OUR NETWORK

Essential Oil Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Essential Oil Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi
Foto: pexels.com

Kram serta nyeri saat menstruasi memang nggak enak banget, Ladies. Apalagi kalau kamu harus merasakannya setiap bulan, pengen nangis aja nggak sih rasanya? Obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen pun sering dikonsumsi untuk meredakan nyeri haid tersebut. 

Tapi ada cara lain lagi nih Ladies yang cukup ampuh untuk meredakan kram saat menstruasi. Yakni dengan essential oil. Gimana ya cara essential oil meredakan kram saat menstruasi? Cek di bawah ini, Ladies!

1. Jenis essential oil apa yang dipilih saat menstruasi?

Kim Langdon, dokter Obgyn di Ohio mengatakan essential oil seperti sage, kayu manis, lavender, marjoram, dan rose memiliki manfaat meredakan nyeri atau kram. Therapist Alison Angold juga mengatakan bergamot, chamomile, clary sage, dan geranium adalah essential oil yang ia pakai untuk meredakan nyeri karena haid.

Essential Oil Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi
Foto: pexels.com

Angold mengatakan jenis essential oil tadi memiliki beberapa manfaat yakni analgesik (meredakan sakit), anti inflamasi, anti spasmodik (meredakan kejang otot), serta efek relaksasi secara menyeluruh.

Tiga essential oil yang direkomendasikan yakni lavender, clary sage, dan geranium. Tiga essential oil tadi memang sudah sering dipakai dalam aromatherapy, Ladies. Bisa kamu gunakan untuk mengurangi nyeri haid kamu.

2. Cara memakai essential oil saat menstruasi

Essential Oil Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi
Foto: pexels.com

Angold mengatakan jangan langsung menaruh essential oil ke kulit. Pertama, siapkan terlebih dahulu carrier oil untuk dicampurkan dengan essential oil. Penggunaan carrier oil bertujuan untuk mengurangi iritasi yang mungkin terjadi. Dirinya merekomendasikan almond oil, avocado oil, atau peach kernel oil. 

Ada baiknya kamu lakukan patch test terlebih dahulu. Teteskan campuran essential oil dan carrier oil ke satu bagian kecil kulit. Diamkan selama 24 hingga 48 jam. Jika terdapat gejala seperti kemerahan, gatal, atau perih, segera hilangkan menggunakan handuk basah hangat. Jika normal-normal saja, berapa kamu aman untuk memakainya, Ladies.

Balurkan campuran oil ke area abdomen lalu pijat perlahan. Lakukan secara rutin sekali sehari selama masa menstruasi.

3. Peringatan!!

Essential Oil Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi
Foto: pexels.com

Jika kamu memakai heat pack setelah memakai essential oil, pastikan agar heat pack kamu tidak terlalu panas. Alasannya karena minyak dan panas tidak menyatu dengan baik di kulit. Clary sage oil juga tidak boleh dipakai bersamaan dengan alkohol karena akan membuat efeknya terlalu kuat. 

Baca juga: Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots

Satu lagi nih, essential oil yang kamu pakai saat nyeri menstruasi tidak bisa kamu gunakan saat nyeri saat hamil. Angold mengatakan sebaiknya tidak menggunakan essential oil selama kondisi mengandung untuk meredakan nyeri tersebut dan segera konsultasikan ke dokter.

Semoga tips tadi membantu meredakan nyeri haid kamu ya, Ladies. Selamat mencoba!!

 

Sumber: byrdie

Comments

Loading...