OUR NETWORK

Berendam Air Es, Rahasia Tubuh Sehat ala Lady Gaga

Berendam Air Es, Rahasia Tubuh Sehat ala Lady Gaga
Foto: independent.ie

Selain menjadi pendiri Haus Laboratories, Oscar-nominated actress, sekaligus menjadi penyanyi dengan suara fenomenal. Dengan segala kesibukan manggungnya, nggak salah deh kalau Lady Gaga juga merawat tubuhnya bak seorang atlet. So, pastinya ia memiliki tips and trik perawatan tubuh tersendiri untuk menjaganya tetap fit. Tapi, siapa yang sangka bahwa rahasia tubuh sehatnya ialah berendam es batu!

Baca juga: 6 Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin

Melalui postingan dalam akun Instagram pribadinya, Gaga membagi rahasia perawatan tubuhnya yang membuatnya dapat selalu tampak fit dalam waktu singkat. Ia membagikan tiga foto berturut-turut yang menceritakan setiap langkah rutin proses pemulihan tubuh yang harus dilaluinya setelah setiap pertunjukkan. Gaga mengunggah rutinitasnya setiap selesai manggung di akun Instagramny. Di dua foto pertama, ia tampak sedang berendam di bak mandi berbeda. Di foto ketiga, ia mengenakan setelah mirip pakaian astronaut.

“Rutinitas setelah show: berendam air es selama 5-10 menit, berendam air panas selama 20 meni. Kemudian mengenakan setelan kompresi yang dipenuhi ice packs selama 20 menit,” tulisnya.

Berendam Air Es, Rahasia Tubuh Sehat ala Lady Gaga
Foto: metro.co.uk

Menurut ahli terapi fisik, Lee Hanses, setiap langkah dalam rutinitas Gaga ini memiliki peran tersendiri.

Apalagi Gaga juga sekarang mengisi show rutin setiap malam di Las Vegas. “Berendam dengan suhu yang kontras setelah melakukan latihan atau kegiatan yang berat atau adanya peningkatan aktivitas yang cukup tinggi, dapat membantu mengurangi proses inflamasi, menunda nyeri otot, dan mengurangi tingkat kelelahan dan rasa sakit,” ungkapnya. Hanses menambahkan, untuk melakukannya seseorang perlu merendam seluruh tubuh atau satu bagian tubuh dalam air panas dengan suhu 100-110 derajat Fahrenheit. Lalu dilanjutkan dengan air dingin antara 55-65 derajat Fahrenheit. Setelah itu mengulang keduanya selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca juga: Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi & Cara Menanganinya

Sekilas terdengar tidak nyaman, namun, menurut Hanses, cara ini dapat membantu tubuh kembali fit dan nyaman. “Suhu dingin dari rendaman es dapat membuat pembuluh darah dan getah bening mengerut dan menurunkan laju aliran cairan di dalam tubuh. Sementara suhu panas akan melakukan sebaliknya; mereka menyebabkan pembuluh darah tubuh akan membesar dan memungkinkan cairan mengalir lebih cepat,” jelasnya.

Berendam Air Es, Rahasia Tubuh Sehat ala Lady Gaga
Foto: billboard.com

Dengan melakukan keduanya secara bergantian, Hanses mengatakan bahwa tubuh akan meningkatkan pemompaan darah dan pembuluh getah bening secara terus-menerus setelah beraktivitas berat. “Gerakan dan pengiriman nutrisi dan oksigen segar yang digabungkan dengan penghilangan asam laktat dan karbon dioksida dari otot-otot dapat membantu pemulihan tubuh lebih cepat agar dapat melakukan kinerja secara optimal,” ungkapnya.

Akan tetapi, setelah peristiwa ia jatuh dari panggung bersama penggemarnya di Las Vegas, Gaga dikabarkan perlu mendapatkan perawatan tubuh lebih dari rutinitas mandi dengan suhu kontrasnya. Meski begitu, hal ini tidak menghalangi Gaga untuk tetap hadir di bachelorette party rekannya dan kembali melakukan pertunjukkannya minggu ini.

 

Sumber: Allure

Comments

Loading...