OUR NETWORK

Apakah Oat Milk Lebih Sehat dari Susu Biasa?

Apakah Oat Milk Lebih Sehat dari Susu Biasa?
Foto: unsplash.com

Oat milk atau susu oat adalah susu non dairy atau susu nabati yang tengah populer di pasaran, bersama dengan susu almond dan susu kedelai. Oat milk sedang digandrungi sebagai pengganti susu sapi terutama di coffee shop agar bisa dinikmati oleh para vegan.

Berbeda dengan susu nabati lainnya, oat milk memiliki kemampuan membuat busa seperti susu sapi sehingga digunakan barista untuk membuat kopi, misalnya, cappuccino. Cocok bagi kamu yang lactose intolerance tapi pingin kopi yang creamy.

Baca juga: Alergi dengan Susu Sapi? Cobain Susu Almond, Yuk!

Oat milk memiliki rasa manis, creamy, rasa kacang yang khas. Tapi apakah oat milk memang lebih baik dari susu sapi biasa? Bagaimana tips mengonsumsi oat milk? Dikutip dari InStyle, Ashley Koff, konsultan dari Califia Farm menjawab pertanyaan tersebut.

Apakah Oat Milk Lebih Sehat dari Susu Biasa?
Foto: unsplash.com

1. Perbedaan kandungan oat milk dan susu sapi biasa

Oat milk mengandung kurang dari satu persen lemak jenuh dan begitu juga dengan lemak tak jenuh. Oat juga tidak mengandung kolesterol, sedangkan susu sapi mengandung kolesterol sebesar 24 mg per cangkirnya.

Vitamin dan mineral yang dikandung oat milk juga mirip dengan susu sapi. Selain itu, oat milk juga mengandung serat lebih besar (2-4 gram vs 0 gram), karbohidrat lebih banyak (15-20 gram vs 12 gram), dan protein lebih sedikit (2 gram vs 8 gram).

Tapi kandungan oat beragam tergantung jenisnya. Jadi sebaiknya kamu baca label oat milk kamu dulu ya sebelum mengonsumsinya.

Apakah Oat Milk Lebih Sehat dari Susu Biasa?
Foto: unsplash.com

2. Cara memilih oat milk

Satu hal yang perlu kamu ingat, selalu cek labelnya. Banyak sekali variasi oat milk di pasaran dengan beragam komposisi pula, Ladies. Selain itu, oat milk di pasaran biasanya ditambah banyak gula. Buat kamu yang lagi diet gula bisa jadi malapetaka nih.

Menurut WHO juga satu orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi gula paling banyak 6 sendok teh per hari. Satu sendok teh gula setara dengan 4 gram gula. Jadi jika kamu melihat oat milk dengan kandungan gula 16 gram per 8 ons penyajian, mending dihindari deh.

Baca juga: Manfaat dan Resep Susu Kacang Mete

Beberapa kandungan lain yang perlu kamu hindari yaitu penggunaan, misal, penstabil atau gum, karena oat secara alami membentuk jell ketika dicampur dengan air. Mungkin tidak berpengaruh nyata terhadap kesehatan, tapi ini membuatmu merasa lebih aman dengan produk yang kamu konsumsi.

Nah, itu tadi yang perlu kamu ketahui sebelum mencoba oat milk ya, Ladies. Kamu pernah coba susu non-dairy lainnya?

 

Sumber: InStyle

Comments

Loading...