OUR NETWORK

4 Macam Meditasi untuk Pemula, Caranya Mudah Dilakukan Manfaatnya Beragam

4 Macam Meditasi untuk Pemula, Caranya Mudah Dilakukan Manfaatnya Beragam
Foto: calmmoment.com

Meditasi memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari mengurangi stres, mengontrol kecemasan, melawan kecanduan, sampai dengan meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik. Maka dari itulah banyak sekali yang menyarankan untuk melakukan meditasi. Bahkan aktivitas ini juga banyak dibahas di berbagai podcast karena memang memiliki segudang manfaat.

Salah satu podcast di Teach Me Something New yang digelar oleh Brit.co dengan bintang tamu Light Watkins, seorang guru meditasi Veda terkemuka dan juga penulis buku Bliss More, ada beberapa meditasi yang bisa dicoba untuk pemula.

1. Meditasi Visual

4 Macam Meditasi untuk Pemula, Caranya Mudah Dilakukan Manfaatnya Beragam
Foto: yogajournal.com

Jenis pertama yang bisa kamu coba adalah meditasi visual. Dalam praktiknya, meditasi jenis ini akan menggunakan visual atau gambar/objek untuk memengaruhi alam bawah sadarmu.

2. Meditasi Transcendental

Ini sebuah meditasi yang ditemukan oleh Maharishi Mahesh Yogi pada tahun 1950-an. Bisa dibilang, ini merupakan praktik meditasi cukup banyak dilakukan orang-orang. Karena praktiknya yang cukup mudah. Caranya adalah hanya duduk berdiam diri lalu memusatkan perhatian dengan mengatur pernapasan.

Lakukan meditasi ini secara rutin, dalam waktu yang bertahap. Maksudnya, hitungan menit terlebih dahulu. Jika sudah, bisa meneruskannya ke waktu yang lebih lama, seperti jam.

3. Meditasi Mindfulness

4 Macam Meditasi untuk Pemula, Caranya Mudah Dilakukan Manfaatnya Beragam
Foto: lajollarecovery.com

Pilihan lainnya yang bisa kamu coba adalah melakukan meditasi mindfulness. Jika biasanya kamu selalu sibuk memikirkan berbagai hal. Ketakutan akan masa depan, kekhawatiran akan berbagai hal, saat momen meditasi ini fokuskan semuanya hanya pada saat ini. Pusatkan perhatian pada lingkungan sekitarmu, mulai dari tetesan air, cahaya, meja, dan lain-lain. Nikmati momen-momen yang saat ini kamu alami.

Baca juga: Ragam Aplikasi untuk Meditasi Rekomendasi Para Ahli, Gratis!

4. Meditasi Cinta Kasih

Pilihan lainnya yang disarankan adalah melakukan meditasi cinta kasih. Saat kamu sedang mengalami hari-hari yang buruk, coba lakukan meditasi ini supaya perasaan lebih nyaman. Idenya membuka diri tentang kasih sayang, kebaikan, dan penerimaan yang lebih besar terhadap diri sendiri dan orang lain.

Caranya, hanya duduk saja lalu pejamkan mata, pikirkan hal-hal positif tentang dirimu sendiri. Lalu bagikan pikiran-pikiran positif tersebut kepada orang-orang terkasihmu. Salah satu tujuan melakukan meditasi ini adalah melepaskan pikiran dan perasaan negatif.

Pilih yang menurutmu mudah untuk dilakukan ya. Lakukan dengan perlahan saja, pelajari dengan lebih mendalam supaya berbagai manfaatnya bisa didapatkan.

 

 

Sumber: Brit+Co

Comments

Loading...