OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Cara Mengobati Luka Cakaran Akibat Kucing di Rumah

Bagi para pecinta kucing pasti pernah mengalami luka cakar dari si bola bulu ini. Bisa jadi karena si kucing sedang agresif atau ketakutan sehingga insting mereka keluar. Sebagian besar cakaran kucing tidak berbahaya dan seperti luka ringan pada umumnya. Bagi kamu yang ingin mengobatinya di rumah, lakukan hal berikut, Ladies.

Cara Mengobati Cakaran Kucing

1. Bersihkan Luka

5 Cara Mengobati Luka Cakaran Akibat Kucing di Rumah
Foto: pexels.com

Pertama, pastikan kamu sudah membersihkan luka cakaran kucingmu. Air saja tidak cukup nih, Ladies. Untuk luka yang dalam, gunakan air hangat dan sabun.  Jangan terburu-buru saat membersihkan luka tadi. Jika kamu buru-buru dan menggosok terlalu keras, luka goresan dapat terbuka, membuat kuman dapat masuk dan luka menjadi semakin dalam.

Seperti halnya desinfektan, sabun juga memerlukan waktu untuk bekerja, setidaknya 2 sampai 3 menit. Setara dengan panjang 1 lagu, kan? Karena itu disarankan untuk bernyanyi 1 lagu saat membersihkan tangan.

Selain sabun, alkohol juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan luka. Tergantung stok di rumah kamu, ya.

2. Berikan Madu

5 Cara Mengobati Luka Cakaran Akibat Kucing di Rumah
Foto: pexels.com

Alternatif antiseptik lain yang sudah terkenal luas yakni, madu, dapat menjadi pilihan. Madu dapat digunakan jika tidak ada alkohol di rumah dan kamu memiliki kulit sensitif dan mudah alergi.

Pastikan kamu memakai madu asli ya. Kamu tidak bisa menggunakan sirup gula atau sirup jagung untuk perawatan ini. Cara memakainya cukup mudah, balurkan madu ke luka dan biarkan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air atau dengan sedikit sabun jika dirasa perlu.

3. Balurkan Baking Soda

Luka baru biasanya diiringi dengan rasa gatal, tapi kamu tidak bisa menggaruknya nih karena nanti luka kamu akan terbuka dan resiko infeksi meningkat. Namun, jika rasa gatal tadi tidak tertahankan, saatnya menggunakan baking soda.

Cara menggunakannya yakni, siapkan campuran baking soda dan air dengan komposisi 1:3. Aduk lalu balurkan ke bagian luka yang gatal. Selain untuk menghilangkan gatal, baking soda juga bagus untuk mengobati gigitan nyamuk serta ruam di kulit.

Baca juga: Bulu Hewan Peliharaan Menempel di Perabotan Rumah? Ini Cara Efektif Membersihkannya

4. Vitamin

5 Cara Mengobati Luka Cakaran Akibat Kucing di Rumah
Foto: shopee.co.id

Vitamin juga akan membantu proses penyembuhan luka cakar, Ladies. Ada 3 vitamin yang dapat kamu pakai yakni vitamin A, vitamin D, dan vitamin E. Balurkan 3 jenis vitamin tadi ke bagian luka. Kamu juga bisa mengkonsumsinya secara oral atau diminum. Namun, kurang efektif.

5. Kunjungi Apotek

Ada banyak pilihan obat untuk mengobati luka cakaran kucing. Salep vitamin dan antibiotik adalah 2 hal yang bisa kamu dapatkan disini. Antibiotik diperlukan jika kamu dicakar kucing liar yang rawan membawa penyakit infeksi. Namun, jangan berlebihan dan konsultasikan ke dokter dulu sebelumnya.

Luka cakaran kucing cukup mudah untuk diobati namun jika luka cakar tadi mengeluarkan bau, lingkaran merah, serta kamu mengalami demam dan kelelahan, segera konsultasikan ke dokter. Semoga tips tadi bermanfaat ya, Ladies!

 

Sumber: MyPetNeedsThat

Must Read

Related Articles