OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Daftar Lengkap Kosakata di Sunscreen Beserta Pengertiannya (Part 1)

Sunscreen masuk dalam skincare yang harus kamu pakai setiap hari jika kamu ingin terlindung dari sinar matahari, Ladies. Tapi mungkin kamu sering bingung saat melihat labelnya, banyak kosakata asing yang membingungkan bagi orang awam nih. Nah buat kamu yang pingin tahu apa aja arti dari setiap kata klaim tersebut, simak rangkumannya di bawah ini, Ladies!

1. Broad Spectrum

Menurut Charlotte Chen Pienaar, pendiri Everyday Humans, mengatakan bahwa kata-kata ini yang harus kamu cari saat mencari sunscreen. Arti broad spectrum yakni sunscreen tersebut menawarkan perlindungan dari sinar UVA dan UVB. UVB dapat menyebabkan kulit terbakar sedangkan UVA menyebabkan penuaan dini. Bahan populer dari sunscreen broad spectrum antara lain zink oksida dan titanium dioksida.

2. Non nano atau nano free

Beberapa tahun lalu komposisi seperti zinc oxide dan titanium dioxide yang merupakan nano partikel menjadi perhatian banyak orang. Penyebabnya yakni adanya hasil penelitian yang menunjukkan bahwa komponen nano partikel dapat diserap tubuh. Karena itu muncul klaim ‘non nano’ dan ‘nano free’ untuk menjawab pasar yang khawatir dengan nano free. Namun, sampai saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan akibat pasti dari nano partikel di tubuh.

Daftar Lengkap Kosakata di Sunscreen Beserta Pengertiannya (Part 1)
Foto: pexels.com

3. PA+

Jika kamu pernah melihat PA+, berarti sunscreen tersebut dapat melindungi kulit dari sinar UVA. rating ini dibuat dari tahun 90-an di Jepang. PA sendiri adalah singkatan dari ‘Protection Grade of UVA’. untuk perlindungan maksimal dari UVA, pilih dengan label PA++++ atau PA+++++.

4. Reef safe

Jika ada kata ini, berarti sunscreen tersebut memiliki komposisi yang aman bagi terumbu karang. Biasanya mereka hanya menggunakan mineral dan tidak menggunakan UV filter seperti oxybenzone dan octinoxate yang beracun bagi kehidupan laut. Sayangnya komponen UV filter yang dianggap aman, jika dalam jumlah sangat banyak juga akan berbahaya bagi lautan. Karena itu perlu riset lebih lanjut sampai komponen sunscreen benar-benar aman untuk lingkungan.

Daftar Lengkap Kosakata di Sunscreen Beserta Pengertiannya (Part 1)
Foto: pexels.com

5. SPF

Merupakan singkatan dari ‘Sun Protective Factor’. SPF adalah ukuran seberapa efektif suatu sunscreen melindungi kulit kamu dari sinar ultraviolet. Biasanya diikuti dengan angka contohnya SPF 30. Maksud angka ini yaitu jika kulit kamu biasanya terbakar setelah 10 menit di bawah sinar matahari, setelah dipakaikan SPF 30, butuh waktu 30 kali dari waktu biasanya kamu terbakar matahari. 

Jadi setelah memakai SPF 30, matahari akan membakar kulit kamu setelah 10 x 30 = 300 menit atau 5 jam. Namun direkomendasikan untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali untuk hasil maksimal karena sunscreen yang kamu pakai bisa hilang akibat berkeringat dan lain sebagainya. SPF juga hanya melindungi dari UVB lho, Ladies. 

6. Water-resistant

Jika ada klaim water resistant, berarti sunscreen kamu masih efektif saat berenang atau berkeringat sekitar 40 hingga 80 menit. Angka ini berdasarkan regulasi SPF test. Jadi bukan berarti sunscreen water resistant kamu tahan 2 jam di air seperti sunscreen biasa. Pada akhirnya, setiap sunscreen dapat hilang terbawa air dan harus kamu reapply, Ladies.

Wah nambah pengetahuan baru deh terkait per-sunscreen-an. Kita lanjut ke part 2 ya, stay tuned, Ladies!

Sumber: Bustle

Must Read

Related Articles