OUR NETWORK

Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Karantina Menurut Dentist Langganan Keluarga Beyonce

Saat masa karantina seperti sekarang ini bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Malahan karena waktu yang dimiliki cukup banyak, ada baiknya untuk semakin memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri sendiri. Termasuk juga kebersihan mulut yang selama ini menjadi jalan masuknya makanan. Kondisi mulut kerap kali menjadi tolok ukur kesehatan seluruh tubuh.

Baca juga: Penyebab Bau Mulut, Mulai dari Dehidrasi Sampai Efek Samping diet!

Maka dari itulah penting untuk memiliki mulut yang bersih. Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan oral berdasarkan Dr. Matt Nejad, dentist yang menangani Jay-Z dan Beyonce. Jika Queen Bey saja percaya pada Dr. Nejad, kenapa kamu tidak? Nah, berikut ini tips-tips yang diberikan.

Stop Berbagi

Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Karantina Menurut Dentist Langganan Keluarga Beyonce
Foto: davisphinneyfoundation.org

Virus corona menyerang manusia melalui sistem pernapasan, dan rongga mulut salah satu jalan masuknya. Maka dari itulah jika selama ini kamu berbagi dengan anggota keluarga lainnya, baik itu sikat gigi atau pasta gigi, lebih bijak untuk menghentikannya sementara waktu. Tidak hanya benda-benda itu saja, bahkan benang, sendok, garpu, tempat sikat gigi ada baiknya untuk pisah.

Pastikan benda-benda yang masuk ke dalam mulut untuk tidak digunakan orang lain. Dr. Nejad bahkan menyarankan untuk tidak berbagi benang dari gulungan yang kamu miliki. Semua kemungkinan bisa terjadi, yang bisa dilakukan hanyalah melakukan pencegahan.

Rutin Mengganti Sikat Gigi

“Saya menyarankan untuk mengganti sikat gigimu sekarang juga, lalu lakukan lagi satu atau dua minggu lagi,” kata Dr. Nejad. Lakukan hal tersebut sampai krisis karena pandemi corona ini berakhir. Sikat gigi yang digunakan bisa menjadi sarang kuman. Selain menggantinya secara teratur, letakkan di tempat yang bersih dan kering. Mengganti sikat gigi bisa menurunkan risiko terjangkiti berbagai virus, tidak hanya Covid-19 saja.

Lebih Concern dengan Kebersihan

Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Karantina Menurut Dentist Langganan Keluarga Beyonce
Foto: blogs.rdxsports.com

Jika kamu menggunakan retainer, mouthguard, perapi gigi atau lainnya, rutinlah mencucinya. Nejad merekomendasikan melakukan pembersihan dengan sabun dan air setelah melakukannya. Benda-benda tersebut bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Jika benda-benda yang digunakan bisa dilepas, keringkan setelah mencucinya. Untuk sementara ini, pembersihan dengan desinfektan oral dianggap tidak cukup, lebih baik dengan menggunakan sabun.

Hindari Makanan Pemicu area Sensitif

Jika kamu selama ini memiliki mulut yang sensitif, hindari makanan-makanan pemicunya. Dr Nejad menyarankan untuk menghindari berbagai makanan renyah dan lengket. Jika memiliki masalah dengan gigi, hindari mengunyah dengan bagian itu, supaya tidak terjadi peradangan. Lebih baik untuk konsumsi makanan yang lembut dan jika memungkinkan cairan saja seperti jus atau smoothies.

Meski sekarang juga banyak dokter gigi yang membuka praktek, tetapi Dr. Nejad menyarankan untuk menunda melakukan perawatan sampai masa karantina selesai. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mulut merupakan salah satu jalan masuk virus corona, jadi ada baiknya untuk mengurangi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan anggota oral tersebut.

Mengurangi Konsumsi Popcorn

Saat nonton memang enaknya ngemil popcorn. Tapi, untuk sementara waktu bisa mengganti dengan yang lebih mudah dikunyah gigi. Dr. Nejad menyebutkan makanan seperti popcorn biasanya tersangkut di antara gigi dan bawah gusi, bisa menyebabkan radang atau infeksi. Tujuannya memang sekali lagi untuk mengurangi aktivitas bertemu dengan dokter gigi. Jika memang ngidam berat makan popcorn, pastikan kamu membersihkan mulutmu dengan menyeluruh ya, Ladies.

Berinvestasi pada Scraper

Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Karantina Menurut Dentist Langganan Keluarga Beyonce
Foto: theeverygirl.com

Satu hal lagi yang bisa dilakukan yakni membersihkan lidah dengan scraper. Tahukah kamu jika tidak dibersihkan secara rutin, lidah bisa menampung bakteri yang menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, dan juga infeksi gusi. Maka dari itulah, kamu bisa menggunakan scraper untuk membersihkan lidah dari sisa-sisa makanan dan sel-sel mati.

Baca juga: Punya Masalah Bau Mulut? Yuk, Coba Atasi dengan 13 Cara Ini!

Bahkan sebenarnya meski tidak sedang dilanda pandemi corona, kamu sangat perlu menjaga kebersihan area mulut. Karena jika sudah bersih, kesehatan juga akan lebih terjaga.

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles