OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Ketiak

Munculnya aroma kurang sedap di area ketiak sebenarnya merupakan hal yang normal. Namun di beberapa orang, ada yang aromanya cukup mengganggu. Ditambah lagi jika banyak beraktivitas di luar ruangan, aromanya bisa bercampur aduk dengan keringat yang bercucuran. Kamu tentu saja bisa malu karena bau tersebut.

Maka dari itulah, salah satu cara termudah untuk menanganinya dengan menggunakan berbagai produk deodorant. Namun bagaimana jika kamu memiliki kulit sensitif yang gampang kemerahan saat terkena bahan kimia? Solusinya, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di sekitarmu. Yuk, simak di sini 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari ketiak.

1. Manfaatkan kentang

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Ketiak
Foto: healthline.com

Kentang merupakan bahan makanan yang banyak ditemui di mana saja. Selain jadi makanan yang nikmat, kentang juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir aroma kurang sedap dari ketiak. Caranya mudah, tinggal potong tipis kentang lalu usapkan ke ketiak selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air, lakukan secara teratur supaya hasilnya maksimal.

2. Gunakan campuran air lemon dan air tomat

Campurkan air lemon dan air tomat dengan perbandingan yang sama. Lalu balurkan pada ketiak, diamkan kurang lebih selama 10 menit. ‘Ramuan’ itu tidak hanya mengusir bau ketiak, namun juga bisa mencerahkannya.

3. Semprot dengan cuka apel

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Ketiak
Foto: healthline.com

Ambil 1 cup cuka apel lalu campurkan dengan setengah cup air. Masukkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada ketiak sebelum tidur. Lalu cuci atau bersihkan dengan air hangat di pagi hari. Jika dilakukan secara rutin, aroma busuk di ketiak akan perlahan-lahan menghilang.

4. Manfaatkan rocksalt atau garam batu

Cara selanjutnya, kamu bisa mandi dengan menggunakan campuran garam batu dan air hangat. Ambil garam batu secukupnya, lalu masukkan ke ember berisi air hangat. Jangan lupa untuk mengaduknya sampai rata. Selain bersifat sebagai pembersih, juga akan mengurangi produksi keringat berlebih.

Baca juga: 7 Penyebab Bau Asam pada Badan dan Cara Mengatasinya

5. Gunakan baking soda dan lemon

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Ketiak
Foto: pinterest.com

Jika cara-cara di atas masih belum juga berhasil, kamu bisa menggunakan campuran baking soda dan lemon. Ambil dua sendok makan baking soda lalu campurkan dengan satu sendok makan air jeruk lemon, buatlah pasta. Lalu pijat-pijat halus area ketiak menggunakan pasta tersebut selama kurang lebih 10 menit dengan gerakan memutar. Lalu bersihkan dengan air.

Bahan-bahan di atas mudah ditemukan di rumah ya, harganya juga tidak terlalu mahal. Yuk coba, siapa tahu aroma ketiak yang mengganggu dan membuatmu malu bisa segera menghilang.

 

Sumber: detik.com, indiatimes.com

Must Read

Related Articles