya kamu tidak menggunakan makeup tebal, bahkan sebaiknya kamu menghapus riasanmu terlebih dahulu. Pasalnya, makeup yang masih menempel di wajah dapat mencegah keringat keluar dari pori-pori kamu yang kemudian akan menyebabkan timbulnya jerawat pada wajahmu. Jangan sampai, ya Ladies. Jadi, jika kamu berolahraga di indoor, usahakan wajahmu bersih tanpa makeup.

Di sisi lain, jika kamu akan berolahraga di luar rumah, cukup gunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Atau cream lain yang mengandung bahan perlit dan silica yang dapat membantu menyerap keringat.

Rutinitas Perawatan Kulit Pasca-Olahraga

Setelah kamu melakukan olahraga, segera bersihkan wajah dan tubuhmu dari semua keringat yang menempel. Pastikan kamu membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut untuk membunuh bakteri yang ada di wajahmu dan menenangkan kulit dari peradangan. Hindari pembersih kulit yang memberikan efek kering pada kulit wajahmu, ya Ladies. Karena hal itu justru akan menimbulkan dampak buruk seperti kemunculan jerawat.

Baca juga: Pertama Kali Olahraga, Ini Tips Berolahraga Untuk Para Pemula

Pertama Kali Olahraga, Ini Tips Berolahraga Untuk Para Pemula

Dengan begini, kamu tidak perlu memilih antara menjaga kulitmu tetap sehat atau berolahraga, bukan Ladies?

Sumber: hellogiggles.com, Foto cover: Pexels.com

Comments

Loading...