OUR NETWORK

Kuliner Asli Betawi yang Direkomendasi untuk Dicicipi

Kuliner Asli Betawi yang Direkomendasi untuk Dicicipi

Seperti kota lainnya di Indonesia, Jakarta atau yang dahulu pernah memiliki nama Batavia memiliki kuliner-kuliner asli yang begitu recomended buat dicoba. Di tengah gempuran berbagai makanan kekinian dan jenis kuliner daerah lainnya, ada banyak makanan asli Betawi yang eksis hingga detik ini. Meskipun bisa dibilang ada beberapa yang sudah jarang penjualnya, namun tetap banyak diburu. Ada jenis makanan apa saja? Yuk, ikuti ulasannya ya.

Baca juga: Mie Green Tea, Kuliner Unik ala Bandung

Soto Tangkar

Kuliner Asli Betawi yang Direkomendasi untuk Dicicipi
Foto: Instagram/ nirmala.restaurant

Jika kamu suka makanan kuah, soto tangkar khas betawi bisa dicoba. Konon katanya, kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Soto tangkar memiliki kuah dari santan, sehingga akan memberikan cita rasa gurih yang menggoda lidah. Biasanya dalam satu porsi soto tangkar aka nada bahan seperti halnya potongan tulang iga, jeroan, irisan tomat, dan lain-lain. Dipadukan dengan sambal kecap makin menggiurkan.

Soto Betawi

Kuliner Asli Betawi yang Direkomendasi untuk Dicicipi
Foto: Instagram/arcadiamanggadua

Selain tangkar, ada pula soto Betawi yang bisa dicicipi. Sekilas memang terlihat sama karena juga menggunakan santan. Bedanya kuah soto tangkar cenderung kuning sementara soto betawi putih karena tambahan susu. Untuk isiannya juga tidak jauh beda, ada paru, babat, hati, dan organ sapi lainnya. Ditambah dengan kerupuk emping dan nasi putih hangat membuat cita rasanya makin memikat. Kombinasi bahan-bahan yang ditawarkan akan membuatnya nagih.

Asinan Betawi

Kuliner Asli Betawi yang Direkomendasi untuk Dicicipi
Foto: Instagram/kulinerjabodetabek

Pengen mencicipi yang segar-segar juga ada pilihannya, salah satunya adalah asinan Betawi. Dalam satu porsinya, biasanya akan ada perpaduan selada, sawi, kol, tauge yang kemudian akan disiram dengan bumbu kacang, cuka, dan cabai. Ditambah dengan kerupuk pasir akan membuat rasa segarnya menjadi-jadi. Rekomendasi buat kamu yang tidak ingin makan berat, asinan Betawi bisa disantap.

Kerak Telor

Kuliner Asli Betawi yang Direkomendasi untuk Dicicipi
Foto: Instagram/ cicikuliner

Kemudian jika ingin mencicipi kudapan khas Betawi ada kerak telor. Kuliner ini masih cukup populer dan hampir selalu ada dalam berbagai festival kuliner di Jakarta. Bahan-bahan pembuatnya antara lain ada telur ayam atau bebek, beras ketan, serundeng, abon dan juga bawang goreng. Cara pengolahannya cukup unik dipanggang dengan wajah kecil yang dipanasi dengan tungku api yang ukurannya juga sama. Rasanya? Silakan coba jika jalan-jalan ke Jakarta.

Selendang Mayang

Kuliner Asli Betawi yang Direkomendasi untuk Dicicipi
Foto: Instagram/ genikayu

Setelah makanan, kamu butuh yang segar-segar dan khas Betawi yakni selendang mayang. Bentuknya begitu cantik dan rasanya nagih kombinasi manis dan gurih. Dalam satu mangkuk selendang mayang biasanya terdapat jeli dari tepung beras, tepung hunkwe, dan juga santan. Tidak jarang jeli ini dibuat beraneka ragam warna untuk meningkatkan nafsu makan. Tapi sayangnya, sekarang sudah mulai jarang penjual selendang mayang.

Jangan lupa icip-icip kuliner khas Betawi yang sudah di-list ya, Ladies. Supaya jalan-jalan jadi tak terlupakan.

 

Sumber: IDN Times, Kompas

Comments

Loading...