OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Takut Percaya Orang Lain akibat Pistanthrophobia? Kenali dan Pahami Penyebabnya!

Pistanthrophobia merupakan sebuah fobia yang terkait dengan kecemasan, yaitu ketakutan untuk mempercayai orang lain. Sebenarnya, untuk percaya kepada orang lain adalah hal yang wajar loh Ladies. Apalagi jika orang tersebut merupakan yang baru kita kenal. Namun, fobia ini jauh lebih dari itu. Fobia ini akan membuat kita menghindari untuk menjalin sebuah hubungan asmara kembali.

Dalam proses memberikan kepercayaan kepada seseorang, sebagian orang dapat melakukannya dengan mudah dan cepat. Namun, sebagian lagi membutuhkan waktu yang lama. Nah, Ladies yuk simak penjelasannya untuk lebih mengetahui tentang fobia ini!

Apa itu pistantrofobia?

Pistanthrophobia mengakibatkan kesendirian
Sumber: pexels.com

Pistanthrophobia adalah jenis gangguan kecemasan yang muncul sebagai ketakutan irasional dan berlebihan terhadap orang lain. Ini dapat dikatakan ketakutan atau sulit untuk percaya terhadap orang lain yang diakibatkan oleh kekecewaan yang serius, hingga menjadi trauma bagi orang yang memilikinya.

Baca juga: Tips untuk kembali Percaya ke Pasangan Setelah Dikecewakan

Ini seperti yang dikatakan oleh Dana McNeil, merupakan seorang terapis pernikahan dan keluarga mengatakan, “ini adalah rasa takut untuk mempercayai orang lain dan sering kali merupakan akibat dari kekecewaan serius atau akhir yang menyakitkan dari hubungan sebelumnya.”

Sehingga, fobia ini membuat kita menghindari segala kemungkinan yang menimbulkan pengalaman menyakitkan kembali, yaitu berhubungan asmara. “orang dengan fobia ini memiliki rasa takut terluka lagi dan menghindari hubungan lain sebagai cara untuk menjaga dari pengalaman menyakitkan serupa di masa depan” kata McNeil.

Ada beberapa gejala yang dapat ditimbulkan dari fobia ini. Mungkin mirip dengan fobia lainnya, tetapi fobia ini lebih spesifik timbul jika menyangkut orang lain dan hubungan percintaan. Ini bisa timbul karena ada seseorang melakukan pendekatan, berbicara soal asmara, mengajak kencan, dan lain sebagainya. Gejala yang akan dialami dari fobia ini yaitu:

  • Kepanikan dan ketakutan yang berlebihan, terus-menerus, dan tidak rasional
  • Keinginan untuk menjauh dari suatu peristiwa, orang, ataupun objek pemicu fobia
  • Sesak nafas
  • Detak jantung cepat
  • Gemetaran
  • Menghindari percakapan atau interaksi yang mendalam dengan seseorang
  • Enggan untuk memulai hubungan romantis kembali
  • Merasa cemas dan tidak nyaman saat berbicara mengenai hubungan

Apa sih penyebab pistanthrophobia ?

Penyebab dari Pistanthrophobia
Sumber: istockphoto.com

Seperti fobia lainnya, pistanthrophobia ini biasanya juga disebabkan oleh peristiwa ataupun seseorang. Pengalaman hubungan yang buruk, hubungan yang traumatis, penolakan, pengkhianatan, sakit hati, kesedihan, dan kemarahan dari suatu hubungan menjadi sumber penyebab munculnya fobia ini.

Dr. Gail Saltz, seorang profesor psikiatri di New York Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine mengatakan, “Banyak orang memiliki pengalaman buruk dengan hubungan masa lalu di mana mereka merasa sangat terluka, dikhianati, atau ditolak.” Ini membuat kita akan menghindari semua yang berkaitan dengan hubungan percintaan. Bahkan, tidak membiarkan orang lain terlalu dekat dengan kita. Sehingga, kita tidak akan pernah ingin memulai hubungan kembali.

“beberapa orang dengan fobia ini mungkin tidak memiliki pengalaman dengan hubungan yang buruk. Namun, mereka memiliki kecemasan yang luar biasa, harga diri yang rendah, dan ketakutan bahwa jika ada yang mengenal mereka, mereka akan ditolak atau dikhianati.” kata Dr. Gail Saltz.

Jika kamu merasakan Pistanthrophobia ini, ada baiknya untuk segera mendapatkan bantuan. Kamu bisa mengkonsultasikannya kepada profesional kesehatan mental tepercaya. Kamu akan mendapatkan perawatan terapis, yang memaksa kamu untuk menghadapi ketakutan secara langsung. Sehingga, fobia ini akan cepat teratasi kembali. Selain itu, kamu juga bisa berbicara dengan orang terdekatmu untuk mendapatkan dukungan ya, Ladies.

 

Sumber: healthline

Must Read

Related Articles