OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

7 Manfaat Jalan Cepat untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga rutin sudah sering menjadi rekomendasi salah satu langkah hidup sehat. Ngomongin tentang olahraga, olahraga apa nih yang paling mudah dilakukan? Yup betul, berjalan kaki. Olahraga ini paling simpel dan bisa kamu lakukan sembari melakukan aktivitas seharian. Salah satu bentuk berjalan kaki yakni jalan cepat punya banyak manfaat lho untuk kesehatan kita. Setidaknya ada 5 manfaat nih yang bisa kita ambil. Cek di bawah ini ya!

1. Membantu memperbaiki kondisi mental

Olahraga rutin terkenal sebagai salah satu cara untuk menyehatkan mental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang melakukan jalan cepat secara rutin memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih baik, kualitas tidur meningkat, serta kerja otak yang lebih baik.

2. Menurunkan berat badan

7 Manfaat Jalan Cepat untuk Kesehatan Tubuh
Foto: pexels.com

Selama berjalan cepat, tentu akan ada kalori yang dibakar. Bagi kamu yang ingin olahraga ringan untuk menurunkan berat badan, berjalan cepat bisa jadi pilihan!

3. Menurunkan tekanan darah

Berjalan cepat termasuk sebagai olahraga kardio nih, Ladies. Penelitian menunjukkan olahraga kardio secara rutin dapat menurunkan tekanan darah. Karena itu bagus untuk mereka yang menderita darah tinggi.

Baca juga: Pilihan Olahraga Terbaik untuk Pangkas Lemak, Yuk Bergerak!

4. Meningkatkan kesehatan jantung

7 Manfaat Jalan Cepat untuk Kesehatan Tubuh
Foto: pexels.com

Menurut studi, berjalan cepat selama 5 hari berturut-turut dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini terlihat pada penurunan jumlah kadar LDL dan kolesterol jahat yang terjadi.

5. Menurunkan kadar gula di darah

Olahraga terbukti meningkatkan aktivitas insulin di dalam tubuh. Insulin memiliki fungsi utama yakni mengubah glukosa menjadi energi. Dengan peningkatan kerja insulin, tentu gula atau glukosa pada darah akan menurun jumlahnya.

Baca juga: Lawan Ketergantungan Gula dengan 6 Makanan Ini!

6. Mengurangi sakit di persendian

7 Manfaat Jalan Cepat untuk Kesehatan Tubuh
Foto: pexel.com

Nyatanya, berjalan cepat dapat mencegah rasa sakit di persendian. Karena itu juga pengidap artritis direkomendasikan untuk olahraga berjalan secara rutin.

7. Dapat dilakukan kapan saja, di mana saja!

Yep, berjalan kaki bisa kamu lakukan kapan saja, dan dimana saja yang kamu mau. Dari kasur ke kamar mandi, ataupun dari rumah ke tempat kerja, kamu pasti berjalan kaki, kan?  Coba terapkan jalan cepat di keseharianmu mulai sekarang. Nggak perlu lama-lama kok, cukup 20 menit dan dilakukan secara rutin.

Cukup banyak ya manfaat dari berjalan cepat. Pastikan juga kamu memakai sepatu yang nyaman saat melakukan olahraga jalan cepat. Stay healthy, Ladies!

 

Sumber: Klik Dokter

Must Read

Related Articles