OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)

Merawat kulit dengan baik di siang hari dengan hal-hal seperti pelembab dan tabir surya itu memang penting, tetapi apa yang Ladies lakukan sebelum tidur pun tidak kalah pentingnya, Ladies. Ada banyak hal yang harus kamu hindari agar kebiasaan malammu tidak merusak kulitmu, Ladies. Simak daftarnya di bawah ini ya!

1. Tidak mencuci muka

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Dosa kulit nomor satu adalah pergi tidur tanpa mencuci muka dengan baik. “Bahkan jika Anda tidak memakai riasan, Anda harus mencuci muka setiap malam,” kata Desmond Shipp, MD, seorang dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center. “Kulit Anda akan melalui fase perbaikan dan pembangunan kembali pada malam hari dan puing-puing seperti debu, asap, dan produk perawatan kulit dapat menyumbat pori-pori Anda yang menyebabkan jerawat yang semakin parah.”

Jadi, sudah cuci wajahmu sebelum tidur, Ladies?

2. Kurang tidur

Tidur cantik itu benar adanya, Ladies. Faktanya, tidur kurang dari enam jam di malam hari memberi kulitmu lebih sedikit waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri—yang dapat menyebabkan lebih banyak kerutan, kulit pucat, dan lingkaran hitam di bawah mata. Kurang tidur juga dapat meningkatkan peradangan dan hormon stres, memperburuk kondisi kulit seperti jerawat, menurut National Sleep Foundation. Jadi tidurlah sekurang-kurangnya enam jam setiap malam agar kulitmu beregenerasi dengan maksimal, Ladies.

3. Memilih krim anti penuaan yang salah

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)
Foto: pexels.com

“Mayoritas krim anti-penuaan masih berbasis pelembab seperti minyak mineral,” kata Manish Shah, MD, ahli bedah plastik bersertifikat di Denver. “Keriput terlihat lebih buruk ketika kering, jadi segala jenis pelembab membantu, tetapi banyak yang hanya memperbaiki keadaan sementara dan tidak mengatasi akar penyebab kerutan, seperti hilangnya kolagen, kerusakan akibat radikal bebas, kerusakan akibat sinar matahari, dan faktor lingkungan. Kecuali ada ‘bahan aktif’ yang sebenarnya seperti retinol, manfaatnya hanya kelembapan dan tidak ada yang lain.”

Jadi jangan lupa gunakan bahan aktif seperti retinol sebagai produk antipenuaan-mu, Ladies.

4. Tidak mengganti sarung bantal secara teratur

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Tidur dengan sarung bantal yang sama dari malam ke malam dapat membuat kulitmu terkena beberapa hal yang sangat buruk, seperti bakteri, kulit mengelupas, dan keringat. Dr. Shipp merekomendasikan untuk mengganti sarung bantalmu setidaknya setiap minggu—lebih sering jika kulitmu lebih mudah berjerawat.

5. Tidak menghapus riasan

15 Kebiasaan Malam yang Merusak Kulitmu (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Dokter kulit selalu menekankan bahwa mencuci muka sebelum tidur adalah hal yang harus dilakukan, mereka terutama bersikeras membersihkan setiap jejak riasan setiap malam. “Anda tidak boleh tidur dengan riasan di kulit Anda,” kata Dr. Shipp. “Pada dasarnya Anda mengatur diri Anda untuk erupsi jerawat.”

6. Melewatkan pelembap

Pelembap membantu setiap jenis kulit—bukan hanya orang dengan kulit kering atau penuaan. Jika Ladies memiliki kulit berminyak atau rawan jerawat, carilah formulasi yang dibuat khusus untukmu—beberapa formulasi mengandung bahan-bahan yang dapat membantumu melawan jerawat dan menjaga kulitmu tampak lembap.

7. Menggunakan sarung bantal katun bekas polos

Meng-upgrade sarung bantalmu ke bahan sutra atau satin bisa memberikan keajaiban untuk wajah dan rambutmu. “Saya merekomendasikan sarung bantal sutra karena kurang abrasif pada kulit,” kata Dr. Shipp. “Mereka juga breathable, hipoalergenik, dan tidak terlalu mengiritasi.”

Masih banyak loh hal yang harus kamu hindari di malam hari demi kesehatan kulitmu. Tunggu bagian duanya ya, Ladies!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles