OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

7 Cara Menyehatkan Tiroid dan Meningkatkan Metabolisme Menurut Dokter

Kamu mungkin pernah melihat beberapa artis mengalami penyakit kelenjar tiroid. Menurut Saroj Kumar, MD, pemilik Health Review Live, tiroid adalah kelenjar yang berfungsi meregulasi metabolisme tubuh. Karena fungsinya yang penting banget untuk kesehatan tubuhmu, berikut cara untuk menjaga kesehatan tiroid dan metabolisme kamu ya, Ladies!

1. Mengurangi stres

7 Cara Menyehatkan Tiroid dan Meningkatkan Metabolisme Menurut Dokter
Foto: pexels.com

Stres memang bisa berdampak negatif pada kesehatan. Ada berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan menurunkan imunitas. Stres juga dapat mempengaruhi fungsi tiroid dengan cara mengganggu kerja hormon. Karena itu disarankan untuk melakukan rutinitas wellness untuk mengurangi stres secara berkala nih Ladies. Contohnya dengan melakukan meditasi dan deep breathing.

2. Konsumsi zinc

Defisiensi atau kurang konsumsi zinc dapat meningkatkan risiko hipotiroidisme. Makanan seperti kerang laut, ayam, biji-bijian, kacang-kacangan, dan whole grain dapat menjadi sumber zinc harian kamu. 

3. Jaga kesehatan pencernaan

Sistem pencernaan yang baik adalah kunci penting dalam menjaga kesehatan. Hal ini karena imunitas kita bergantung pada sistem pencernaan. Konsumsi makanan yang bagus untuk sistem pencernaan ya seperti probiotik dan serat.

Baca juga: Jenis Teh yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan

4. Pola makan sehat

7 Cara Menyehatkan Tiroid dan Meningkatkan Metabolisme Menurut Dokter
Foto: pexels.com

Pertama, kurangi junk food dari diet kamu, Ladies. Hal ini bakalan membantu banget merubah pola makan kamu menjadi lebih sehat. Hindari juga gula berlebihan dan makan-makanan bergizi yang segar.

5. Mengkonsumsi iodin

Seperti halnya zinc, defisiensi iodin dapat meningkatkan risiko hipertiroidisme. Iodin terdapat pada makanan seperti garam meja yang difortifikasi, ikan, udang, kepiting, ayam, dan hati sapi. Konsumsi makanan tadi secara rutin untuk mencukupi kebutuhan iodin kamu ya!

6. Tidur cukup

Tidur adalah salah satu kunci hidup sehat. Ketika tidur, tubuh memulihkan dirinya dan proses penyembuhan terjadi. Kurang tidur dapat meningkatkan stress dan juga meningkatkan risiko berbagai penyakit. Pastikan kamu tidur cukup dan hindari kafein sebelum tidur ya, Ladies.

7. Berolahraga

7 Cara Menyehatkan Tiroid dan Meningkatkan Metabolisme Menurut Dokter
Foto: pexels.com

Ada banyak manfaat berolahraga nih, Ladies. Salah satunya meningkatkan metabolisme dan menyehatkan fungsi tiroid. Direkomendasikan untuk melakukan resistance training untuk meningkatkan kesehatan tiroid. Berolahraga juga membantu menjaga meregulasi berat badan yang juga sering menjadi masalah penderita hipotiroidisme.

Kamu bisa melakukan 7 langkah tadi untuk menjaga kesehatanmu tiroid dan metabolisme secara menyeluruh. Stay healthy and happy, Ladies!

 

Sumber: Best Life

Must Read

Related Articles