OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Minum Kopi Tua, Apakah Senikmat dan Sesehat Itu?

Minum kopi bagi sebagian orang adalah sebuah kewajiban, karena ada yang sulit mendapatkan inspirasi bila tidak melakukannya. Hanya saja, kebiasan orang satu dengan lainnya berbeda, ada yang setelah diseduh langsung diminum, tetapi tidak sedikit menunggunya dulu.

Bahkan, setelah 30 menit hanya diminum sedikit selebihnya terlalu asyik berbincang atau bermain game. Ada satu pembahasan menarik mengenai ini, apakah kopi tersebut masih layak untuk diminum? Atau sebenarnya harus dihindari.

Perlu diketahui bahwa belum ada yang menjelaskan secara pasti apakah kebiasan tersebut bagus atau tidak. Hanya saja, beberapa orang berpendapat waktu 30 menit tersebut sepertinya sudah terlalu buruk untuk dinikmati.

Saran minum kopi yang harus diketahui

Minum Kopi Tua, Apakah Senikmat dan Sesehat Itu?
Sumber: Jovee.co.id

Beberapa pakar menyarankan ketika kamu sudah memesan minuman ini, harap segera dihabiskan. Setidaknya jangan sampai lebih dari 30 menit, apakah benar berbahaya? Sebenarnya tidak tetapi, kurang begitu bagus.

Minuman ini setelah 30 menit akan mengubah cita rasanya, hal itu dapat dibuktikan saat kamu memesannya di cafe. Tidak perlu selama itu, hanya 10 menit saja, sudah ada perbedaan rasa dimana aroma pahit yang begitu dominan. Hal ini dapat terjadi karena, adanya proses oksidasi.

Hal ini pasti dirasakan oleh semua orang, maka dari itu karena penurunan inilah para penikmat lebih disarankan untuk langsung meneguknya setidaknya setelah 5 menit dihidangkan. Agar rasa manis serta asamnya masih bisa dirasakan.

Pada dasarnya minuman ini sendiri mempunyai waktu kadaluwarsa setelah pembuatannya. Jika tanpa susu atau krimer, maka jangkanya jauh lebih lama. Sementara kalau menggunakannya mungkin maksimal 30 menit harus sudah habis.

Jika masuk kulkas, maka daya tahannya hanya mampu bertahan 3 sampai 4 jam saja. Oleh karena itu, disarankan saat minum kopi jangan pernah ditambah dengan lainnya. Hal ini membuat kebaikan didalamnya dapat terserap tubuh secara sempurna.

Bila ada penambahan susu, maka kandungan gula dan lemak akan bertambah di dalam tubuh. Maka dari itu, usahakan membelinya tanpa ada tambahan apa-apa, sehingga manfaat terbesar di dalamnya bisa dirasakan.

Bagaimana dengan kopi tua?

Minum Kopi Tua, Apakah Senikmat dan Sesehat Itu?
Sumber: Lifestyleokezone.com

Dari ilustrasi ini tersebut, beberapa akan muncul pertanyaan bagaimana dengan minum kopi tua? Mungkin, bagi sebagian orang baru mendengar istilah tersebut, hanya saja produk ini sudah cukup lama ada.

Kondisinya memang hampir mirip dengan anggur, dimana produk tersebut didiamkan terlebih dulu dalam jangka waktu tertentu kemudian, baru dinikmati. Semakin panjang penyimpanannya cita rasanya biasanya bertambah nikmat.

Berbeda dengan kopi tua, di mana masa penyimpanannya hanya 6 bulan atau maksimal 1 tahun. Kebiasaan ini sebenarnya sudah muncul lama di Eropa kemudian berkembang pesat dan merambah ke Indonesia serta India.

Lalu, bagaimana rasanya? Harus diakui bahwa bijinya sendiri memang rentan terhadap oksidasi. Kalau hal ini terjadi maka cita rasanya akan menurun bahkan menghilang. Bila tidak percaya cobalah membuktikan sendiri, pasti akan mengerti bagaimana nantinya.

Menariknya, beberapa orang ada yang merasakan bahwa aromanya semakin nikmat dan rasa ciri khasnya benar-benar terasa. Satu tegukan saja sudah terasa kenikmatannya, walau beberapa lagi menolak kalau cita rasanya senikmat itu.

Untuk mencobanya kamu harus melakukannya sendiri dari rumah. Jadi, beli biji kopi kemudian dilakukan penyimpanan dan usahakan jangan sampai ada udara yang masuk ke dalamnya. Lalu, cobalah rasakan.

Jika, ingin membeli dalam bentuk jadi sepertinya tidak ada. Metode ini terlalu berisiko karena, tidak semua orang menyukainya, bahkan menghindari dan disarankan untuk tidak melakukannya.

Proses penuaan kopi

Minum Kopi Tua, Apakah Senikmat dan Sesehat Itu?
Sumber: Ivoox.id

Minum kopi sebaiknya menggunakan biji yang memang fresh baru matang, hal ini akan menambah cita rasanya menjadi nikmat. Apalagi, kalau jenisnya memang sudah bagus, kalau kamu sendiri bagaimana?

Proses penuaan pada biji kopi memang cepat terjadi, hal tersebut terpengaruh pada suhu. Maka dari itu, penyimpanan harus pas dan tepat. Jangan sampai terlalu dingin atau panas, semua itu nantinya kan mempengaruhi cita rasanya.

Apakah minum kopi harus ditunggu dulu beberapa menit baru dinikmati? Atau setelah selesai langsung, diteguk perlahan sampai habis? Semua orang punya caranya sendiri, jika dilihat dari penjelasan ilmiah lebih baik langsung diteguk saja, nggak perlu ditinggal terlalu lama, Ladies.

Must Read

Related Articles