OUR NETWORK

Cara Membuang Obat yang Benar

Cara Membuang Obat yang Benar

Setiap rumah pasti memiliki persediaan stok obat masing-masing. Terkadang, obat tersebut tersimpan hingga tidak bisa dikonsumsi lagi. Punya banyak stok obat tidak terpakai dirumah? Sudah kadaluarsa dan ingin dibuang? Obat yang tidak digunakan harus segera dibuang ya agar tidak termakan oleh anggota keluarga lain ataupun hewan peliharaan kita. Faktanya Ladies, ada peraturan tertentu ketika kita ingin membuang obat-obatan. Nggak boleh asal lho. Beberapa obat memberikan langkah-langkah cara pembuangan obat tersebut. Namun jika tidak, maka kalian harus simak prosedur berikut nih. Ada 3 cara untuk membuang obat.

Baca juga: Manfaat Humidifier untuk Kesehatan

1. Kembalikan ke tempat pembuangan legal dari pemerintah

Jika ada obat yang sudah tidak digunakan lagi, bawa ke tempat-tempat pembuangan legal. Kalian juga bisa mendatangi klinik, apotek, atau rumah sakit. Jika kalian tidak menemukannya, tanyakan tempat-tempat tersebut ke pihak berwajib seperti polisi. Jika tidak ada tempat pembuangan legal untuk obat, pindah ke point 2.

2. Siram di Toilet

Cek apakah obat kalian dapat dibuang dengan cara disiram di toilet di link ini. Jika obat kalian termasuk pada list tersebut, kalian dapat membuang dan menyiramnya ke toilet. Jika tidak, maka pindah ke point 3.

3. Buang Tempat Sampah

Cara ini adalah cara terakhir Ladies. Pertama, campur obat-obatan yang ingin kamu buang dengan tanah, pasir hewan, atau ampas kopi. Obat seperti kapsul atau tablet jangan dihancurkan ya, tetap saja seperti semula ketika dicampur dengan bahan-bahan tadi. Kedua, campuran tersebut dimasukkan dalam penyimpanan tertutup seperti plastik tersegel. Selanjutnya buang plastik tersegel tersebut ke tempat sampah rumahmu. Sebelum membuang botol tempat obat, gores, dan hancurkan semua informasi personal di kemasan beserta resep hingga semuanya tidak bisa terbaca. Jika sudah, kalian dapat membuangnya ke tempat sampah.

Baca juga: Jaga Kesheatan Tubuh dengan 9 Jenis Teh Ini

Jika kalian ingin membuang obat selanjutnya bisa sesuai dengan prosedur ya, Ladies. Obat yang dibuang dengan benar akan mengurangi efek buruk dari obat tersebut jika terkonsumsi orang lain. Pastikan kita menyimpan obat yang belum kadaluarsa agar orang-orang tersayang tidak sakit akibat salah konsumsi obat.

Sumber: drugabuse.gov, Foto cover: unsplash.com

Comments

Loading...