OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 1)

Bau badan memang tidak menyenangkan. Namun jangan hanya sebal saat bau badan menyerang, segera waspadai aroma tak sedap dari tubuhmu. Ternyata oh ternyata, bau badanmu bisa jadi menjadi penanda dari adanya masalah kesehatan, bahkan kanker. Bau apa sajakah yang harus Ladies waspadai? Cari tahu di bawah ini! 

1. Bau badan tak sedap

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 1)
Foto: thehealthy

Bau badan memang biasa terjadi. Namun jika mandi tidak dapat menghilangkan bau yang keluar dari ketiakmu, bisa jadi kamu kekurangan magnesium, Ladies. 

“Mineral magnesium membantu dalam ‘menghilangkan bau’ organ internal kita dan juga membantu bau badan kita,” kata ahli jantung Robert Segal, MD, salah satu pendiri LabFinder. 

Apabila Ladies mengonsumsi terlalu banyak kafein dan gula serta makanan olahan, kebiasaan tersebut bisa menguras kadar magnesium. Gejala lain dari kekuarangan magnesium, selain tubuh berbau tidak sedap, antara lain kram otot, kedutan atau mati rasa, dan kesemutan, segeralah berkonsultasi dan memeriksa kadar magnesium tubuhmu, Ladies.

2. Napas telur busuk

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 1)
Foto: thehealthy

Jika benang gigi, sikat gigi, atau permen karet mint tidak dapat menghilangkan bau mulutmu, bisa jadi Ladies mengalami infeksi bakteri, Dr. Segal memperingatkan. Bakteri umum yang disebut H. pylori yang dapat menempati sistem pencernaan ini bisa menjadi penyebabnya. Bagi sebagian orang, bakteri tidak menyebabkan gejala yang nyata; bagi orang lain, dapat menyebabkan GERD, penyakit celiac, sakit maag, dan bahkan kanker lambung. Doktermu dapat melakukan tes untuk mengujinya serta memberi antibiotik untuk menghilangkannya. 

3. Napas berbau apel busuk

“Ketika kita tidak memiliki cukup insulin dalam tubuh kita, hati kita kemudian menciptakan keton kimia, yang merupakan cara tubuh kita untuk mengkompensasi kekurangan insulin,” kata Dr. Segal. 

Napas apel busuk terkait dengan diabetes tidak seimbang yang bergantung pada insulin, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Preventative and Community Dentistry. Napas ini merupakan tanda yang jelas bahwa Ladies harus memeriksakan diri ke dokter. Jika Ladies telah didiagnosis menderita diabetes, Ladies mungkin perlu berbicara dengan dokter tentang cara untuk mengontrol gula darah dengan lebih baik.

4. Hidung yang bau

Tiba-tiba saja kamu mencium bau yang tidak menyenangkan? “Alasan baunya adalah karena kedekatan dan keterkaitan rongga mulut kita dengan sinus dan tenggorokan,” kata Kathleen R. McDonald, MD, dari Houston Ear, Nose, Throat & Allergy Clinic. “Bau hidung terjadi untuk berbagai kondisi kesehatan, seperti postnasal drip, batu amandel, gigi yang membusuk, infeksi sinus, dan polip hidung.” Saatnya menelepon dokter dan mengobrol tentang semua gejala yang kamu alami untuk menemukan penyebabnya, Ladies.

Baca juga: Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Berbau Tidak Sedap

5. Bau telinga yang tajam

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 1)
Foto: thehealthy

Yap, kotoran telinga Anda bisa berubah menjadi busuk. “Jika kotoran telinga Anda benar-benar bau dan tidak enak, kemungkinan besar Anda menderita sejenis infeksi, dan itulah yang menyebabkan aroma menyengat,” kata Dr. McDonald. “Contoh lain dari ini adalah ketika Anda memiliki rambut yang tumbuh ke dalam atau kista sebaceous, dan ketika iritasi atau infeksi pecah, produk sampingan di dalamnya hampir selalu berbau busuk.”

Wow, segeralah memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mengidentifikasi dan mengobati baunya ya Ladies. 

6. Kaki yang bau

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 1)
Foto: pexels

Kaki yang bau tidak selalu kesalahan dari sepatu. Menurut American Podiatric Medical Association, keringat berlebihan pada kaki—sepanjang hari, setiap hari, musim panas dan musim dingin—bisa menjadi kondisi langka yang disebut hiperhidrosis. Bagi sebagian orang, keringatnya begitu kuat sehingga kaki mereka benar-benar tergelincir di dalam sepatu mereka. Jika kakimu selalu berkeringat dan sepasang kaus kaki tidak dapat membantumu menjalani hari, hubungi ahli penyakit kaki untuk mendapatkan bantuan dalam mengelola gejalanya.

7. Napas pagi yang kurang sedap

13 Jenis Bau Badan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan (Bagian 1)
Foto: pexels

Jika Ladies mempraktikkan kebersihan mulut yang baik, Ladies tidak boleh bangun dengan bau yang tidak sedap. 

“Dalam banyak kasus, kita melihat bahwa orang yang bernafas melalui mulut (karena hidung tersumbat) sebenarnya adalah orang dengan sleep apnea yang tidak terdiagnosis [gangguan tidur yang berbahaya]. Selain itu, membuat mereka bau mulut karena mulut yang sangat kering,” kata Michael J. Breus, PhD, psikolog klinis yang mengkhususkan diri pada gangguan tidur. Jadi, jika Ladies memiliki bau mulut di pagi hari dan mendengkur—dan terutama jika Ladies merasa lelah sepanjang waktu—mungkin Ladies harus berbicara dengan dokter atau psikiater untuk mengatasinya.

Masih banyak lagi bau badan yang harus kamu waspadai loh, Ladies. Nantikan lanjutannya di bagian dua ya!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles