OUR NETWORK

Apa Manfaat Minyak Kutus-Kutus?

Apa Manfaat Minyak Kutus-Kutus?
Foto: balihealingoil.com

Halo Ladies, apakah kalian tahu tentang minyak kutus-kutus? Yap, minyak yang ternyata asalnya dari pulau Bali ini sedang popular dan menarik perhatian para pengguna pengobatan herbal. Minyak ini dipercaya mengandung banyak sekali khasiatnya terutama untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Apakah Ladies penasaran dengan apa saja manfaat minyak kutus-kutus? Cusss, simak sama-sama!

Baca juga: 8 Manfaat Ajaib dari Minyak Esensial Lavender

Minyak kutus-kutus ialah minyak yang bahan dasarnya adalah minyak kelapa yang kemudian dalam pembuatannya dicampur dengan berbagai jenis tanaman herbal lainnya. Ada beberapa bahan yang dijadikan bahan inti dalam pembuatan minyak kutus-kutus selain minyak kelapa. Antara lain daun ashitaba, daun neem, purwaceng, temulawak, pule, bunga lawang dan gaharu. Faktanya berbagai bahan ini ternyata diambil dari unsur kehidupan dalam sebuah pohon yaitu daun, bunga, buah, batang, dan akar. Lengkap!

Pada awalnya minyak kutus-kutus ini dibuat oleh penciptanya sebagai ramuan untuk mengobati penyakit lumpuh pada kaki yang dideritanya. Dan ternyata setelah digunakan secara rutin manfaatnya sangatlah besar, dan kemudian seiring berjalannya waktu minyak ini mulai banyak dijual luas. Minyak kutus-kutus Bali ini diyakini mempunyai khasiat untuk memperbaiki energi dalam tubuh sehingga tubuh kalian mampu melakukan self-healing. Nah Ladies, berikut ini ialah beberapa manfaat minyak kutus-kutus.

1. Mengobati Keputihan

Penyakit keputihan pada wanita merupakan salah satu penyakit atau gangguan yang terjadi pada organ vital wanita. Pada dasarnya jenis penyakit ini sudah umum terjadi dan menjadi salah satu problema tersendiri untuk kaum wanita. Tetapi untuk para Ladies jangan khawatir, minyak kutus-kutus ini dapat meredakan keputihan yang kalian alami dan mampu menghilangkan bau tidak sedap akibat keputihan tersebut.

2. Mengatasi Wasir Pasca Melahirkan

Walaupun wasir bukanlah penyakit yang berbahaya, tetapi wasir adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh wanita pasca melahirkan. Minyak kutus-kutus Bali ini sudah banyak digunakan dan sudah banyak yang membuktikan bahwa minyak ini mampu mengatasi penyakit wasir.

3. Ramuan Pereda Nyeri

Khasiat dari minyak kutus-kutus yang selanjutnya ialah sebagai ramuan pereda nyeri. Minyak kutus-kutus Bali mengandung unsur-unsur yang dapat bertindak sebagai obat analgesik atau pereda nyeri. Dengan khasiat yang diberikan ini banyak orang yang menggunakannya untuk meredakan nyeri pada asam urat, nyeri otot, dan juga nyeri di saat haid.

4. Mendongkrak Vitalitas Tubuh

Salah satu unsur utama yang terkandung di dalam minyak kutus-kutus ialah purwaceng. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman afrodisiak (pembangkit gairah seksual). Karena minyak ini mengandung purwaceng tentunya minyak kutus-kutus ini pun dipercaya dapat meningkatkan vitalitas wanita termasuk para pria.

5. Melindungi Mulut

Berbagai penyakit atau masalah Ladies seperti bau mulut, gusi bengkak, dan sariawan dipercaya dapat diobati dengan menggunakan minyak utus-utus ini. Khasiat ini diperoleh karena berbagai kandungan antibakteri yang berasal dari berbagai komposisi dari minyak kutus-kutus.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Khasiat selanjutnya dari minyak kutus-kutus ini ialah dapat memelihara dan menjaga sistem pencernaan kita. Minyak ini dipercaya dan diyakini dapat menjaga kerja lambung, mengatasi perut yang sakit dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

7. Menjadi Antioksidan

Seperti yang kita ketahui jika bunga lawang, temulawak, daun neem, dan bahan inti dari minyak kutus-kutus merupakan bahan herbal yang mampu menjadi antioksidan. Banyak yang percaya jika minyak kutus-kutus Bali memiliki khasiat obat pencegah kanker dan tentunya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Well, salah satu pencegahan kanker memang dengan menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kita dengan baik ya, Ladies.

8. Meredakan Sakit Kepala

Salah satu khasiat dari minyak kutus-kutus ialah untuk mengobati sakit kepala. Aroma dari minyak ini dapat memberikan efek relaksasi yang tentunya dapat mengurangi gejala sakit kepala. Caranya ialah Ladies tinggal balurkan minyak kutus-kutus ini pada bagian pelipis mata kalian.

Baca juga: Manfaat Minyak Argan untuk Rambut dan Tubuh

Walaupun sebenarnya minyak kutus-kutus belum memiliki izin dari BPOM sebagai jenis obat yang bisa diminum, tetapi faktanya minyak ini tidak berbahaya jika tertelan. Minyak kutus-kutus juga sudah terbukti aman walaupun digunakan di area-area sensitif seperti salah satunya kelopak mata. Selamat mencoba, Ladies!

Comments

Loading...