OUR NETWORK

Empat Cara Cegah Risiko Kanker Kulit

Empat Cara Cegah Risiko Kanker Kulit
Foto: cascadeface.com

Dari berbagai jenis kanker yang ada, kanker kulit ialah kanker yang paling umum diderita di seluruh dunia. Ada banyak jumlah kasus baru terkait kanker kulit daripada kanker payudara, prostat, paru-paru, dan kanker usus besar digabungkan. Penelitian menunjukkan, melanoma yang terjadi pada perempuan berusia 18 hingga 39 meningkat hingga 800 persen dari tahun 1970 hingga 2009. Oleh karena itu, penting untuk mulai melakukan sesuatu untuk mencegahnya.

Baca juga: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Jenis Kanker Kulit

Kebanyakan orang hanya memfokuskan perlindungan diri dari kanker kulit dengan mengenakan tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi saja. Padahal, ada beberapa risiko penyebab kanker kulit lain yang tidak dapat dicegah dengan menggunakan SPF. Oleh karena itu, dikutip dari situs Mind Body Green, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam pola hidupmu sehari-hari untuk mencegah penyakit ini muncul. Apa saja, ya? Simak, yuk!

1. Tidur Berkualitas

Salah satu hormon terpenting dalam tubuhmu ialah melatonin. Kehadiran melatonin memengaruhi berat badan, reproduksi, pertumbuhan rambut, hingga mengendalikan kapan tubuh harus tidur dan bangun. Selain itu, salah satu peran paling pentingnya ialah melindungi tubuh dari radiasi UV. Melatonin telah terbukti sebagai penangkal radikal bebas yang lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C atau E. Dalam hal ini, melatonin berfungsi sebagai pelindung kulit dari kerusakan UVB, memblokir radikal bebas, mengurangi peradangan, dan merangsang pembentukan antioksidan kuat dalam tubuh seperti glutathione dan superoksida dismutase. Dengan kata lain, produksi melatonin merupakan hal yang penting, dan untuk terus memproduksi hormon ini ialah dengan mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap malam, Ladies. Hal ini dapat membantu menghalangi dampak kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

2. Konsumsi Vitamin C, E, A, Lutein dan Zeaxanthin

Paparan sinar UV dan faktor lingkungan lainnya dapat mempercepat penghabisan cadangan antioksidan yang ada dalam kulit kita. Akibatnya, terjadi kerusakan sel dan DNA, hingga meningkatkan risiko kemunculan penyakit kanker kulit melanoma dan non-melanoma. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi makan makanan yang kaya antioksidan, seperti collard, strawberry, kangkung, alpukat, sayuran berdaun hijau gelap, salmon, kacang-kacangan, wortel, labu, ubi jalar, bayam, dan selada romaine. Makanan-makanan ini mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A, lutein dan zeaxanthin yang seluruhnya memiliki sifat anti-inflamasi, imunomodulator, dan antioksidan. Konsumsi makanan ini secara rutin dinilai sebagai strategi pencegahan kanker yang ideal, loh!

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Pengunaan Vitamin E

3. Konsumsi Kafein

Studi menunjukkan, konsumsi kafein yang tinggi berkaitan dengan penurunan risiko karsinoma sel basal yang dapat berdampak pada penurunan risiko melanoma pada tubuh seseorang. Pada studi klinis yang dilakukan pada 90.000 wanita Kaukasia, ditemukan bahwa dengan meminum enam cangkir kopi atau lebih per hari dapat menurunkan 30 persen prevalensi kanker kulit non-melanoma. Studi lain menyatakan, konsumsi kopi secangkir per hari dapat menurunkan 3 persen risiko melanoma. Hal ini dikarenakan, kopi memiliki bahan kimia bioaktif, termasuk kafein dan asam klorogenat. So, buat kamu para pecinta kopi, ini manfaat baik selain kenikmatan menyesap secangkir kopi, loh!

4. Bertelanjang

Salah satu cara paling efektif dalam memeriksa kulit tubuh ialah dengan melihatnya dari dekat dan detail. Sebelum dan setelah mandi, tentunya kamu akan bertelanjang bulat, bukan? Nah, pada saat itulah manfaatkan untuk memeriksa semua celah pada tubuhmu, mulai dari mulut, bibir, telinga, ketiak, pusar, kuku, diantara jari-jari tangan dan kaki, hingga bagian bawah kakimu. Jangan lupa untuk memeriksa bagian intimmu, depan dan belakang, ya!

So, dengan menerapkan keempat cara ini dalam pola hidupmu, serta rajin menerapkan tabir surya ketika kamu akan berkegiatan keluar, kamu dapat mencegah risiko kemunculan kanker kulit. Mengingat kanker kulit ialah kanker yang paling umum terjadi di dunia, so, pencegahannya tentu merupakan hal penting, bukan? Selamat mencoba, Ladies.

 

Sumber: mindbodygreen  Foto cover: beritagar

Comments

Loading...