OUR NETWORK

Apa Perlu Kenakan Sunscreen di dalam Ruangan? Begini Kata Dermatologis

Apa Perlu Kenakan Sunscreen di dalam Ruangan? Begini Kata Dermatologis
Foto: thehealthy.com

Ketika beraktivitas di dalam ruangan, kebanyakan orang beranggapan bahwa ia tidak perlu mengenakan sunscreen karena tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini, menurut beberapa dermatologis merupakan kesalahpahaman yang cukup berbahaya jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, meski berada di dalam ruangan, sebenarnya seseorang tidak sepenuhnya lepas dari paparan sinar matahari.

“Jendela kaca standar hanya memblokir sinar UVB, tetapi tidak sinar UVA. Sinar ini dapat menembus lebih dalam ke dalam kulit daripada sinar UVB, dan merupakan faktor utama penyebab penuaan. Perubahannya dapat dilihat sebagai bintik hitam, keriput, dan tekstur kulit yang kasar,” jelas Dermatologis yang berbasis California, Joyce Park.

Ia menambahkan, sinar UVA juga berkontribusi pada kanker kulit.

Oleh karena itu, ia merekomendasikanmu untuk tetap mengaplikasikan SPF meski berada di dalam ruangan. Terutama bila kamu duduk dekat jendela atau di ruangan yang memperoleh banyak paparan sinar matahari.

Apa Perlu Kenakan Sunscreen di dalam Ruangan? Begini Kata Dermatologis
Foto: millenniumpost.in

Senada dengan Park, Dermatologis dan Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Joshua Zeichner, merekomendasikanmu untuk mengenakan SPF klasik atau pelembab yang mengandung tabir surya, setidaknya mengandung SPF sebesar 30.

Baca juga: Ini Alasan Penggunaan Sunscreen Tetap Penting Saat Cuaca Mendung

Sebagaimana ketika beraktivitas di luar, saat di dalam ruangan pun perlu dilakukan pengaplikasian ulang sunscreen. Hal ini tergantung pada seberapa lama kamu terkena paparan sinar matahari. Jika kamu berada di dekat jendela, kamu perlu menerapkannya setiap dua jam sekali. Pada tahap ini, Dermatologis dari New York, Hadley King, merekomendasikanmu untuk menggunakan Brush on Block mineral powder sunscreen. “Produk tabir surya ini bagus untuk mengaplikasikan kembali sunscreen tanpa merusak makeup atau menambahkan lapisan krim lain,” jelasnya.

Sementara itu, jika kamu telah mengenakan makeup yang telah mengandung SPF di dalamnya, kamu perlu memperhitungkan SPF tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit hari itu. “Jika makeup menawarkan spectrum sebesar SPF 30 atau lebih tinggi, maka, ini cukup untuk melindungi area yang terekspos,” ucapnya. Akan tetapi, King mengingatkan, ada beberapa area yang tidak tertutup dengan makeup, sehingga area tersebut tetap memerlukan perlindungan dari sunscreen, Ladies.

 

 

Sumber: Allure

Comments

Loading...