OUR NETWORK

Cara Cepat Move On dari Putus yang Menyiksa, Menurut Sains

Putus cinta, apalagi dengan cara yang tidak baik-baik, tentu saja akan sangat menyiksa ya Ladies. Lalu apa yang kamu lakukan setelah putus cinta? Mengurung diri di kamar? Atau mengingat berbagai kenangan saat bersamanya? Atau malah berminggu-minggu tidak mau makan? Putus cinta memang sangat menyiksa, Ladies, tapi jangan sampai kamu malah membuat diri semakin sengsara. Maka dari itulah berikut ini cara cepat move on dari putus cinta yang menyiksa menurut sains.

Baca juga: Tipe Mantan yang Susah Bikin Move On

Istirahat dari Sosial Media

Cara Cepat Move On dari Putus yang Menyiksa, Menurut Sains
Foto: kellyanngorman.com

Hal utama yang perlu untuk kamu lakukan adalah memutuskan semua sosial media dengan sang mantan. Karena, menurut Jennifer L. Taitz, PsyD, dan clinical psychologist serta penulis buku How to Be Single and Happy: Science-Based Strategies for Keeping Your Sanity While Looking for a Soul Mate, dia tidak pernah memillki klien yang menyebutkan sosial media membuatnya lebih baik pasca putus.

Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan jika orang-orang yang stalking mantannya di media sosial akan lebih stres, memiliki pemikiran negatif yang lebih parah serta hal-hal buruk lain. Penelitian lain bahkan menyebutkan, secara simpel melihat foto mantan juga akan mengingatkan pada kenangan. Maka dari itulah, Taitz menyarankan untuk memutuskan semua kontak di media sosial jika ingin segera move on.

Ingatkan Dirimu Pada Sifat-sifat Negatif Mantan

Setelah putus, jangan malah meratapi berbagai kenangan indah bersama mantan ya, Ladies. Lebih baik pilihlah untuk mengingat berbagai sifat negatif mantan. Sebuah penelitian menyebutkan memikirkan hal-hal buruk atau sifat negatif mantan, akan lebih efektif untuk move on. Maka dari itulah, coba pikirkan hal-hal atau perlakuan buruk mantanmu. Jangan malah meratapi segalanya. Bukan untuk membiarkan kemarahan dan kesedihan merajalela di hatimu ya, tetapi sebagai pelajaran.

Habiskan Waktu dengan Teman “Berbulu”

Cara Cepat Move On dari Putus yang Menyiksa, Menurut Sains
Foto: istock.com

Cara lainnya menurut sains adalah mendekatkan diri atau mengabiskan waktu dengan teman “berbulu.” Misalnya saja anjing, kucing, ataupun hewan peliharaan lain. Berdasakan penelitian dari CDC, Centers for Disease Control and Prevention, bersinggungan langsung dengan hewan peliharaan bisa menurunkan rasa kesepian ataupun kesedihan. Hewan peliharaanmu juga pasti senang dengan perhatian lebih yang mereka dapatkan. Tapi jangan pas putus aja ya, sayang-sayangan sama peliharannya…

Ambil Liburan atau Traveling

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengambil liburan atau traveling. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Personality and Social Psychology Bulletin, traveling selain bisa mengurangi rasa sakit dari putus cinta yang menyiksa juga akan membuatmu lebih mengenal diri sendiri. Kamu akan melihat dunia dengan cara yang baru. Dan siapa tahu di tempat travelingmu kamu akan menemukan pasangan baru yang lebih baik untuk masa depan.

Baca juga: Tips Bekerja dengan Mantan dari Amanda Seyfried

Tidak ada orang yang menginginkan putus cinta dengan cara yang tidak baik-baik, Ladies. Namun, jika hal tersebut sudah terjadi pada kamu, hal-hal di atas bisa kamu coba lakukan. Tidak baik berlarut-larut dalam kesedihan, Ladies. Sedih karena patah hati boleh, tapi jangan berkepanjangan ya.

Sumber: Health, Foto cover: myuvn.com

Must Read

Related Articles