OUR NETWORK

Tips Tetap Aman Berbelanja di Tengah Ancaman Virus Corona

Tips Tetap Aman Berbelanja di Tengah Ancaman Virus Corona
Foto: forbes.com

Tetap berada di rumah, merupakan salah satu anjuran yang belakangan ini digaung-gaungkan guna memutus rantai penyebaran virus corona. Namun, tentu saja ada saat-saat yang “memaksa” untuk ke luar rumah. Misalnya saja untuk membeli berbagai kebutuhan dapur atau obat-obatan yang sudah menipis.

Sebagai upaya pencegahan virus yang disebut Covid-19 ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika terpaksa berbelanja. Baik berbelanja secara delivery atau langsung, berikut ini beberapa pencegahan yang bisa dilakukan.

Jika Membeli Secara Online atau Delivery Order

Tips Tetap Aman Berbelanja di Tengah Ancaman Virus Corona
Foto: thejakartapost.com

Jika berencana untuk membeli secara delivery order ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama adalah melakukan sedikit kontak dengan kurir pengantar. Caranya? Instruksikan untuk mereka menunggu di luar. Jika ingin memberikan tip, tanyakan terlebih dahulu apakah ada pembayaran elektronik. Tapi jika tidak ada, berikan secara cash namun tetap lakukan sedikit kontak.

Kedua setelah mengambil barang-barang selalu cuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Meski para peneliti mengatakan sangar rendah risiko terpapar virus corona dari barang-barang seperti tas belanja, namun tindakan pencegahan tidak ada salahnya dilakukan ya, Ladies. 

Jika Belanja Secara Langsung

Tips Tetap Aman Berbelanja di Tengah Ancaman Virus Corona
Foto: bussinessinsider.com

JIka tempat langgananmu tidak menyediakan sistem delivery order, kamu harus datang sendiri. Ada beberapa hal yang disarankan untuk dilakukan. Ada apa saja?

  • Datang kira-kira di saat tidak terlalu banyak kerumunan orang.
  • Lakukan belanja dengan cepat, dapatkan barang-barang yang diinginkan lalu langsung pulang. Window shopping bisa menunggu situasi lebih kondusif nanti ya, Ladies. Jadi, pastikan kamu sudah mencatat semua kebutuhan kamu, agar lebih efisien waktu.
  • Selalu usahakan untuk membawa hand sanitizer atau tisu basah untuk membersihkan tangan setelah memegang sesuatu.
  • Hindari memegang area wajah seperti mata dan hidung saat berbelanja.
  • Jangan bawa anak saat berbelanja, usahakan untuk sendiri saja jika memungkinkan.

Cara Membersihkan Barang Belanjaan

Tips Tetap Aman Berbelanja di Tengah Ancaman Virus Corona
Foto: ecobluelife.com

Hal selanjutnya yang perlu untuk diperhatikan adalah menjaga kebersihan dari barang-barang yang sudah dibeli. Terutama jika bahan-bahan makanan ini berada di kaleng, botol, plastik dan lain-lain. Gunakan disinfektan seperti halnya chlorine untuk mencuci bahan-bahan tersebut. Sementara untuk bahan-bahan seperti halnya sayuran dan buah-buahan, bersihkan seperti biasa di bawah air yang mengalir.

Baca juga: Kitchen Hacks yang Bisa untuk Urusan Dapur Lebih Mudah!

Selalu lakukan social distancing saat berada di luar ya. Jika memungkinkan mandi setelah beraktivitas di luar rumah, terlebih lagi jika terpaksa bertemu dengan banyak orang. Mari kita berdoa supaya virus ini segera ditemukan vaksinnya.

 

 

Sumber: wlrn, prevention

Comments

Loading...