OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Apa yang Harus Kamu Makan Agar Kulit Sehat dan Cantik Menurut Ahli

Menurut Kellyann Petrucci, M.S., N.D., dokter ahli di bidang sistem pencernaan, kulit yang cantik dimulai dari pencernaan yang baik. Bener banget nih, Ladies. Pencernaan berkaitan erat dengan nutrisi yang kamu dapatkan dari makanan dan nutrisi ini juga yang akan mendukung kesehatan kulit kamu. Seperti apa ya pola makan yang bagus untuk kesehatan kulit menurut ahli di bidang sistem pencernaan? Cek di bawah ini yuk, Ladies!

Aturan makan agar kulit sehat dan tetap cantik

1. 80-20

Petrucci mengatakan bahwa dia hidup dengan metode 80-20. Dengan 80% makanan untuk kebutuhan tubuh dan 20% lagi untuk bersenang-senang. Namun, dirinya mengatakan bahwa tubuh kamu harus fit dan bebas inflamasi jika ingin menerapkan pola hidup tersebut.

2. Kaldu tulang

Apa yang Harus Kamu Makan Agar Kulit Sehat dan Cantik Menurut Ahli
Foto: unsplash.com

Petrucci juga menambahkan bahwa dirinya banyak mengkonsumsi kaldu tulang (bone broth). Dirinya juga melakukan intermittent fasting dan kaldu tulang membantu dirinya merasa kenyang selama berpuasa tersebut. Kaldu tulang memang banyak manfaatnya terutama untuk kulit lho, Ladies. Beberapa manfaatnya seperti meningkatkan produk kolagen karena mengandung banyak asam amino penyusun kolagen serta mendukung kesehatan pencernaan.

3. Konsumsi sayuran dan kolagen

Petrucci juga mengkonsumsi sayuran setiap hari baik itu dibuat sup, tumis, atau smoothies. Dirinya sering membuat smoothies kolagen dan menekankan bahwa proses produksi kolagen di tubuh harus didukung lewat nutrisi makanan untuk menjaga kulit tetap sehat. Suplemen kolagen juga diketahui dapat meningkatkan elastisitas kulit. Penelitian menunjukkan bahwa peptida kolagen yang terhidrolisis dapat meningkatkan produk kolagen secara alami di tubuh serta molekul lain yang terdapat di kulit seperti elastin dan fibrillin.

Baca juga: Buah dengan Kandungan Kolagen Tinggu untuk Anti-Aging yang Disetujui Para Dokter

4. Ikan salmon

Apa yang Harus Kamu Makan Agar Kulit Sehat dan Cantik Menurut Ahli
Foto: unsplash.com

Makanan lain yang ia rekomendasikan yakni ikan salmon yang banyak mengandung antioksidan dan asam lemak baik. Antioksidan dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan asam lemak dapat mensupport lapisan pelindung kulit.

Nah, selain itu petrucci juga mengatakan untuk sekali-kali bersenang-senang dan makan makanan yang kamu inginkan. Jadi, nggak apa-apa kalau kamu masih kepingin fast food seperti burger atau pasta, tapi pastikan 80% dari pola makan kamu sudah sehat dan memenuhi kebutuhan tubuh, jadi kamu bisa bersenang-senang deh dengan makanan yang kamu inginkan. Semangat ya Ladies untuk menjaga kesehatan kulitnya!

 

Sumber: Very Well Mind

Must Read

Related Articles