OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Bahan Rumahan Ampuh Mengusir Jamur Kuku

Jamur kuku membuat tampilan kuku jadi terlihat sangat tidak menarik. Kuku mulai menebal, mengalami perubahan warna dari putih ke kuning kecoklatan, rapuh, dan terlihat teksturnya mengeras dan tidak rata. Bahkan di beberapa kasus, membuat aroma kuku jadi busuk. Coba bayangkan jika itu terjadi pada kuku tangan, apakah kamu punya selera makan?

Jika kamu terkena jamur kuku, jangan panik berlebihan terlebih dahulu. Kamu bisa mengobatinya dengan berbagai bahan rumahan. Kelebihannya tentu saja harganya murah dan lebih aman. Mari simak di sini ada 5 bahan yang bisa kamu andalkan untuk mengusir jamur kuku.

1. Bawang putih

5 Bahan Rumahan Ampuh Mengusir Jamur Kuku
Foto: simplyrecipes.com

Bawang putih tidak hanya membuat cita rasa masakan jadi sedap, namun bisa diandalkan untuk banyak pengobatan alternatif. Termasuk juga mengobati munculnya jamur kuku. Di sebuah penelitian yang diunggah pada tahun 2009, diketahui jika bawang putih memiliki kandungan antifungal. Bumbu dapur ini juga dikenal sebagai tumbuhan antimikroba.

Untuk perawatan kuku, kamu bisa melumatkannya terlebih dahulu lalu aplikasikan pada kuku yang terinfeksi. Diamkan kurang lebih selama 30 menit setiap harinya. Namun gunakan sedikit saja, supaya tidak menyebabkan luka bakar, karena bawang putih memang panas jika langsung ke kulit. Bisa juga gunakan produk dengan kandungan bawang putih, jika ada.

2. Baking soda

Buat kamu yang langganan bikin kue, pasti sudah tidak asing lagi dengan baking soda. Ternyata, bahan ini juga ampuh untuk mengobati jamur di kuku lho. Kamu bisa menggunakannya dengan berendam di air yang sudah dicampur baking soda.

Bisa juga membuat pasta dari baking soda dan sedikit air, lalu aplikasikan ke kuku selama 10-20 menit, bilas dengan air hangat, keringkan secara menyeluruh. Kamu juga bisa menaburkan baking soda ke kaki atau dalam sepatu.

3. Teh hitam

5 Bahan Rumahan Ampuh Mengusir Jamur Kuku
Foto: gorreana.pt

Teh hitam memiliki kandungan asam tanat yang mengeringkan kaki, membunuh bakteri, dan membantu menutup pori-pori kaki guna mengurangi keringat. Rebuslah dua liter air kemudian tambah 5-6 kantong teh hitam. Biarkan air teh tersebut dingin, dan rendam kaki selama 30 menit. Gunakan rendaman ini setiap hari sampai kuku membaik.

4. Cuka apel

Cuka apel juga merupakan bahan anti jamur yang bagus digunakan untuk merendam kaki. Kandungan asam asetatnya membantu memutihkan kuku kaki yang berubah warna sekaligus menghentikan infeksi jari kaki. Coba campurkan sedikit saja cuka apel dengan air hangat, lalu rendam kaki selama 20 menit.

Baca juga: Kuku Tebal: Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Essential oils

5 Bahan Rumahan Ampuh Mengusir Jamur Kuku
Foto: wellandgood.com

Essential oils juga bisa digunakan untuk membasmi jamur pada kuku. Jenisnya sangat banyak. Mulai dari lemon oil, cinnamon oil, lavender oil, jasmine oil, dan lain sebagainya. Oleskan saja minyak tersebut ke kuku yang terinfeksi. Bisa juga melakukan kombinasi beberapa minyak sekaligus. Kamu juga bisa menggunakannya untuk merendam kaki. Masukkan beberapa tetes minyak esensial ke air, lalu rendam kaki.

Kunci dari mengobati kuku jamur ini adalah rutin melakukannya. Jadi, supaya kamu bisa rutin, pasang alarm dan reminder ya. 

 

Sumber: singlecare.com, healthline.com

Must Read

Related Articles