OUR NETWORK

Alternatif Sabun Pembersih Kuas Makeup Ini Wajib Dicoba

alternatif pembersih kuas makeup

Salah satu perlengkapan makeup yang nggak bisa ketinggalan adalah brush atau kuas. Dalam dunia poles-memoles wajah, pasti dibikin bingung dengan banyaknya jenis kuas dengan bentuk dan ukuran yang berbeda pula. Setiap bentuk dan ukuran yang beda juga memiliki fungsi berbeda pula. Misalnya jumbo finishing powder yang berbentuk seperti kipas lebar untuk finishing, merapikan brozer dan blush on, dan meratakan bedak tabur. Powder brush dengan bulu kuas yang tebal untuk mengaplikasikan bedak, dan masih banyak yang lainnya. (Baca juga: 7 Kuas Makeup untuk Pemula)

Agar fungsi kuas bisa maksimal dan yang lebih penting menjaga kebersihan agar kulit tak tertempel bakteri, kuas sebaiknya rutin dicuci. Setelah digunakan, sisa produk makeup pasti menempel meskipun yang digunakan berbentuk bubuk seperti loose powder. Untuk membersihkannya, memang ada sabun pencuci khusus ya, Ladies. Tapi jika tak ada, kamu bisa mencoba alternatif sabun pencuci kuas makeup berikut ini!

1. Baby Shampo atau Clarifying Shampoo

baby shampoo alternatif membersihkan kuas makeup
Foto: target.com

Apabila di rumah tak ada sabun khusus untuk mencuci kuas makeup, kamu bisa menggunakan baby shampoo atau clarifying shampoo. Caranya mudah saja, siapkan mangkuk yang sudah diisi dengan air hangat-hangat kuku. Kemudian, masukkan beberapa sendok baby oil ke dalamnya, lalu aduk. Ambil kuas yang akan dibersihkan. Celupkan dan putar pelan-pelan bagian bulu sikat di dalam air campuran. Atau kamu juga bisa menggunakan jari untuk membantunya. Jika sudah, bilas dengan air mengalir hingga air yang luntur dari bulu sikat berwarna bening.

2. Sabun cuci piring

sabun cuci piring alternatif membersihkan kuas makeup
Foto: boloclean.com

Dish soap atau sabun pencuci piring pasti bukan hal asing. Di setiap rumah pasti ada pencuci yang satu ini. Sabun pencuci piring rupanya bisa juga digunakan sebagai bahan alternatif untuk membersihkan kuas makeup atau alat makeup yang lain. Yep, nggak salah kok. Dengan langkah yang sama, cuci make up brush kalian seperti langkah di atas. Pastikan air yang kamu gunakan tidak terlalu panas karena tidak akan baik untuk bulu kuas.

3. Sabun batangan

sabun batangan alternatif membersihkan kuas makeup
Foto: peluangproperti.com

Jika kamu menggunakan sabun batangan di rumah, selain bisa digunakan untuk membersihkan badan dari kotoran, debu, dan polusi yang merekat sabun batangan juga bisa digunakan untuk membersihkan kuas. Pada tahun 1950an, belum ditemukan sabun khusus untuk mencuci alat makeup, Mereka menggunakan sabun batangan untuk alternatifnya. Ambil secuil sabun batangan kemudian gosokkan dengan halus ke bagian kuasnya. Bantu dengan tangan kemudian bilas di bawah air mengalir.

4. Olive oil atau Almond Oil

olive oil almond oil alternatif membersihkan kuas makeup
Foto: peluangproperti.com

Untuk opsi lain, kamu juga bisa menggunakan olive oil atau almond oil untuk membersihkan sisa make up yang menempel pada kuas yang biasa dipakai. Kelebihan menggunakan bahan yang satu ini bisa menjaga kelembutan bulu sikatnya sehingga nyaman saat digunakan. Oleskan olive oil atau almond oil ke bagian bulu sikat. Ratakan dengan tangan dan remas pelan sebentar. Untuk membilasnya, agar minyak tak tertinggal, kamu bisa menggunakan salah satu sabun di atas ya, Ladies.

Kalau masih bingung, MeraMuda udah pernah bahas cara mencuci kuas makeup di sini ya, Ladies. Jadi, nggak apa-apa menggunakan salah satu alternatif ini sebagai pengganti sabun khusus untuk mencuci kuas makeup. Yang penting dibilas dengan bersih dan dikeringkan dengan benar ya, Ladies. ?

Sumber: Bustle, Foto cover: nova.grid.id

Comments

Loading...