OUR NETWORK

5 Fobia yang Banyak Dialami Manusia Beserta Penanganannya

5 Fobia yang Banyak Dialami Manusia Beserta Penanganannya
Foto: okezone.com

Sebagaimana yang telah diketahui, fobia merujuk pada sesuatu yang sangat kamu takuti dan harapannya tidak akan kamu temui. Namun, sayangnya pemicu fobia-fobia tersebut hadir di lingkungan sekitarmu. Nah, daripada menghindarinya tapi tak kunjung bisa, sebaiknya kamu melawannya, Ladies. Dilansir dari All Women’s Talk, terdapat beberapa fobia yang umum diderita manusia dan cara sederhana yang dapat kamu coba untuk menanganinya, Ladies. Tak usah menunggu lama, yuk kita simak ulasan berikut ini!

1. Laba-laba

5 Fobia yang Banyak Dialami Manusia Beserta Penanganannya
Foto: livescience.com

Binatang yang satu ini memang pemicu fobia banyak orang. Sebagian orang takut terhadap seluruh jenis laba-laba yang hidup di dunia ini, sebagian lainnya, takut pada laba-laba jenis tertentu, seperti tarantula, dan lainnya. Salah satu cara yang cukup ekstrim yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan kontak langsung dengan laba-laba terkait. Pertama, kamu dapat memandangnya langsung, kemudian memberinya makan, dan mencoba menyentuhnya secara perlahan. Lama kelamaan, kamu akan menyadari bahwa mereka bukanlah makhluk yang mengerikan. Namun, demi keamanan dan keselamatanmu, disarankan untuk melakukan hal ini hanya pada laba-laba yang tidak beracun, ya Ladies.

2. Ular

Tak kalah dengan laba-laba, pada titik tertentu, binatang melata yang satu ini juga memicu ketakutan pada diri sebagian besar manusia. Meski dilanda rasa takut yang membuncah, kamu disarankan untuk tidak langsung membunuh setiap ular yang kamu temukan, kecuali ular berbisa, moccasin, ular karang, dan lainnya. Bila kamu ingin menghilangkan fobia ini, langkah pertama yang dapat kamu lakukan ialah mengunjungi kebun binatang, datangi spot wahana yang menawarkan pengunjung berinteraksi dengan ular secara langsung, kemudian coba peluk ular tersebut. Ulangi beberapa kali pada jangka waktu tertentu, dan voila, dari musuh, kamu akan memandang ular tersebut menjadi teman.

3. Kadal

5 Fobia yang Banyak Dialami Manusia Beserta Penanganannya
Foto: animals.sandiegozoo.com

Jenis kadal yang dimaksud di sini dapat berupa buaya, komodo, kadal kecil yang banyak hadir di lingkungan sekitar kita, atau lainnya. Jika kamu salah satu orang yang takut pada kadal, serupa dengan cara menghadapi fobia ular, kamu perlu berkunjung ke kebun binatang. Namun, karena jarang ada wahana yang menawarkan menyentuhnya secara langsung, kamu cukup memperhatikan mereka di habitatnya. Saat memandangnya, yakinkan dirimu bahwa mereka tidak akan menyakitimu.

4. Ketinggian

Selain binatang, pemicu fobia yang banyak diderita orang lainnya ialah ketinggian. Bagi tipe orang semacam ini, jarak antara tumpuan kaki dan mata tidak boleh terlalu jauh dari tinggi badan, agar dirinya merasa aman. Namun, begitu aturan ini dilanggar, tubuh akan merasakan ancaman yang tidak terbayangkan, ia merasa posisi itu akan membunuh mereka. Pikiran akan potensi jatuh dari tempat tersebut akan memenuhi kepalanya, kemudian tubuh akan merasa panik dan tidak terkendali, meski sebenarnya tubuhnya berada di posisi yang aman. Cara sederhana yang dapat kamu lakukan ialah menggeser pola pikirmu dari menghindari ketakuran ke menikmati perasaan ‘ketakutan’ itu. Melalui cara ini, sedikit demi sedikit kamu pasti akan menghadapinya, kemudian akan semakin terbiasa dengan ketinggian dan fobia tersebut akan hilang.

5. Orang Terdekatmu Sekarat

5 Fobia yang Banyak Dialami Manusia Beserta Penanganannya
Foto: unconcealedcarry.com

Kehilangan orang-orang terdekat dalam hidupmu memang sangat menakutkan. Kebiasaanmu atas kehadiran mereka di beragam aktivitas keseharianmu, pasti akan membuatmu sangat terpukul begitu kehilangannya. Namun, kematian tidak dapat diprediksi apalagi diubah, Ladies, kamu tetap harus belajar menerimanya jika hal tersebut benar-benar terjadi. So, alih-alih kamu hanya duduk diam sibuk sendiri memikirkan kematian orang terdekatmu yang belum terjadi, ada baiknya kamu hadir di sampingnya dan menghabiskan waktu berharga bersamanya. Bentuk pola pikirmu untuk membuat orang terdekatmu bahagia pada setiap detik terakhirnya. Hal ini sedikit demi sedikit akan mengatasi rasa takutmu dan mulai belajar menghargai setiap waktu dalam hidup.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kamu Mengalami Gangguan Kecemasan

Well, karena kemampuan setiap orang berbeda, tentunya treatment setiap orang dalam menangani fobia juga tidak terbatas dengan cara ini, ya Ladies. Masih banyak cara lain yang mungkin dapat coba dilakukan untuk melawan fobia tersebut. Jika kamu masih ragu dengan cara-cara yang kamu temukan saat berseluncur di internet, ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter terkait untuk mengetahui pengobatan terbaik atas fobia khususmu, Ladies.

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...